10 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Tanpa Biaya Mahal

0
301

Ketika Anda mengalami gejala kerontokan rambut, rasa percaya diri akan berkurang, terlebih saat Anda terancam kebotakan.

Penyebab Kerontokan Rambut

Namun demikian, sebelum menerapkan beragam cara cepat menumbuhkan rambut, akan lebih baik Anda mengenali beragam penyebab kerontokan rambut, seperti :

1. Paparan polusi atau radikal bebas

Penyebab kerontokan rambut yang sering dialami oleh seseorang yang banyak beraktivitas diluar ruangan adalah karena paparan polusi udara atau radikal bebas. Polusi berupa asap kendaraan atau debu aspal akan mengkontaminasi area kulit kepala dan menyebabkan kerontokan rambut.

2. Stres fisik dan psikis

Ketika Anda mengalami stres secara psikis maupun fisik, tubuh Anda akan merespon, salah satunya dengan kerontokan rambut. Hal ini karena terjadi perubahan hormon dan distribusi asupan nutrisi yang tidak lancar ke area rambut.   

3. Gaya hidup yang salah

Seringkali tanpa kita sadari, kita telah melakukan gaya hidup yang salah dan akibatnya rambut mudah mengalami kerontokan. Gaya hidup ini umumnya berkaitan dengan penggunaan hair spray, hair dryer, sering berganti warna rambut, dan kegiatan lain yang secara tidak langsung mengurangi kekuatan akar rambut.

4. Usia

Seiring pertambahan usia yang dialami manusia, kekuatan folikel rambut akan semakin berkurang dan sebagai dampaknya, rambut akan dengan mudah mengalami kerontokan.

5. Penggunaan obat tertentu

Ketika Anda mengalami sakit dan sedang menggunakan obat-obatan tertentu, salah satu dampak yang terjadi adalah kerontokan rambut sebagai efek penyesuaian tubuh terhadap senyawa kimia yang masuk.

Cara mencegah dan mengobatinya dengan bahan alami

Setelah mengenali beragam penyebab kerontokan rambut diatas, Anda bisa mencegah dan mengobatinya dengan penggunaan beragam bahan alami berikut.

Masker lidah buaya

Sudah sejak lama, lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang mampu menumbuhkan rambut dengan cepat dan mencegah kerontokan. Hal ini karena lidah buaya mengandung senyawa antioksidan disamping vitamin dan mineral, seperti zinc, kalsium, dan mangan. Saat Anda ingin menggunakan lidah buaya sebagai masker, pisahkan gel yang ada pada daun lidah buaya kupas dan letakkan di dalam mangkuk. Dinginkan di dalam lemari pendingin sekitar 30 menit sebelum digunakan. Setelah dingin, oleskan secara merata keseluruh bagian rambut, pijat-pijat kulit kepala selama 10 menit agar gel lidah buaya meresap kedalam kulit kepala. Diamkan sekitar 1- 2 jam sebelum dibersihkan dengan air bersih.

Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan senyawa antioksidan dan vitamin E yang meningkatkan kekuatan akar rambut. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai campuran masker rambut atau langsung meneteskan sekitar 3-4 tetes minyak ke kulit kepala sebelum tidur. Setelah diteteskan, pijat lembut kulit kepala Anda dan bilas rambut keesokan harinya. Agar hasilnya optimal, gunakan tetes minyak zaitun  ini setiap malam selama 2 minggu berturut-turut.

Minyak kemiri

Hampir sama dengan minyak zaitun, minyak kemiri juga memiliki kemampuan yang sama untuk menumbuhkan rambut secara cepat. Minyak kemiri mengandung mineral zinc, vitamin E, dan biotin yang membantu mengatasi efek negatif polusi udara. Untuk dapat merasakan khasiatnya, cobalah tetes kulit kepala Anda dengan 3-4 tetes minyak kemiri. Pijat lembut selama 10 menit dengan gerakan memutar searah jarum jam. Setelah minyak dirasa meresap sempurna, bungkus kepala Anda dengan handuk yang sudah dicelupkan air hangat, diamkan selama 1 jam, sebelum dibilas bersih. Namun demikian, jika Anda memilih memakai minyak kemiri sebelum tidur, Anda bisa mengoleskan minyak kemiri ke kepala dan mendiamkannya hingga keesokan paginya sebelum keramas dengan shampoo.  

Masker seledri

Seledri kaya akan vitamin A, vitamin B, natrium, fosfor, dan kalsium yang membantu memperkuat akar rambut. Saat Anda ingin menggunakan seledri sebagai masker, cuci bersih terlebih dahulu beberapa lembar daun seledri, haluskan dengan blender atau langsung tumbuk dengan sedikit minyak zaitun. Oleskan secara merata ke kulit kepala dan diamkan selama satu jam agar nutrisi seledri terserap sempurna. Setelah selesai, bilas dengan air hangat dan keringkan rambut tanpa menggunakan hair dryer. Untuk hasil yang optimal, gunakan masker alami yang satu ini setidaknya 2 kali seminggu.   

Daun jambu biji

Daun tumbuhan jambu biji sangat bermanfaat menguatkan akar rambut. Disamping itu, nutrisi yang dimiliki daun jambu biji juga membantu mencegah munculnya ketombe atau kerusakan rambut lainnya. Saat Anda ingin memanfaatkan daun jambu biji sebagai bilasan keramas, Anda bisa merebus terlebih dahulu 5-8 lembar daun jambu biji yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air dan didihkan hingga tersisa ½ air rebusan awal. Biarkan dingin dan gunakan sebagai air bilasan rambut saat mandi sore. Agar hasilnya optimal, gunakan air rebusan daun jambu biji ini setidaknya dua hari sekali.

Bawang merah

Untuk bisa merasakan khasiat bawang merah sebagai penumbuh rambut, haluskan 1 siung bawang merah dan oleskan secara merata ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam sebelum dibilas dengan air hangat. Pada saat pemakaian awal, kulit kepala Anda akan terasa panas atau perih, hal tersebut merupakan pertanda senyawa alami dalam bawang merah mulai bekerja. Bawang merah mengandung senyawa anti bakteri, anti radang, dan sulfur yang membantu mengatasi gejala kerontokan rambut. Agar hasilnya maksimal, gunakan olesan bawang merah ini setiap hari saat sore hari sebelum mandi.

Masker telur

Ketika Anda mengalami sakit atau stres, peristiwa kerontokan rambut tidak bisa dihindari. Namun demikian, kulit kepala Anda bisa dirawat dengan masker telur. Kandungan protein tinggi yang terdapat dalam telur akan membantu membersihkan sel kulit mati dan merangsang tumbuhnya rambut di kulit kepala lebih cepat. Anda bisa mengocok sebutir telur utuh dan mencampurnya dengan 2-3 tetes minyak zaitun. Oleskan secara merata keseluruh bagian kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan shampoo.  Agar hasilnya optimal, ulangi metode ini setidaknya 2 kali seminggu.

Air jeruk nipis

Selain mengandung vitamin C, air jeruk nipis juga mengandung anti bakteri dan anti radang yang akan membantu membersihkan kulit kepala dari sel kulit mati. Anda bisa mengoleskan air jeruk nipis yang diperas dari 2 buah jeruk nipis utuh. Oleskan secara merata keseluruh bagian kulit kepala, pijat lembut kulit kepala selama 10 menit, dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Pada awal pemakaian, kulit kepala akan terasa sedikit perih dan untuk memaksimalkan hasilnya, terapi air jeruk nipis ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Teh hijau

Kandungan senyawa polifenol, antioksidan, dan antibakteri dalam air teh hijau akan membantu Anda dalam memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok. Terapi pengobatan untuk memanjangkan rambut dengan teh hijau bisa dilakukan dengan membilas rambut menggunakan sisa air rendaman teh hijau, setidaknya 2 kali seminggu.

Cuka apel

Satu lagi cara cepat menumbuhkan rambut yang bisa dilihat hasilnya setelah dua minggu pemakaian adalah air cuka apel. Anda bisa mencampurkan 3 sdt cuka apel dengan 50 ml air. Masukkan kedalam botol semprot dan semprotkan ke rambut dari segala sisi saat akan mandi sore. Diamkan sekitar 5-10 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, ulangi penggunaan air cuka apel ini sekitar 3 kali seminggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here