10 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas Secara Alami

0
143

Kulit mengelupas adalah proses normal kulit, sebagai reaksi tubuh dalam rangka membuang lapisan kulit mati. Namun kondisi ini, sering kali diikuti dengan gejala lain, seperti gatal, ruam, hingga kering. Lalu bagaimana cara mengatasi kulit mengelupas tersebut :

1.      Menggunakan lidah buaya

Menggunakan lidah buaya adalah cara mengatasi kulit mengelupas pertama. Anda tentu tahu, bahwa manfaat lidah buaya ini sangat banyak, salah satunya mampu melembapkan, mampu mengatasi exfoliasi kulit secara alami.

Cara menggunakan bahan yang satu ini cukup mudah, gunakan saja gel segar dari bahan tersebut, dan kombinasikan dengan minyak vit E. Aplikasikan kombinasi bahan tersebut, pada kulit yang mengelupas 3 kali dalam sehari, setiap hari secara rutin. Maka iritasi, kekeringan, dan inflamasi dapat diatasi dengan segera.  

2.      Menggunakan minyak zaitun

Bahan alami kedua, yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit mengelupas, adalah menggunakan minyak zaitun. Bahan yang satu ini, adalah bahan yang paling sering dan termasuk salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk produk kecantikan kulit. Kandungan berbagai nutrisi yang ada pada bahan yang satu ini, mampu mengunci kelembaban pada kulit Anda, sekaligus menangkal radikal jahat yang ada di udara, termasuk penuaan dini.

Aplikasikan langung minyak zaitun pada kulit yang mengelupas, dan berikan pijatan ringan. Minyak akan terserap secara sempurna, dan kulit akan terasa lembab. Teknik ini sebaiknya Anda lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari, selama seminggu. Hasilnya kulit terkelupas akan hilang secara perlahan.

3.      Menggunakan mentimun

Cara mengatasi kulit mengelupas berikutnya adalah menggunakan mentimun. Sudah menjadi rahasia umum, bahan yang satu ini, mengandung unsur air yang cukup baik, sehingga mampu menjaga kelembaban kulit dengan baik. Mentimun ini juga mengandung vitamin C, yang mampu memberikan nutrisi pada kulit, mengatasi iritasi, mengatasi rasa gatal, terbakar, dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memarut mentimun secukupnya, untuk kemudian menjadi adonan pasta. Aplikasikan pada kulit yang mengelupas, tunggu sekitar 15 hingga 20 menit. Selanjutnya bilas menggunakan air hangat, dan air bersih. Anda dapat melakukan penawaran ini 2 kali dalam sehari, guna menjaga kelembaban kulit kering, dan mengelupas. 

4.      Menggunakan madu

Madu adalah bahan lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit mengelupas. Madu mempunyai beberapa macam nutrisi yang mampu merawat dan menutrisi kesehatan kulit Anda dengan baik.

Cara mengatasi kulit mengelupas dengan menggunakan madu adalah dengan mengaplikasikan madu murni ada kulit yang mengelupas. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari, lalu diamkan selama 45 menit, dan bersihkan menggunakan air dingin. Penggunaan rutin, akan membuat kulit jadi lebih lembap. 

5.      Menggunakan oatmeal

Selain dapat dijadikan sebagai makanan yang menyehatkan untuk jantung sekaligus lezat. Oatmeal juga ternyata mengandung beberapa macam nutrisi yang baik untuk kulit. Salah satunya adalah mampu mengatasi kulit kering dan mengelupas. Selain itu, bahan ini juga mampu mengatasi rasa gatal dan iritasi akibat kulit terkelupas.

Cara menggunakannya cukup mudah, ambil secangkir oatmeal, lalu masukkan ke dalam bak mandi Anda yang masih hangat. Anda dapat berendam selama 30 menit. Berikutnya bersihkan tubuh menggunakan air bersih, lalu tepuk-tepuk tubuh menggunakan handuk hingga kering. Tidak lupa, gunakan pelembab pada kulit, agar kulit senantiasa sehat. Teknik seperti ini dapat Anda gunakan secara rutin.

6.      Menggunakan miyak wijen

Minya wijen, adalah bahan lain yang juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas, selain dapat Anda gunakan untuk memasak. Kandungan dalam minyak wijen ini mampu menutrisi kulit, dan menjaga kelembaban kulit dengan baik.

Untuk memperoleh manfaat dari minyak wijen ini, Anda cukup mengoleskannya pada kulit yang kering dan mengelupas. Lalu diamkan selama beberapa menit, dan bilas menggunakan air hangat. Teknik seperti ini dapat Anda lakukan secara rutin. Namun sebagai catatan, sebaiknya Anda tidak perlu kaget, ketika masih ada kulit yang mengelupas, karena kulit yang satu ini, sebenarnya memang kulit mati, yang harus terkelupas, dan diganti dengan kulit yang baru.

7.      Menggunakan susu

Seperti diketahui bersama, susu adalah salah satu minuman yang kaya akan nutrisi, salah satunya adalah kalsium untuk tulang. Namun selain kalsium, susu juga mengandung berbagai nutrisi lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah protein. Kandungan yang satu ini mampu menjaga kelembaban tubuh. Ketika kelembaban kulit pada tubuh berkurang, maka kulit akan mudah jadi kering, hal ini akan memicu pengelupasan pada kulit, hingga iritasi pada kulit.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah, mencampurkan 2 sendok makan susu murni, dan 1 makan sendok madu murni, aduk hingga rata, dan aplikasikan pada kulit. Berikan pijatan lembut pada kulit, dan diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan air hangat, dan Anda dapat melakukannya 2 kali dalam seminggu.

Cara lainnya adalah dengan menuangkan susu dingin pada sebuah kain lembut dan juga bersih, dan kompres pada kulit yang tengah mengelupas. Diamkan selama 30 menit, dan bersihkan menggunakan air bersih.  Cara yang satu ini dapat Anda lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari, hingga kulit kembali normal dan lembab. 

8.      Menggunakan gula dan lemon

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat buah lemon, kandungan vitamin C nya mampu menjaga dan menutrisi kulit dengan sangat baik. Kandungan astringent pada lemon, ini, mampu mengangkat sel-sel kulit mati, dan ini baik untuk mengatasi kulit yang mengelupas.

Anda dapat menggabungkan sari lemon ini dengan gula, untuk dijadikan scrub. Campurkan ½ buah lemon, ½ cangkir gula, madu dan minyak zaitun secukupnya, lalu aduk hingga rata. Aplikasikan bahan scrub tersebut pada kulit yang mengelupas, sambil dipijat. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, dan bilas menggunakan air dingin. Hal ini dapat Anda lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu.   

9.      Menggunakan minyak kelapa

Selain minyak zaitun dan juga minyak wijen, minyak kelapa juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas. Sama seperti minyak lainnya, minyak yang satu ini juga kaya akan berbagai macam vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga kulit. Salah satunya mampu menutrisi kulit, menjaga kelembaban kulit. Hasilnya kulit kering dan mengelupas, akan teratasi dengan baik.

Cara mengatasi kulit mengelupas dengan menggunakan minyak kelapa juga cukup mudah. Hangatkan minyak kelapa, lalu aplikasikan secara langsung pada kulit yang kering dan mengelupas. Berikan pijatan ringan pada kulit, dan diamkan hingga minyak terserap sempurna. Lakukan perawatan ini 3 kali dalam sehari, secara rutin, agar hasilnya maksimal.

10.   Menggunakan minyak almond

Satu lagi jenis minyak yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit kering yaitu minyak almond. Cara menggunakan minyak ini juga tidak jauh berbeda dengan minyak lain. Aplikasikan minyak tersebut pada kulit yang kering dan mengelupas, lakukan hal ini secara rutin.

Cara lainnya adalah membuat adonan pasta dari daun almond, lalu oleskan pada kulit kering dan mengelupas. Diamkan selama beberapa waktu, dan bilas hingga bersih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here