13 Penyebab Kulit Wajah Kering dan Cara Mengatasinya

0
141

Wanita mana yang tidak ingin mempunyai wajah yang cantik dan juga halus, namun bagi Anda yang mempunyai kulit kering, tentu hal ini sedikit sulit diatasi. Selain karena faktor kondisi jenis kulit, masih ada lagi beberapa penyebab kulit wajah kering, antara lain :

1.      Terlalu sering membersihkan kulit wajah

Aktivitas mandi dan mencuci wajah, adalah salah satu hal positif untuk membersihkan kulit dari berbagai macam kotoran yang menempel. Namun jika dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama atau terlalu sering. Maka hal ini akan mengganggu keseimbangan minyak dan air yang ada di dalam kulit. Kadar minyak dan air di dalam kulit akan berkurang secara drastis, hasilnya kulit akan mudah sekali kering.

Untuk aktivitas mencuci wajah, ada baiknya jika dilakukan 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari. Sedangkan pada waktu lainnya, basuh wajah menggunakan air bersih, untuk menghilangkan kotoran yang ada.

2.      Menggosok wajah

Aktivitas menggosok wajah dengan menggunakan scrub, adalah hal yang baik. Hal ini dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Namun jika hal ini dilakukan terlalu sering, maka sel-sel kulit wajah akan rusak, termasuk sel-sel hidup yang masih aktif. Hasilnya kulit akan tampak kemerahan dan kering. Selain itu, mengelap wajah secara kasar juga mampu membuat kulit jadi kering.

Untuk menggunakan scrub wajah, sebaiknya lakukan 2 kali dalam seminggu. Selain itu, pilih scrub wajah yang tidak terlalu kasar, agar tidak melukai wajah, dan keringkan wajah, secara lembut, seperti menepuk-mepuk wajah.

3.      Penggunaan sabun pembersih wajah yang salah

Penggunaan sabun pencuci wajah yang salah, juga dapat membuat kulit wajah cepat kering. Terutama pencuci wajah yang banyak mengandung beberapa bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan wajah, seperti alkohol, dll.

Untuk mengatasinya sebaiknya perhatikan dan teliti dengan baik, sabun cuci wajah yang akan Anda gunakan. Pilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit, agar kulit wajah dapat terjaga kelembapannya.

4.      Menggunakan pelembab yang salah

Penggunaan pelembab atau moisturizer yang salah juga membuat kulit mudah sekali jadi kering. Misalnya saja Anda yang mempunyai kulit kering, sebaiknya gunakan pelembab yang banyak mengandung minyak, dibandingkan pelembab yang mengandung air, hasilnya kulit jadi lembap dan tidak kering. Sebaliknya, untuk Anda yang mempunyai jenis kulit berminyak, sebaiknya pilih pelembab yang mengandung banyak air, bukan pelembab yang mengandung minyak, agar hasilnya kulit tidak tampak mengkilap.

5.      Kurang minum

Salah satu penyebab kulit wajah kering yang paling sering terjadi pada siapa saja adalah, kurangnya cairan dalam tubuh. Perti diketahui tubuh manusia ini hampir terdiri atas cairan. Cairan ini juga yang mengisi kulit, dan menjaga kelembaban kulit. Jika kulit kekurangan cairan, maka kulit akan kehilangan kelembapannya, hasilnya kulit akan tampak kering.

Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air minum setidaknya 8 gelas setiap hari.  Cairan yang dimaksud cukup beragam, pastinya menyehatkan kulit, seperti air mineral, juice, susu, dan yang lainnya. Hindari penggunaan minuman beralkohol, dan juga bersoda, karena hal ini kurang baik untuk kesehatan kulit. 

6.      Bertambahnya usia

Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin tipis dan kering kondisi kulitnya. Perubahan seperti ini dianggap wajar, mengingat kinerja berbagai macam hormon yang semakin berkurang. Tentunya hal ini sedikit banyak, mempengaruhi kesehatan kulit, terutama kulit wajah.

Untuk mengatasinya, sebaiknya gunakan selalu pelembab kulit yang tepat, dan sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. 

7.      Kondisi cuaca

Perubahan cuaca yang cukup drastis, seperti terlalu panas atau terlalu dingin, juga menjadi salah satu penyebab kulit wajah kering. Ketika perubahan cuaca terjadi dengan cepat, maka kelembaban kulit akan mudah sekali menguap, ini yang membuat kulit mudah kering. Termasuk ketika Anda terlalu lama berada di ruangan ber-AC, sering berada di ruangan terbuka, berada di terik matahari terlalu lama, dll. Terlalu lama berada di ruang terbuka atau berada di bawah terik matahari, akan membuat kelembaban kulit berkurang, selain itu, paparan radiasi dari sinar matahari juga tidak baik untuk kulit. Kulit akan mudah kusam dan kering.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah banyak mengonsumsi cairan, seperti minum dan menggunakan pelembab, yang tepat. Apabila Anda terlalu lama berada di bawah terik matahari, sebaiknya selalu gunakan tabir surya dengan komposisi atau SPF yang tepat.

8.      Polusi Udara

Terutama untuk Anda yang tinggal di kawasan perkotaan, pastinya mudah sekali terpapar berbagai macam polusi udara, seperti sisa pembakaran asap knalpot, debu dari udara bebas, sisa pembakaran dari pabrik, atau hal lainnya. Kondisi seperti ini juga yang membuat kulit kehilangan kelembapannya, hingga akhirnya jadi kering.

Untuk mengatasi hal seperti ini, ada baiknya jika Anda menggunakan pelembab kulit wajah yang tepat. 

9.      Faktor keturunan

Kondisi kulit kering, juga bisa dari keturunan. Seseorang yang mempunyai jenis kulit kering, biasanya diturunkan pada salah satu generasinya.

Untuk mengatasi kondisi kulit kering seperti ini, Anda perlu merawat kulit dengan baik. Seperti menggunakan pelembab wajah yang tepat, tepat mencuci wajah, dan pastikan Anda memilih kosmetik wajah yang juga tepat. Hasilnya kulit wajah Anda tidak akan terlihat kering.

10.   Salah menggunakan kosmetik

Penggunaan kosmetik yang salah, juga menjadi salah satu penyebab kulit wajah kering yang cukup sering terjadi. Seperti saat ini, dengan berjamurnya industri kosmetik yang ada, membuat konsumen lebih bebas memilih produk kecantikan yang dianggap tepat. Namun beberapa bahan, seperti kandungan alkohol, dan yang lainnya, bukannya membuat kulit tampak lebih cantik, justru membuat kulit jadi lebih kering.

Guna mengatasi hal seperti ini, Anda sebagai konsumen, sebaiknya memperhatikan aneka macam bahan yang ada di dalam produk kosmetik itu sendiri. Lalu piih produk yang aman untuk kulit, seperti produk kosmetik berbahan alami, dll.

11.   Gaya hidup yang buruk

Pola hidup yang kurang baik, juga mampu mempengaruhi dan menjadi penyebab kulit wajah kering. Beberapa kebiasaan yang dimaksud antara lain, merokok, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, stress, sering tidur larut malam, mengonsumsi makanan yang kurang baik untuk kulit, dll. Hal-hal seperti ini, yang membuat produksi hormon pada kulit jadi terganggu. Hasilnya kelembaban kulit terganggu, dan kulit tampak kering.

Untuk mengatasinya, sebaiknya ubah pola hidup Anda, dengan mengurangi atau menghentikan beberapa kebiasaan buruk. Menggantinya dengan rajin berolahraga, banyak mengonsumsi makanan berserat, dan yang lainnya.

12.   Pengobatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu, juga dapat menjadi penyebab kulit wajah kering. Kandungan pada obat-obatan tersebut, sedikit banyak mempengaruhi hormon pada kulit, yang membuat kelembaban kulit jadi terganggu, dan kulit jadi kering.

13.   Kondisi kesehatan tertentu

Penyebab kulit wajah kering juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan kulit itu sendiri. Seseorang yang mempunyai penyakit dermatitis atopic atau psoriasis biasanya kulitnya cenderung bersisik dan kemerahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here