Cara Ampun menghilangkan Jerawat Meradang

0
436

Semua orang pasti takut dengan munculnya jerawat, apalagi jerawat yang meradang. Hal tersebut karena jerawat dapat menimbulkan rasa sakit dan juga mengganggu penampilan. Jerawat meradang biasanya terjadi karena sumbatan komedo. Bahkan jerawat meradang bisa saja mengganggu Anda karena ada beberapa cara yang salah Anda lakukan cara menghilangkan jerawat meradang itu sendiri misalnya suka memencet jerawat dan lain sebagainya.

Penyebab jerawat menjadi meradang

Ciri-ciri dari jerawat yang sudah meradang adalah warnanya yang menjadi merah. Jerawat yang meradang diawali dengan adanya sebum berlebihan yang melewati dinding folikel kulit. Kemudian sebum tersebut masuk dalam pori-pori dan bercampur dengan sel kulit mati, sehingga pori-pori menjadi tersumbat. Hal tersebut bisa saja membuat bakteri jerawat berkembang, dan adanya sisa radikal bebas dapat merusak jaringan yang membuat jerawat semakin merah meradang yang disebut dengan infeksi. Apabila infeksi tersebut berkembang, warna merah jerawat justru akan mudah hilang dengan sendirinya. Akan tetapi jika warna tersebut tidak hilang dalam waktu setahun disebut dengan luka bekas jerawat.

Cara menghilangkan jerawat meradang

Jerawat sebenarnya bisa dihilangkan dengan cara memencetnya sendiri di rumah, namun harus disertai dengan alat yang benar dan juga steril, termasuk juga teknik melakukannya. Apabila tidak mengetahuinya, maka sebaiknya hindari untuk melakukannya sendiri.

Hal tersebut karena selain alat yang tidak steril, kondisi tangan yang tidak bersih justru dapat memperparah keadaan jerawat, kemudian jerawat menjadi merah meradang. Bahkan juga dapat meninggalkan bekas luka di wajah.

Jerawat meradang bisa dihindari dengan menjaga kebersihan dan tidak sembarangan mengobati jerawat. Ada dua hal penting jika Anda ingin menghilangkan jerawat yang kemerahan dalam waktu semalam. Karena kemerahan merupakan efek dari peradangan maka tentu masalah peradangan yang harus segera diatasi. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat meradang yang efektif antara lain:

1.      Pasta gigi

Pasta gigi memang sudah tidak asing lagi digunakan banyak orang sebagai alternatif penyembuhan jerawat yang sedang meradang. Pasta gigi berfungsi untuk mengatasi warna kemerahan pada jerawat. Namun sebaiknya Anda menghindari penggunaan pasta gigi untuk jerawat meradang. Karena pasta gigi mengandung bahan fluoride dan mentol. Bahan-bahan tersebut justru dapat membuat iritasi dan juga bisa saja menyebabkan munculnya jerawat lebih banyak lagi.

2.      Retinoid

Retinoid bisa mengobati dan juga mengurangi jerawat. Retinoid biasanya dipasarkan dalam bentuk salep, gel, atau krim yang bisa Anda dapatkan dengan resep dokter. Cara menggunakannya juga cukup mudah, pertama pastikan kondisi wajah dalam keadaan bersih dan kering, kemudian cukup dengan mengoleskan retinoid ke seluruh wajah. Dalam menggunakan retinoid, hindari paparan sinar matahari langsung.

3.      Sulfur

Sulfur memang memiliki bau sedikit menyengat dan tidak sedap. Tetapi ternyata sulfur terkenal bahan yang ampuh dalam menuntaskan persoalan jerawat meradang. Sulfur bermanfaat menyingkirkan sel-sel kulit mati, meredakan peradangan jerawat, dan mengurangi minyak berlebihan di wajah.

4.      Asam salisilat

Asam salisilat memiliki fungsi dan efek yang mirip dengan sulfur. Bahkan beberapa produk untuk perawatan wajah di pasaran biasanya mengandung 0,5 sampai 2 persen asam salisilat. Asam salisilat bermanfaat membersihkan pori-pori dari timbunan minyak, bakteri, dan sel kulit mati. Selain itu asam salisilat juga berkhasiat mengurangi peradangan, namun disertai efek samping yaitu iritasi dan juga kulit kering.

5.      Antibiotik

Salah satu penyebab jerawat meradang adalah infeksi bakteri. Adanya infeksi bisa diobati menggunakan antibiotik, sehingga jerawat meradang juga bisa disembuhkan menggunakan antibiotik. Untuk jerawat antibiotik yang digunakan bisa berupa salep atau tablet yang bisa diminum. Namun penggunaan antibiotik sebaiknya menggunakan aturan resep dokter.

Bahan-bahan di atas tersebut untuk menghilangkan jerawat merupakan bahan kimia. Namun, bagi Anda yang merasa khawatir untuk menggunakan bahan kimia, Anda juga mengatasi jerawat dengan bahan-bahan alami. Bahan alami merupakan bahan paling aman untuk digunakan pada wajah dan juga efektif.

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat meradang dengan bahan alami antara lain:

1.      Es batu

Menggunakan es batu termasuk pada metode paling cepat menangani jerawat yang meradang. Caranya adalah dengan menyiapkan es batu dan balut es batu menggunakan kain. Kemudian tempelkan es batu yang dibalut kain tadi ke wajah dan diamkan dalam waktu beberapa menit. Ulangi terus sampai warna kemerahan jerawat berkurang. Yang perlu diperhatikan saat memakai es batu ini adalah jangan menekan terlalu kencang, karena bisa saja dapat melukai jerawat yang justru akan ada bakteri lain yang menyerang bagian tersebut.

2.      Mentimun

Mentimun mengandung 95% air, vitamin C, vitamin B5, dan juga antioksidan yang dapat membantu untuk menenangkan kemerahan jerawat sekaligus menghilangkannya. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan irisan mentimun di atas wajah yang berjerawat selama sekitar 30 menit. Dengan mentimun bengkak pada jerawat dan juga kemerahannya akan cepat berkurang. Anda bisa menggunakan mentimun ini setiap saat atau sesering mungkin hingga jerawat benar-benar hilang.

3.      Lidah buaya

Lidah buaya akhir-akhir ini memang sedang populer sebagai bahan utama untuk skin care. Hal tersebut memang wajar mengingat banyak sekali khasiat lidah buaya untuk wajah. Namun tentu saja skin care lidah buaya yang dijual di pasaran sudah tercampur dengan bahan-bahan kimia lainnya. Jika Anda menggunakan produk tersebut dan muncul jerawat yang meradang, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan tanaman lidah buaya langsung. Caranya menggunakan tanaman lidah buaya adalah kupas terlebih dahulu kulitnya, kemudian oleskan gel lidah buayanya pada jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan zat antibakteri dan anti radang yang sangat ampuh memerangi bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat meradang akan mengempis dan warna kemerahannya berkurang.

4.      Teh hijau

Bagi Anda yang suka mengonsumsi minuman teh hijau, jangan buang ampas tehnya ya. Hal tersebut dikarenakan ampas teh hijau ternyata juga berkhasiat untuk meredakan jerawat yang meradang dan juga menghilangkan jerawat. Teh hijau mengandung polifenol yang ampuh untuk meredakan jerawat dengan cepat dan juga efektif. Caranya adalah kompres jerawat di wajah menggunakan ampas dari teh hijau dan tunggu beberapa saat sampai ampasnya mengering, kemudian bilang menggunakan air bersih.

5.      Lemon

Lemon juga termasuk bahan yang ampuh memerangi jerawat yang sedang meradang. Lemon mengandung vitamin C yang dibenci oleh bakteri jerawat. Caranya adalah dengan mengambil air perasan lemon dan oleskan air perasan lemon tersebut pada wajah yang berjerawat menggunakan kapas atau cutton bad. Kemudian tunggu sampai sekitar 15 menit dan bilas dengan air bersih. Saat menggunakannya memang pada awalnya akan terasa perih pada jerawatnya, terasa nyut-nyutan, dan juga sedikit gatal. Jika kesulitan mendapatkan lemon, Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk meredakan jerawat meradang.

Jika jerawat meradang tak kunjung sembuh dan bertambah parah, sebaiknya pergi dan berkonsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan untuk penanganan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here