Cara Belajar Make Up Sendiri yang Benar

0
165

Berhias sudah menjadi kegiatan rutin bagi kaum wanita, guna menambah rasa percaya diri, dan hal tersebut kebanyakan harus bisa kita lalukan sendiri, karena kadang tidak tiap saat kita bisa minta bantuan orang lain untuk melalukan make up untuk kita, apalagi jika dalam kondisi darurat, maka kita harus bisa melakukannya sendiri.

Cara Make Up Sendiri

Berikut ini adalah tips cara make up sendiri yang benar.

Kenali Kondisi Wajah

Anda bisa melakukan make up sendiri. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah kenali terlebih dahulu kondisi wajah Anda sendiri, yakni apakah termasuk sebagai tipe kulit berminyak atau kulit yang kering atau kulit yang normal atau kulit jenis kombinasi, seperti apakah hanya di bagian dahi dan hidung saja yang berminyak sedangkan tipe jenis kulit pada bagian wajah yang lainnya adalah normal atau cenderung kering dan lain sebagainya, maka sediakan dan sesuaikanlah kosmetiknya dengan jenis kulit wajah kita tersebut guna mendapatkan hasil make up yang optimal dan dapat awet bertahan lama. Juga kenali beberapa kekurangan di wajah kita yang perlu disempurnakan atau diperbaiki tampilannya dengan olesan make up, yakni seperti apakah hidung yang terlalu pesek atau sedikit kurang mancung, hingga diperlukan shading di bagian kanan dan kiri hidung dengan bedak yang berwarna lebih gelap, atau seperti mata yang sipit dan tidak berkelopak sehingga perlu eyeliner dan posisi warna tertentu di kelopak mata supaya mata bisa terlihat lebih lebar, atau pipi apakah terlalu tembem sehingga perlu shading dengan bedak yang lebih gelap pada bagian tertentu di pipi atau justru pipi kita terlalu tirus dengan tulang pipi yang menonjol sehingga diperlukan blush on guna menyamarkannya, atau juga apakah bentuk alis kita yang terlalu tipis sehingga perlu dipertebal dengan menggunakan pensil alis dan lain sebagainya.

Bersihkan Wajah

Langkah selanjutnya adalah bersihkan wajah, sehingga kosmetik bisa menempel dengan sempurna dan dapat awet bertahan lama seharian. Bisa dipergunakan sabun khusus untuk wajah untuk mencuci muka bisa dipergunakan sabun wajah yang ada scrubnya maupun sabun muka yang tanpa scrub, kemudian keringkan dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk mengarah ke atas, atau bisa juga dengan mempergunakan cairan pembersih wajah, kemudian tepuk-tepuk wajah dengan kapas yang sudah diberi toner atau astringent, guna mengecilkan pori-pori wajah.

Oleskan Pelembab

Jika wajah sudah bersih maka bisa segera dioleskan pelembab, jika riasan tersebut untuk acara pagi atau siang hari di luar ruangan, maka pergunakanlah pelembab yang mengandung tabir surya, guna melindungi kulit dari terpaan sinar terik matahari yang menyengat dan dapat membuat kulit bernoda dan menjadi berwarna lebih gelap. Oleskan secara tipis-tipis lalu ratakan hingga merata ke seluruh bagian muka.

Tentukan Tema Make Up Riasan

Tahapan selanjutnya adalah menentukan tema riasan, sesuai acara dan kebutuhan, yakni apakah Anda akan melakukan make up tersebut untuk acara suatu pesta di malam hari atau untuk suatu acara pesta kebun di siang hari atau hanya make up ringan minimalis untuk kegiatan sehari-hari dan lain sebagainya.

Oleskan Alas Bedak atau Bedak Tabur atau Bedak Padat

Setelah wajah bersih dan pelembab terserap dengan sempurna pada kulit, maka langkah selanjutnya adalah mengoleskan alas bedak sesuai jenis kulit, yakni untuk kulit berminyak atau kulit kering, atau kulit normal atau kulit kombinasi. Juga pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulit kita atau bisa mempergunakan alas bedak dengan warna yang setingkat lebih muda dari warna asli kulit kita. Oleskan tipis dan merata. Untuk riasan dengan tema minimalis untuk keperluan sehari-hari maka cukup gunakan langsung bedak tabur dengan warna yang sama atau setingkat lebih muda dari kulit kita langsung setelah pemakaian pelembab, tanpa menggunakan foundation atau alas bedak, ratakan bedak tabur dengan spon khusus bedak hingga merata. Selain bedak tabur bisa juga menggunakan bedak padat, pergunakan kuas bedak untuk meratakannya di wajah. Namun jika kulit kita ada spot atau titik noda atau flek bekas jerawat dan lain sebagainya yang dapat mengganggu penampilan, maka terlebih dahulu pergunakan concealer guna menutupinya. Jika tidak ada concealer maka bisa mempergunakan alas bedak atau bedak padat dengan warna yang lebih gelap untuk menyamarkan noda pada wajah.

Make Up untuk Alis

Langkah berikutnya adalah cek bentuk alis wajah. Jika alis sudah tebal maka cukup disikat saja mengarah keluar hingga rapi. Tapi jika alis masih terlalu tipis maka bisa dibubuhkan atau dioleskan pensil alis secara tipis-tipis disela-sela rambut alis. Oleskan secara tipis-tipis berulang kali hingga merata dan berbentuk rapi.

Make Up untuk Mata

Tahap berikutnya adalah riasan mata. Pilihlah warna eyeshadow di kelopak mata sesuai warna kulit dan tema riasan. Bisa memilih warna gold atau keemasan atau warna coklat tua atau warna orange atau pink atau perpaduan diantara warna tersebut. Padukan dengan kuas, hingga efek yang mau dimunculkan terbentuk. Kalau untuk make up minimalis sehari-hari bisa pergunakan lipstick sewarna yang dioleskan di atas sudut mata bagian luar atas, di bawah alis luar dan di sisi dalam mata dekat hidung, juga di sepanjang kelopak mata. Oleskan secara tipis dan merata, dan seimbang antara sisi mata bagian kanan dan kirinya. Sehingga lebih praktis dan cepat. Untuk mata yang sipit bisa menggunakan eyeliner, gariskan di bagian dalam mata atas dan di bagian sudut mata luar untuk tema riasan minimalis sehari-hari, sedangkan untuk tema pesta bisa dioleskan eyeliner ke seluruh lingkar mata dengan garis yang agak lebih tebal. Namun untuk mata yang sudah tebal maka tidak perlu menggunakan eyeliner. Kemudian pemakaian maskara. Jika mata sudah besar dan bulu mata sudah cukup tebal maka bisa tidak menggunakan mascara, cukup dengan menjepit bulu mata beberapa saat hingga menjadi lentik. Jika tidak maka oleskan mascara secara tipis-tipis dan merata dengan mengarah ke atas untuk bulu mata bagian atas dan mengarah keluar dari dalam untuk bulu mata bagian bawah mata, jika sulit maka oleskan mengarah ke bawah.

Lipstick, Make Up untuk Bibir

Kemudian pilihlah lipstick dengan warna yang sesuai dengan pakaian yang dikenakan. Supaya lipstick bisa bertahan lama sepanjang hari, oleskan juga alas bedak atau foundation pada bagian bibir sebelum mengoleskan lipstick, atau dapat dipilih lipstick yang jenis long lasting, sehingga dapat bertahan juga meski dipergunakan untuk makan dan lain sebagainya. Memang harganya bisa sedikit lebih mahal, namun cukup dioleskan sekali dan tidak perlu berulang kali menggunakan dan mengoleskannya pada bibir tiap saat. Bagi kulit yang cenderung gelap maka bisa memilih warna lipstick dengan warna orange atau kecoklatan, sedangkan bagi kulit yang lebih cerah atau lebih putih maka bisa menggunakan lipstick dengan warna pink atau merah menyala. Namun pertimbangan utamanya adalah pada tema riasan dan warna pakaian, sehingga bisa lebih serasi.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara make up sendiri. Semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here