Cara Memutihkan Kulit Tubuh Ala Orang Jepang

0
277

Berbicara tentang Jepang, pasti tidak terlepas dengan yang namanya bunga sakura dan budayanya. Di Jepang juga terkenal akan wanita yang memiliki kulit tubuh putih dan mulus. Rupanya untuk mendapatkan kulit tubuh tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, mereka rutin melakukan perawatan tubuh. Nah, bagaimana perawatan tubuh orang Jepang sebagai cara memutihkan kulit tubuh? Berikut ulasannya.

Gemar berendam air hangat

Budaya Jepang yang tidak pernah bisa lepas adalah mandi air hangat. Onsen menjadi salah satu tempat untuk berendam air hangat. Berendam langsung di mata air panas ini bukan hanya membuat pikiran semakin rileks, tapi juga berguna untuk kesehatan kulit. Biasanya, untuk membuat onsen semakin maksimal, maka suhu air yang digunakan haruslah pas.

Secara alami mata air panas memiliki kandungan satu dari 19 mineral dan kesemuanya memiliki manfaat yang baik dan menyehatkan. Beberapa di antaranya juga baik untuk kesehatan kulit tubuh. Penelitian membuktikan bahwa mineral tersebut bisa mengurangi adanya iritasi kulit dari masalah ekstrim, seperti psoriasis dan eksim.

Selain itu, kandungan garam di dalam onsen, terutama sodium bikarbonat bisa membuat kulit semakin mulus dan cerah. Nah, bagi kamu yang berkesempatan ke Jepang bisa berkunjung ke air panas yang ada di Kyushu dengan mata air panas alaminya dan yang tertinggi. Di Indonesia juga ada beberapa sumber air panas alami yang bisa kamu manfaatkan.

Menggunakan air beras untuk kulit putih alami

Memang pada umumnya, orang Jepang sudah memiliki kulit yang putih. Walaupun begitu, mereka juga tetap menjaganya. Nah, cara memutihkan kulit tubuh bagi orang Jepang, kuncinya adalah menggunakan air beras. Beras Jepang sendiri memiliki kandungan B3. Kandungan tersebut berguna untuk memutihkan kulit dengan alami.

Selain itu, ada juga kandungan vitamin E yang berguna sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Ada juga kandungan squalane oil yang bisa mencegah tanda – tanda penuaan dini. Biasanya air cucian beras memang tidak mereka buang. Air tersebut digunakan untuk mencuci muka dan tubuh guna mendapatkan kulit putih alami.

Rutin mengonsumsi teh hijau

Budaya minum teh di Jepang masih ada hingga saat ini. Salah satu teh yang dikonsumsi adalah teh hijau. Teh hijau memang sangat populer di Jepang. Bukan hanya untuk dikonsumsi saja, melainkan juga untuk membuat kulit tubuh menjadi lebih sehat.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan di dalamnya. Maka tidak heran banyak perawatan tubuh dari Jepang yang terbuat dari teh hijau. Penelitian membuktikan bahwa teh hijau berguna untuk menurunkan resiko kanker kulit dan memperbaiki kulit yang rusak. Bahkan jerawat digunakan untuk membasmi jerawat dan flek hitam yang membuat kulit kusam. Orang Jepang biasa menggunakan teh hijau sebagai masker, selain mengonsumsinya.

Memanfaatkan minyak azuki sebagai masker dan lulur

Mungkin bagi orang Indonesia, biji azuki jarang terdengar terdengar. Biji azuki sendiri merupakan sebutan untuk kacang merah di Jepang. Memang orang Jepang sering menggunakan kacang merah sebagai cara memutihkan kulit tubuh secara alami. Kebanyakan biji azuki yang digunakan untuk masker wajah dan lulur badan.

Bukan hanya memutihkan kulit saja, biji azuki juga berguna untuk kesehatan kulit lainnya, mulai dari mengatasi jerawat, menyamarkan bintik hitam dan membuat tekstur kulit semakin lembut. Bahkan saat penggunaannya, kamu akan merasakan rasa dingin. Cara membuat lulur atau masker dari biji azuki juga sangat mudah. Kamu cukup menumbuk biji azuki hingga halus. Kemudian campurkan dengan sedikit air dan oleskan pada bagian wajah dan kulit kamu. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Memanfaatkan minyak camelia sebagai pembersih make up

Orang Jepang daripada menggunakan make up cleanser dengan bahan alkohol, mereka lebih suka dengan bahan alami sebagai pembersih make up, terlebih dengan tekstur oilnya. Salah satu yang sering digunakan adalah minyak bunga camelia. Untuk mendapatkan minyak bunga camelia, tidak segan – segan mereka akan menumbuknya secara langsung.

Minyak bunga camelia sendiri memang sangat ampuh untuk menghapus makeup yang ada di kulit. Selain itu juga berguna untuk membersihkan kotoran hingga ke dalam pori-pori. minyak bunga camelia juga mampu melembabkan kulit, melawan tanda – tanda penuaan hingga memutihkan kulit wajah secara alami.

Menggunakan masker atau lulur dari Bekatul Komenuka

Satu lagi bahan alami sebagai cara memutihkan kulit tubuh, yakni Bekatul Komenuka. Bahan yang satu ini mungkin asing di telinga kita. Bekatul Komenuka sendiri adalah bulir padi atau gandum yang berada di dalam sekam. Selain itu, bekatul komenuka bisa ditemukan di dalam jagung. Bahan alami yang satu ini memiliki manfaat yang memang sangat menakjubkan. Bukan hanya untuk memutihkan saja, bahan ini juga berguna untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut, memudarkan keriput dan mengontrol produksi minyak secara berlebihan.

Menggunakan alga laut atau wakame

Memang tidak dipungkiri kalau orang Jepang lebih menyukai bahan – bahan alami dibandingkan dengan produk dari bahan kimia. Salah satu yang berguna untuk mencerahkan kulit tubuh yang paling banyak digunakan adalah alga laut atau wakame. Wakame yang berwarna hijau ini memang memiliki khasiat yang baik untuk kulit, mulai dari mencerahkan kulit, mencegah timbulnya keriput, meningkatkan keelastisan kulit, mengatasi mata panda dan melembabkan kulit.

Untuk menggunakannya juga sangat mudah. Siapkan saja alga laut atau wakame. Setelah itu, cuci hingga bersih. Remas wakame tersebut dengan tangan atau sendok untuk di ambil sarinya. Setelah itu, oleskan sari wakame tersebut secara merata pada seluruh tubuh. Biarkan selama beberapa saat  hingga menyerap ke dalam kulit atau mengering. Baru bilas menggunakan air hingga bersih.

Suka mengonsumsi buah Jeruk

Buah Jeruk tidak hanya baik untuk daya tahan tubuh saja, melainkan juga menyehatkan kulit. Rupanya, orang Jepang suka sekali mengonsumsi buah jeruk sebagai cara mencerahkan kulit tubuh. Hal ini dikarenakan buah jeruk sendiri yang kaya akan vitamin C yang  tinggi. Sedangkan, tubuh kita sendiri tidak bisa memproduksi vitamin C. Vitamin C berguna untuk merangsang produksi kolagen sehingga kulit terjaga kesehatannya. Selain itu, kolagen juga berguna untuk mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit dan menjaga keelastisan kulit. banyak orang Jepang yang menggunakan buah jeruk sebagai masker atau lulur alami. Cukup dengan mengoleskan air jeruk pada kulit tubuh.

Rajin menggunakan sunblock

Bagi orang Jepang standard kecantikan mereka adalah kulit tubuh yang putih. Oleh karena itu,  sebisa mungkin mereka akan menjauhkan diri dari paparan sinar matahari. Walaupun masih sangat kontroversial bahwa pemutih kulit menjadi tren tersendiri di Jepang. Tapi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan  aman adalah menggunakan sunblock. Cara yang satu ini juga membantu menjaga keelastisan kulit serta mencegah kanker kulit terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here