Cara Make Up Untuk Pesta Pada Beragam Bentuk Wajah Dengan Standar 12 Alat Make Up

0
456

Ketika Anda ingin menghadiri suatu pesta, cara make up untuk pesta yang tepat akan membuat wajah terlihat tetap cerah dan segar. Namun demikian, sebelum menerapkan cara make up yang sesuai dengan bentuk wajah, akan lebih baik jika Anda menyiapkan beragam alat make up standar, seperti:

1.    Foundation

Alat make up pertama yang perlu Anda miliki adalah foundation. Saat ini, foundation tersedia dalam beberapa jenis, seperti BB atau CC cream. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih beragam shade dantone foundation yang bisa disesuaikan dengan warna dan bentuk wajah. Foundation sendiri berguna sebagai alas bedak, untuk meratakan warna kulit, menyamarkan pori kulit, dan menyamarkan bekas jerawat.

2.    Blush on

Blush on dikenal sebagai alat make up yang membantu membuat bagian pipi terlihat lebih segar dan cantik. Warna dasar blush on adalah merah muda, namun sekarang ini ada jenis blush on berwarna emas atau coklat terang yang biasa disebut bronzer dan umumnya digunakan untuk shading. Untuk memaksimalkan hasil make up, pilih jenis blush on yang sesuai dengan kulit, karena saat ini blush on tersedia dalam bentuk tint, powder, gel, atau cream.

3.    Lipstick

Saat ini lipstick tersedia dalam beragam model dan jenis, seperti lipgloss, lip tint, hingga lip matte. Untuk terus mempertahankan kelembaban bibir yang ditambah aplikasi lipstick, Anda bisa menambahkan lipbalm. Warna lipstick yang dipilih juga sebaiknya disesuaikan dengan tekstur dan warna alami bibir agar tampilannya lebih menarik dan tahan lama.

4.    Eyeshadow palette

Palette eyeshadow yang sekarang ini dijual bebas dalam bentuk krim atau bubuk padat. Koleksi beragam warna eyeshadow bisa menjadi pelengkap alat make up yang akan Anda padukan dengan pakaian pesta. Eyeshadow sendiri berfungsi memberi kesan dramatis di area kelopak mata.

5.    Eyeliner

Eyeliner membantu membuat efek pada mata sesuai tema make up yang dikenakan. Goresan eyeliner umumnya akan membuat mata terlihat lebih tajam dan besar. Saat ini, Anda bisa memilih modeleyeliner yang sesuai dengan karakter diri, seperti model cair, gel, hingga pensil.

6.    Maskara

Apabila pada saat pesta, Anda ingin terlihat memiliki bulu mata yang lentik dan tebal, alat make up berupa maskara tidak boleh dilewatkan. Alat make up yang satu ini dapat diaplikasikan setelah penggunaan eyeliner.

7.    Eyebrow kit

Terkadang, alis yang terlihat tidak rata dan hanya langsung dipoles dengan pensil alis akan memberikan hasil yang tidak optimal. Itu sebabnya sekarang ini ada eyebrow kit yang membantu Anda memiliki alis yang terlihat simetris dan natural. Umumnya alat make up yang satu ini tersusun dari pencukur alis, alat shading alis, dan pewarna alis.

8.    Contouring dan highlight make up

Alat contouring dan highlight digunakan untuk membuat kesan tertentu pada wajah, seperti hidung lebih  mancung, pipi lebih tirus, kantung mata menghilang, dan kesan lainnya. Agar tidak terlihat berlebihan, pilih alat contouring dan highlight yang warnanya sesuai dengan warna alami kulit.

9.    Bedak

Setelah pemakaian foundation, umumnya Anda perlu memakai bedak agar make up yang dikenakan di wajah tahan seharian. Saat ini ada jenis bedak padat, bedak tabur, atau cream yang warnanya bisa dipilih sesuai warna kulit.

10. Pelembab

Sebelum mulai mengaplikasikan make up, Anda perlu mengoleskan pelembab ke wajah agar semua make up yang akan dioleskan ke wajah bisa tahan lebih lama dan membuat wajah Anda terlihat lebih segar.

11. Brush make up

Untuk mengaplikasikan segala jenis make up ke wajah, Anda membutuhkan brush make up atau kuas yang umumnya tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran. Anda bisa menyesuaikan pembelian brushdengan area wajah yang akan dipoles dengan brush make up tersebut.

12. Beauty blender

Beauty blender yang umumnya terbuat dari sponge padat akan membuat hasil olesan foundation lebih merata. Alat make up yang satu ini juga membantu meminimalkan kontaminasi bakteri penyebab jerawat yang tanpa disadari menempel di jari tangan.

Make up untuk sesuai bentuk wajah

Setelah Anda memiliki beragam alat make up diatas, Anda bisa langsung mencoba mengaplikasikannya untuk riasan sesuai bentuk wajah.

Bentuk wajah bulat

Cara make up untuk pesta bagi pemilik wajah bulat umumnya dilakukan dengan menggunakan kombinasi warna terang di area mata agar terlihat lebih segar dan shading di bagian pipi serta hidung agar terlihat lebih tirus. Untuk bisa melakukannya, di bagian eyeshadow, Anda bisa menggunakan warna dasar putih atau kuning emas, kemudian menumpuknya dengan warna pink dan biru laut. Untuk foundation, Anda bisa menggunakan warna setingkat diatas kulit agar kulit wajah terlihat lebih segar.

Bentuk wajah hati

Ciri khas dari bentuk wajah hati adalah dagu yang lancip dan pipi yang tirus. Saat menghadiri pesta, Anda akan terlihat cantik dan segar dengan kombinasi warna riasan yang lembut serta feminim, seperti warna peach, pink, kuning, biru muda, dan hijau muda. Anda bisa menggunakan lipstick warna merah terang atau maroon untuk menambah kesan dewasa dan elegan.

Bentuk wajah oval

Bentuk wajah oval memiliki keistimewaan dibanding bentuk wajah lainnya, karena bentuk wajah ini relatif tidak membutuhkan make up tebal dan bahkan bisa tampil segar meski tanpa riasan. Umumnya yang menjadi masalah untuk bentuk wajah oval adalah bagian pipi dan alis. Oleh karena itu, pada saat pesta, gunakan blush on yang mengandung bronzer agar tulang pipi terlihat lebih tegas. Anda juga bisa menggunakan eyebrow kit untuk merapikan tampilan alis sebelum pesta. Untuk area kelopak mata, Anda bisa menggunakan perpaduan warna yang terlihat kontras, seperti coklat dan kuning, biru dan kuning, atau lainnya. Sedangkan untuk mempertegas garis mata, Anda juga bisa menggunakan warna eyeliner yang lain dari warna umum, seperti hijau muda atau coklat.  

Bentuk wajah kotak 

Titik kelemahan pada pemilik wajah berbentuk kotak terletak pada area garis rahang, bibir, pipi, dan mata. Umumnya untuk menyempurnakan penampilan, pilih foundation yang warnanya lebih gelap dibanding warna alami kulit yang dimiliki. Setelah itu, aplikasikan blush on yang memiliki efek bronzer atau lebih gelap dari warna kulit asli. Tambah shading warna gelap di area hidung dan garis rahang untuk menimbulkan kesan dagu yang lancip. Agar tampilan wajah terlihat lebih cerah dan natural, gunakan lipstick atau lip tint dengan warna lembut.

Bentuk wajah panjang

Sekilas pemilik bentuk wajah ini terlihat mirip dengan pemilik wajah oval, hanya saja yang membedakan keduanya terletak pada proporsi bagian atas dan bawah wajah. Pada saat akan menghadiri pesta, pemilik bentuk wajah ini lebih baik mengaplikasikan foundation yang cukup tebal agar kulit wajah terlihat terang dan segar. Setelah itu, gunakan warna nude pada area bibir dan blush on yang berwarna pink cerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here