Cara Mengempeskan Jerawat Batu agar tidak muncul lagi

0
1190
Berikut ini Cara Mengempeskan Jerawat Batu agar tidak muncul lagi

Jerawat memang sangat mengesalkan, dan membuat malu serta menjadi kurang percaya diri. Apalagi jika munculnya di wajah, akan sangat mengganggu penampilan. Selain di wajah, jerawat juga biasa timbul pada bagian tubuh yang lainnya seperti di bagian leher, punggung, pundak atau bahkan perut juga lengan dan paha. Berikut ini cara mengempeskan jerawat batu.

Jaga Kebersihan

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi timbulnya jerawat adalah dengan selalu menjaga kebersihan kulit. Juga apabila jerawat sudah timbul, jangan sering dipegang-pegang atau dipencet-pencet, apalagi jika tangan kita kotor, sehingga tidak akan timbul infeksi dan jerawat menjadi semakin parah dan akan meninggalkan bekas noda di kulit nantinya. Selain akibat tersumbatnya pori kulit akibat kotoran atau keringat yang mengering di permukaan kulit atau kotoran, lemak dan keringat yang tersumbat sehingga tidak bisa keluar lalu menimbulkan jerawat maka jerawat juga bisa timbul akibat faktor stress yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormon tubuh, ketidakseimbangan hormon tersebut juga bisa terjadi sebagai akibat dideritanya suatu penyakit, sehingga akibat ketidakseimbangan hormon tersebut maka kemudian timbul jerawat, namun hal tersebut bisa diminimalkan dengan selalu menjaga kebersihan kulit. Jerawat yang paling membandel adalah jerawat batu, dengan timbunan lemak dan kotoran yang membuat benjolan yang berukuran cukup besar dan mengeras berwarna kemerahan yang lama kelamaan akan bernanah, sebagai upaya sel darah putih dalam melawan bakteri, dan muncul mata jerawatnya. Gunakan sabun khusus untuk muka guna membersihkan wajah yang berjerawat, tanpa scrub yang bisa menimbulkan iritasi, dan tidak perlu menggunakan washlap juga, usapkan saja secara perlahan dan lembut, kemudian cara mengeringkannya adalah dengan menggunakan handuk kering dan lembut yang bersih dengan cara cukup dengan ditepuk-tepukkan pada muka hingga tidak basah lagi. Jangan digosok-gosok supaya tidak timbul luka dan batasi pencucian wajah maksimal dua kali saja sehari sudah cukup. Begitu juga cukup gunakan air dan sabun muka untuk membersihkan wajah, hindari penggunaan produk kecantikan pembersih wajah selama mengalami jerawat. Juga hindari penggunaan produk-produk yang keras seperti toner, astringent atau alas bedak dengan bahan dasar minyak dan lain sebagainya yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Lalu jika kulit terasa kering maka bisa menggunakan pelembab berbahan dasar air, bukan yang berbahan dasar minyak yang justru bisa memperburuk kondisi jerawat. Pilihlah juga pelembab yang tidak menggunakan parfum atau pewangi dan pewarna karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit yang sedang sensitif.

Mengompres dengan Es Batu

Jika jerawat batu sudah memerah dan mulai timbul nanah lalu terasa sakit sekali maka bisa dilakukan kompres wajah dengan menggunakan es batu, guna mengurangi rasa sakitnya. Alasi es batu dengan kain washlap, jangan ditempelkan secara langsung pada jerawat, supaya tidak timbul iritasi. Bisa juga digunakan perasan air jeruk yang dibekukan untuk mengompresnya. Lalukan secara rutin hingga jerawat mengempis.

Mengompres dengan Air Hangat

Selain menggunakan es batu juga bisa menggunakan air hangat untuk mengompresnya, gunakan kain halus atau kapas yang dicelup pada air hangat guna mengompresnya. Peras terlebih dahulu kain halus atau kapas yang sudah basah dengan air hangat tersebut. Lalu tempelkan secara perlahan pada bagian wajah yang ada jerawatnya. Lakukan secara rutin hingga jerawat mengempis. Campurkan tetesan air jeruk pada air hangat yang akan digunakan untuk mengompres jerawat tersebut, jika ada. Itu akan lebih mempercepat proses pengempisan jerawatnya. Bisa juga menggunakan air hangat rendaman teh, terutama rendaman teh hijau untuk mengompres jerawatnya.

Gunakan Uap Air untuk Membuka Pori Kulit

Pergunakan uap air guna membuka pori-pori kulit sehingga lemak dan kotoran yang tersumbat dan menyebabkan jerawat dapat keluar. Anda bisa datang ke salon untuk memperoleh perawatan uang air tersebut. Di salon kecantikan tersedia alat khusus untuk melakukan penguapan wajah guna perawatan wajah yang berjerawat tersebut. Jika mau melakukannya sendiri di rumah maka bisa persiapkan panci bersih lalu tuang air secukupnya kemudian rebus hingga mendidih dan timbul uap airnya, lalu matikan apinya, kemudian angkat panci dari atas kompor, dan bisa menggunakan handuk besar untuk melilit sekeliling wajah yang dihadapkan di atas panci dan menjaga supaya uap air mengarah ke bagian muka yang berjerawat, lalu diamkan beberapa saat. Ikat rambut ke belakang supaya tidak mengganggu, proses penguapan wajah. Jaga jarak sekitar dua puluh sentimeter hingga tiga puluh sentimeter agar wajah tidak terlalu kepanasan. Sebelumnya bisa juga diteteskan perasan air jeruk pada air yang mendidih tersebut, atau rebus butiran jeruknya bersamaan dengan air yang akan digunakan untuk proses penguapan wajah tersebut, guna membantu upaya pengempisan jerawat batu yang membandel di wajah. Selain perasan air jeruk, bisa juga dipergunakan tetesan essential oil seperti lavender atau mint, atau rose, dan lain sebagainya. Cukup gunakan satu tetes saja, campurkan pada air hangat yang sudah mendidih tadi namun pastikan dulu bahwa Anda tidak mengalami alergi terhadapnya, dengan cara mengoleskannya ke pergelangan tangan terlebih dahulu. Jika tidak timbul reaksi alergan, seperti kulit menjadi kemerahan atau terasa gatal atau mengalami pembekakan maka essential oil tersebut bisa dipergunakan. Lakukan beberapa penguapan sehingga pori-pori terbuka dan kotoran juga lemak yang tersumbat bisa keluar.

Gunakan Masker Jerawat

Selain itu cara ampuh lainnya untuk mengatasi jerawat batu adalah dengan mengoleskan masker jerawat yang mengandung belerang pada jerawat batu, lalu diamkan beberapa saat hingga jerawat mengempis lalu bilas dengan air hangat. Bisa juga dipergunakan bawang putih, pertama-tama kupas bawang putih lalu cuci bersih kemudian iris melintang, kemudian tempelkan atau oleskan bagian dalam bawang putih tersebut pada jerawat  yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat atau air dingin, lalu diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian bersihkan dengan air hangat. Ulangi lagi proses tersebut beberapa kali hingga jerawat mengempis. Selain itu Anda juga bisa membuat masker sendiri, bisa dari campuran perasan air jeruk dengan madu yang dioleskan ke muka yang mengalami jerawat, lalu diamkan beberapa saat hingga mengering  kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi beberapa kali hingga jerawat mengempis. Selain itu Anda juga bisa membuat masker jerawat sendiri dari kulit jeruk. Pertama-tama jemur sampai kering kulit jeruk, lalu parut dan kemudian bisa dicampur dengan putih telur atau pisang yang telah dilembutkan kemudian pergunakan sebagai masker dengan mengoleskannya pada kulit yang berjerawat hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat. Juga bisa mempergunakan kunyit, dengan cara parut kunyit yang telah dicuci bersih dan dikupas kemudian pergunakan hasil parutan kunyit tersebut untuk menjadi masker, oleskan parutan kunyit tersebut pada kulit yang mengalami jerawat, lalu diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat yang dicampur tetesan perasan air jeruk. Ulangi prosesnya beberapa kali hingga jerawat mengempis. Perlu diperhatikan bahwa sebelum mengoleskan masker maka bersihkan terlebih dahulu kulit yang mengalami jerawat tersebut, sehingga hasilnya bisa lebih optimal dan jerawat bisa lebih cepat mengempis.

Menghilangkan Jerawat Batu Di Dahi

Jerawat batu bisa muncul pada wajah akibat hormon atau kurangnya kebersihan sekitar wajah Anda. Semakin Anda tidak bisa menjaga kebersihan wajah akan membuat jerawat semakin banyak dan parah pada wajah. Selain itu jerawat batu juga bisa muncul akibat pemakaian kosmetik yang mengandung minyak, stres, alergi makanan, dan lain-lain.

Apabila jerawat sudah muncul di sekitar wajah Anda, cara menghilangkan jerawat batu di dahi dibutuhkan ketekunan dan juga memperhatikan kebersihannya. Di antara cara yang bisa Anda lakukan agar proses penyembuhan bisa lebih cepat adalah:

  1. Usahakan tidak menekan, memijat, bahkan memencet jerawat di dahi Anda. Biasanya ketika jerawat dibiarkan namun kebersihannya lebih diperhatikan, dalam waktu 3 s/d 7 hari kondisinya akan lebih membaik.
  2. Apabila jerawat batu pada dahi mau dihilangkan maka sebaiknya tunggulah beberapa hari sampai terlihat bintik putih. Bintik putih ini adalah nanah yang sudah bisa dikeluarkan dari dahi Anda.
  3. Bersihkan tangan Anda dengan sabun dan air hangat sebelum menyentuh jerawat. Jika pada saat hendak mengeluarkan nanah menggunakan jarum sebaiknya sterilkan hingga benar-benar bersih dan menggunakan air alkohol.
  4. Setelah jarum bersih barulah jarum digunakan untuk menusuk jerawat untuk mengeluarkan nanah pada dahi. Apabila nanah sudah keluar kemudian bersihkan kulit namun apabila nanah masih belum bisa dikeluarkan jangan pernah dipaksakan. Anda cukup mengoleskan salep yang mengandung antibiotik atau alkohol pada dahi yang ada jerawat batunya. Jika Anda memaksakan mengeluarkan nanah akan berakibat kulit menjadi lebih meradang.
  5. Bersihkan satu sampai dua kali dalam satu hari bagian sekitar wajah Anda. Pilihlah kosmetik atau sabun yang sesuai dengan jenis wajah Anda.
  6. Hindari membersihkan wajah dengan menggunakan bahan menggandung minyak. Sebaiknya gunakan produk yang mempunyai kandungan benzoyl peroxide ataupun salicylic acid.
  7. Mengobati jerawat bisa juga dengan cara menghilangkan jerawat batu di dahi menggunakan bahan-bahan alami. Zaman dahulu biasanya lebih menggunakan obat tradisional baik jamu ataupun bahan-bahan alami lainnya seperti putih telur, kunyit, bawang putih, madu, bedak dingin, dan lain-lain.

Obat tradisional dirasakan khasiatnya sehingga sampai sekarang masih banyak yang menggunakannya. Perawatan dan pengobatannya harus secara rutin dilakukan. Dibutuhkan kesabaran karena membutuhkan waktu dan tergantung parah tidaknya jerawat batu pada dahi Anda.

  • Apabila perawatan yang sudah dilakukan masih belum memberikan hasil yang maksimal akan kesembuhan jerawat batu Anda, cobalah untuk mengunjungi dokter kulit. Agar bisa lebih detil mengetahui kondisi kulit wajah Anda dan tingkat keparahan jerawat batu Anda.

Biasanya dokter setelah memeriksa jerawat batu di dahi akan memberikan obat dan gel atau khusus.

  • Perawatan kulit lainnya pun bisa Anda lakukan seperti laser untuk lebih mempercepat kesembuhan jerawat batu. Ada baiknya Anda mengunjungi klinik kecantikan yang sudah terpercaya dan ada dokter yang bisa memberikan saran dan masukan. Ini sangat penting untuk mempercepat kesembuhan jerawat batu di dahi Anda.

Anda bisa menggunakan cara menghilangkan jerawat batu di dahi dengan menggunakan cara di atas. Jangan sampai nanah yang sudah keluar mengenai wajah Anda yang lainnya karena bisa jadi akan membuat munculnya jerawat batu. Sebelum jerawat batu muncul pada bagian tubuh lainnya maka sebaiknya Anda sedini mungkin mencegah terjadinya jerawat tersebut. Bukankan mencegah sedini mungkin jauh lebih baik daripada mengobati.

Menghilangkan Jerawat Batu Di Hidung

Jerawat batu muncul pada wajah akibat dari peradangan karena telah terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah Anda. Apabila jerawat batu yang muncul pada hidung Anda tidak dibersihkan dan diobati sedini mungkin akibatnya akan meninggalkan bekas. Hidung menjadi terlihat kurang menarik karena meninggalkan bekas jerawat batu. Berbagai cara menghilangkan jerawat batu di hidung bisa dicoba mulai dari cara tradisional sampai dengan medis dan perawatan kecantikan.

Jerawat batu ini, akan terasa gatal dan sakit di mana kulit akan terlihat kemerahan terutama di sekitar hidung. Jerawat batu atau cystic acne merupakan jerawat yang paling menimbulkan masalah serius jika tidak dirawat dengan baik. Anda sebaiknya mengetahui cara menghilangkan jerawat batu di hidung agar rasa percaya diri lebih meningkat.

Munculnya jerawat apabila tidak ditangani dengan baik bisa membuat wajah terlihat kurang menarik.  Ada baiknya Anda pun harus mengetahui cara menghilangkannya agar hidung terlihat lebih halus dan menarik. Apabila Anda tidak mengetahui cara mengobatinya bisa jadi malah akan membuat kondisi wajah menjadi kemerahan dan kasar.

Apa saja yang menjadi penyebab munculnya jerawat batu pada hidung Anda dan bagaimana cara pencegahan dan menghilangkannya. Di bawah ini akan dibahas lebih detail sehingga ini bisa menjadi pelajaran begitu pentingnya merawat wajah Anda dengan sebaik-baiknya.

  1. Genetik

Genetik bisa berpengaruh munculnya jerawat batu, Anda perlu mengetahui kondisi kulit wajah orang tua. Apabila memiliki kulit berminyak dan mengalami jerawat batu bisa jadi jerawat batu pada hidung Anda adalah faktor genetik. Rajinlah membersihkan wajah Anda baik dari debu ataupun pada minyak yang berlebih pada wajah. Ini akan sangat membantu untuk mengurangi dan cara menghilangkan jerawat batu di hidung Anda.

  • Hormonal

Pada masa puber biasanya pada remaja, hormon androgen akan lebih lebih banyak sehingga memicu jerawat batu. Tidak hanya itu pada masa menstruasi pun ikut berpengaruh munculnya jerawat batu. Ini semua terjadi karena ketidakseimbangan hormon pada tubuh Anda.

  • Kosmetik

Pemakaian kosmetik yang digunakan seharian harus diwaspadai apalagi jika menggunakan kosmetik yang berlebihan. Apabila Anda tidak membersihkan wajah akan menjadi pemicu munculnya jerawat batu.

Pori-pori wajah menjadi tersumbat belum lagi apabila kulit mu tergolong sensitif. Usahakan untuk menghindari penggunaan kosmetik yang berbahan minyak pada kulit wajah untuk kesehatan wajah. Lebih baik menggunakan kosmetik yang lebih berbahan air. Gunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda agar hasil yang diharapkan dari penggunaan kosmetik bisa sesuai harapan.  Wajah bersih, mulus dan lebih bercahaya.

  • Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat akan menjadi pemicu tumbuhnya jerawat pada hidung Anda. Gaya hidup seperti kurang istirahat, kurang mengkonsumsi air putih, banyak makan makanan berminyak, merokok, dan lain-lain. Cobalah dari sekarang perbaiki gaya hidup Anda dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat juga disertai dengan berolahraga secara rutin.

Gaya hidup ini harus Anda perhatikan dengan baik agar kondisi tubuh Anda pun sehat. Saat Anda menyentuh wajah Anda maka tangan harus bersih jangan sampai saat tangan kotor Anda mengusap atau menggaruk wajah. Ini akan membuat jerawat batu menjadi lebih mudah tumbuh pada hidung Anda. Kebersihan jangan sampai Anda abaikan karena ini bisa menjadi cara menghilangkan jerawat batu di hidung Anda yang paling mudah.

Menghilangkan Jerawat Batu Di Pipi

Jerawat pada umumnya terjadi pada usia-usia remaja meski saat ini tidak sedikit orang dewasa pun mengalami masalah serius. Penyakit ini meski bukan penyakit yang berbahaya, namun akan mengakibatkan rasa kurang percaya diri pada seseorang terutama jika muncul di sekitar pipi. Jerawat pun berbeda-beda jenisnya sehingga penanganannya pun tidaklah sama. Salah satu jerawat yang membutuhkan penanganan serius adalah jerawat batu sehingga cara menghilangkan jerawat batu di pipi pun harus lebih maksimal.

Letak dan posisi munculnya jerawat batu pun bisa berbeda-beda, seperti pada:

  1. Pipi
  2. Dagu
  3. Hidung
  4. Leher
  5. Dada
  6. Bahu
  7. Punggung bagian atas, dan lain-lain.

Anda pun akan melihat ukuran jerawat batu biasanya terlihat lebih besar daripada jenis jerawat lainnya. Tidak hanya itu jerawat batu terasa lebih sakit jika muncul di sekitar pipi Anda. Agar jerawat lebih cepat sembuh dan wajah terlihat lebih mulus cobalah cara menghilangkan jerawat batu di pipi, seperti yang ada di bawah ini:

  • Tomat

Tomat sangat mudah didapatkan di dapur biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Rupanya selain itu tomat mengandung manfaat luar biasa untuk wajah. Kandungan vitamin yang terdapat pada tomat yaitu A, B1, C, dan belerang ikut membantu mengurangi peradangan pada wajah Anda.  Cukup dengan satu tomat segar yang sudah matang Anda gosokkan perlahan-lahan di sekitar pipi. Setelah digosokkan pada pipi biarkan sekitar 15 menit baru dibilas dengan air hangat.

  • Kentang

Kentang tidak hanya sebagai sayuran, namun kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang bisa menjadi alternatif mengobati jerawat batu pada pipi. Anda bisa membuatnya dalam bentuk masker kentang yang kemudian diolesi pada pipi yang muncul jerawat batu. Biarkan sampai mengering sekitar 15 menit dan bilas dengan air bersih. Kandungan mineral yang terdapat pada kentang bisa berfungsi antibiotik sehingga peradangan yang terjadi pada pipi bisa berkurang jika rajin menggunakan masker kentang.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis pun bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu di pipi. Bahan alami yang satu ini sangat mudah ditemui pada dapur Anda karena umumnya menjadi salah satu bahan yang selalu tersedia. Kandungan jeruk nipis sangat baik untuk wajah Anda seperti menghilangkan jerawat batu di pipi.

Tidak hanya mengurangi peradangan akibat jerawat namun bisa membuat pori-pori menjadi lebih kecil sehingga wajah terlihat lebih halus. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup dengan perasan jeruk nipis yang kemudian ditempelkan pada pipi dengan menggunakan kapas wajah atau kain tipis. Biarkan hingga mengering kemudian dicuci dengan air.

  • Es Batu

Di saat wajah Anda muncul jerawat batu di sekitar pipi selain sakit biasanya akan terlihat bengkak. Nah, cobalah gunakan es batu agar jerawat batu Anda berkurang bengkaknya. Carilah es batu kecil pada kulkas dan bungkus dengan tisu lalu Anda kompres pada pipi yang mengalami peradangan. Lakukan berulang-ulang sampai es batu habis.

Cara menghilangkan jerawat batu di pipi, bisa Anda gunakan secara rutin dan berulang-ulang. Pilihlah bahan alami yang paling mudah Anda peroleh di dapur sehingga bisa digunakan berulang-ulang sampai jerawat batu di pipi sembuh. Jangan biarkan jerawat batu pada pipi Anda semakin banyak dan parah. Mulai dari sekarang rawatlah wajah dengan baik terutama kebersihan sekitar pipi Anda.

Cara Mengeluarkan Isi Jerawat Batu

Keindahan wajah akan selalu menjadi dambaan setiap orang tidak terkecuali untuk wanita yang lebih memerhatikan penampilan. Penampilan dan keindahan wajah juga kebersihannya menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang melihat Anda. Banyak orang demi mendapatkan wajah yang indah dan bercahaya mengunjungi dokter kulit atau ahli kecantikan. Bagaimana jika wajah Anda sampai muncul jerawat batu? Bagaimana cara mengeluarkan isi jerawat batu namun keindahan kulit tetap terjaga.

Ini akan menjadi permasalahan tersendiri terutama jika jerawat batu Anda sudah cukup parah. Penggunaan obat tradisional dan pengunaan bahan-bahan alami lainnya di sekitar Anda sudah dilakukan. Namun, belum menunjukan perubahan pada wajah Anda. Sebaiknya jangan pernah tunda lagi mengobati jerawat batu pada wajah Anda. Semakin lama Anda mengobatinya bisa berakibat fatal pada keindahan wajah dan Anda pun akan merasakan kesakitan akibat jerawat semakin parah.

Anda bisa mengeluarkan jerawat batu pada wajah Anda namun ini akan lebih berisiko apabila dilakukan sendiri. Apabila kebersihan dan penanganannya kurang baik bisa jadi jerawat batu akan bertambah parah dan wajah Anda bisa sakit berkepanjangan. Ada baiknya Anda pun mengetahui cara mengeluarkan isi jerawat batu yang kurang sesuai, di antaranya adalah:

  • Menggunakan Jarum

Jarum bisa menjadi cara termudah untuk bisa mengeluarkan jerawat batu Anda namun berhati-hatilah menggunakan jarum. Jarum yang tidak bersih dan salah menusuk jerawat batu atau Anda memaksakan agar jerawat batu Anda bisa dikeluarkan bisa berakibat fatal.

Wajah Anda bisa semakin bengkak dan semakin terasa sakit akibat  tusukan jarum tersebut. Jadi jangan pernah mencoba cara ini karena justru wajah akan semakin parah dan jerawat batu tidak kunjung sembuh. Sehingga cara ini dianggap tidak efektif untuk Anda lakukan.

  • Pasta Gigi

Pasta gigi diyakini bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat batu. Walaupun pada kenyataannya bisa membuat wajah menjadi kering, kulit bisa terbakar akibat kadar mint. Jadi jangan pernah mencobanya karena justru bisa lebih memperparah wajah Anda.

Cara mengeluarkan isi jerawat batu yang lebih efektif, bisa dengan mengunjungi dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan yang sudah terpercaya. Terapi yang biasanya dilakukan untuk menangani jerawat batu adalah:

  1. Mengeluarkan komedo menggunakan alat khusus baik mengeluarkan komedo putih ataupun yang sudah berwarna hitam. Kekurangan dari terapi ini adalah wajah Anda akan terlihat jaringan parut yang akan mengurangi keindahan kulit.
  2. Memberikan suntikan kortikosteroid pada jerawat batu. Fungsinya adalah agar jerawat batu lebih berkurang sakit dan mengurangi timbulnya peradangan pada wajah Anda.
  3. Peeling atau terapi pengelupasan kulit dengan menggunakan bantuan bahan kimia. Terapi ini akan memberikan hasil yang maksimal apabila dilakukan beberapa kali. Agar bisa memberikan keindahan pada wajah Anda. Wajah akan terlihat lebih halus dan bersinar meskipun jangan sampai Anda terlalu sering melakukannya.
  4. Terapi sinar laser bisa menjadi salah satu penanganan yang bisa Anda lakukan untuk mengobati jerawat batu. Terapi akan dilakukan setelah melewati pemeriksaan kondisi jerawat batu Anda selama ini.

Maka penanganan cara mengeluarkan isi jerawat batu dengan cara di atas bisa lebih maksimal karena ditangani oleh pihak yang sudah berkompeten dan berpengalaman di bidangnya. Hindari menangani jerawat Anda apabila belum menunjukkan hasil yang lebih baik. Dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit akan lebih memberikan masukan pada Anda. Penanganan selanjutnya dari dokter spesialis akan membantu kesembuhan jerawat batu Anda.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu

Jerawat ialah terjadinya ketidakseimbangan pada kulit diakibatkan oleh produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang terlalu berlebihan. Akibatnya adalah terjadinya sumbatan pada pori-pori kulit dan folikel rambut. Salah satu jenis jerawat yang sangat mengganggu adalah jerawat batu (cystic acne). Jerawat ini menimbulkan rasa sakit, gatal, meradang, dan umumnya ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Seringkali setelah sembuh dari jerawat tak jarang jerawat batu meninggalkan bekas di wajah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat batu yang tepat tanpa harus banyak menguras kantong Anda.

Namun tidak usah khawatir, menghilangkan  bekas jerawat batu bisa dilakukan dengan bahan alami, dan bahan yang digunakanpun tergolong aman dan mudah didapat. Perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat  batu dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Dari segi waktu dan cara penggunaannya pun lebih efisien sehingga jauh memberikan kemudahan pada Anda. Berikut ini ada 4 cara yang bisa dicoba untuk dapat menghilangkan bekas jerawat batu secara alami dan aman.

1. Lidah Buaya

Selain digunakan untuk perawatan rambut, ternyata kandungan antioksidan, mineral, vitamin C, dan E dalam lidah buaya bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat batu dengan cepat. Caranya cukup mudah, yaitu oleskan gel lidah buaya secara merata pada kulit wajah, lalu diamkan kira-kira selama 15 menit atau sampai mengering. Setelah itu basuh wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin tiap malam untuk hasil yang maksimal.

2. Kentang

Selain digunakan sebagai bahan makanan sehari-hari. Kentang ternyata bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan, dan ini menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat batu dan flek hitam. Caranya, kupas 1 buah kentang dan potong tipis-tipis. Kemudian tempelkan potongan tipis tersebut pada area bekas jerawat batu. Diamkan selama 10 menit. Terakhir cuci wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

3. Bengkuang

Selain membuat wajah menjadi putih dan segar ternyata enzim yang terdapat  pada sari bengkuang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan memutihkan kulit. Selain itu, senyawa beta karoten dan vitamin A berfungsi sebagai anti oksidan. Cara penggunaan bengkuang untuk menghilangkan bekas jerawat pun sangat mudah, yaitu blender buah bengkuang, lalu oleskan secara merata pada wajah, diamkan kurang lebih sekitar 15 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih. Dari zaman dahulu cara menghilangkan bekas jerawat batu ini bahkan sudah biasa digunakan dan terbukti mujarab.

4. Tomat

Tomat adalah jenis sayuran yang sering digunakan dalam masakan. Tomat kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kulit. Selain dapat mengencangkan kulit, tomat juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya, iris tomat tipis-tipis, lalu tempelkan secara merata irisan tomat tersebut pada area bekas jerawat. Resapi dan tekan perlahan hingga cairan air tomat membasahi wajah Anda. Diamkan sekitar 10-15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.

Demikianlah beberapa cara alami dan aman yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat batu Anda. Perlu diingat bahwa hasilnya tidak akan langsung terlihat dalam satu kali pemakaian. Oleh karena itu, cara menghilangkan bekas jerawat batu di atas disarankan untuk dilakukan secara rutin.

Obat Jerawat Batu Paling Mujarab Dengan Bahan Alami

Teknologi yang semakin canggih dan berkembang dari masa ke masa memberikan perubahan yang signifikan. Di dunia kedokteran dan kecantikan memberikan kemudahan pada pasien untuk perawatan dan penanganan jerawat yang membandel. Meskipun demikian obat tradisional sepertinya masih tetap mendapat tempat di hati masyarakat apalagi karena sudah biasa digunakan secara turun temurun. Di bawah ini ada rekomendasi obat jerawat batu paling ampuh yang sampai saat ini dipercaya bisa mengobati jerawat yang muncul pada wajah Anda.

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dari dahulu sudah biasa digunakan sebagai obat untuk mengobati jerawat batu. Manfaat yang diberikan jeruk nipis mampu untuk secara perlahan-lahan menghilangkan jerawat batu pada wajah Anda. Cara penggunan adalah siapkan jeruk nipis secukupnya, 2 s/d 3 buah, lalu belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian peras dengan menggunakan saringan. Setelah itu, oleskan air perasan jeruk nipis tadi ke wajah. Biarkan sekitar 10 menit. Baru setelah itu wajah dibersihkan menggunakan air hangat.

2. Putih Telur

Enzim lusozim yang terdapat pada putih telur mampu  menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat, mengecilkan pori-pori kulit, dan mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Caranya cukup mudah, yaitu ambil bagian putih telurnya saja, kocok putih telur hingga mengembang, setelah itu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat. Untuk hasil maksimal lakukan terapi ini secara rutin selama 3 kali dalam seminggu. Putih telur menjadi rekomendasi obat jerawat batu paling ampuh yang sampai sekarang masih biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Madu Murni

Madu sangat ampuh dalam menghilangkan berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah untuk mengobati jerawat batu. Madu mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat . Caranya gunakan madu murni sebagai masker dan oleskan pada wajah yang berjerawat. Terakhir bilas wajah dengan air hangat. Gunakan secara teratur setidaknya 2-3 kali seminggu.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Dari kandungan antioksidan dan vitamin E menjadi nutrisi terbaik untuk kulit Anda sehingga regenerasi kulit terus terpelihara dengan baik. Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat cobalah menggunakan minyak zaitun sebagai rekomendasi obat jerawat batu paling ampuh.

Harga minyak zaitun tergolong murah, Anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Khasiat minyak zaitun sangat banyak dan bisa untuk mengobati berbagai penyakit kulit lainnya. Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang muncul jerawat batu. Biarkan sekitar 15 menit baru dibilas menggunakan air.

5. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mengobati jerawat batu. Caranya siapkan bawang putih secukupnya, kupas kulitnya, lalu tumbuk halus, setelah itu letakan tumbukan halus tersebut pada area wajah yang berjerawat, diamkan selama 10 menit, kemudian cuci muka dengan air bersih. Saat menggunakan bawah putih di sekitar wajah Anda sebaiknya jangan terlalu lama. Bawang putih yang panas apabila terlalu lama digunakan bisa membuat wajah menjadi melepuh. Jadi sebaiknya gunakan seperlunya dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Obat tradisional di atas dengan bahan alami bisa menjadi rekomendasi obat jerawat batu paling ampuh yang bisa Anda gunakan secara rutin. Gunakan secara maksimal dan berkelanjutan agar wajah bersih sehingga Anda lebih percaya diri.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara mengempeskan jerawat batu. Selamat mencobanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here