Cara Menghaluskan Kulit Wajah Tanpa Mengeluarkan Banyak Biaya

0
297

Iritasi kulit, tingkat kelembaban udara dan faktor usia menjadi salah satu penyebab kulit wajah menjadi kering dan terasa kasar saat disentuh. Hal ini akan cukup mengganggu karena kulit kasar pada wajah lebih mudah terlihat. Lakukan perawatan yang tepat untuk mengatasi kulit yang kering dan kasar. Berikut ini beberapa cara menghaluskan kulit wajah paling ampuh menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Menggunakan scrub gula dan kopi

Jika mendengar gula dan kopi, mungkin Anda akan terbayang untuk membuat secangkir kopi hangat. Tidak banyak yang mengetahui, gabungan dari kedua bahan ini dapat dibuat sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Buatlah pasta dengan menggunakan 2 sdm bubuk kopi dan 1 sdm gula pasir yang dilarutkan ke dalam air. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan srcub agar scrub dapat meresap dengan sempurna ke permukaan kulit. Gosokkan scrub dengan halus ke permukaan kulit dan terus ulangi selama 1 menit. Bilas menggunakan air mengalir setelah selesai. Sel kulit mati yang terangkat akan membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan juga bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk menjaga kulit wajah lebih sehat dan halus.

Menggunakan masker tomat

Tomat memiliki kandungan Vitamin E dan lycopene yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo, merawat kulit dan mengatasi masalah kulit wajah yang diakibatkan radikal bebas. Tomat biasanya juga digunakan sebagai masker untuk mengatasi belang di kulit tangan. Belah satu buah tomat menjadi dua bagian untuk dibuat masker. Taburkan sedikit bubuk kopi di atas potongan tomat, kemudian gosokkan ke bagian wajah selama beberapa detik. Hindari bagian hidung dan mata saat mengaplikasikan masker. Bilas dengan air hangat setelah dirasa cukup. Perawatan ini dapat dilakukan secara rutin tiga kali seminggu untuk membantu mengatasi kulit wajah yang kasar.

Menggunakan masker pisang dan yoghurt

Pisang termasuk jenis buah-buahan yang mudah ditemukan. Kandungan potasium yang terdapat di dalam buah pisang memiliki manfaat untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang tertinggal pada kulit wajah, mengencangkan kulit dan mengusir jerawat yang menempel. Buah pisang juga dapat membantu kulit wajah menjadi lebih bersih bersinar. Ambil buah pisang secukupnya, lalu hancurkan dan campurkan dengan yoghurt. Kedua bahan ini harus dicampurkan dalam perbandingan jumlah yang sama. Oleskan masker secara merata di kulit wajah dan diamkan hingga terasa kering (kurang lebih 30 menit). Bilas wajah dengan air dingin lalu keringkan.

Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki manfaat anti bakteri yang dapat bekerja untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan juga mengurangi bekas luka pada kulit wajah. Komedo dan jerawat merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kulit menjadi kasar. Oleh karena itu, jika ingin memiliki kulit yang halus Anda harus mengatasi komedo dan jerawat yang ada pada wajah terlebih dahulu. Oleskan tree tea oil secara langsung dengan menggunakan kapas. Jika merasa minyak ini terlalu keras untuk dioleskan secara langsung, Anda dapat mencampurkannya dengan masker lidah buaya. Selain itu Anda dapat mencampurkan lima tetes minyak pohon teh dengan seperempat yoghurt tawar. Gunakan masker tersebut secara merata ke seluruh bagian kulit wajah lalu bilas menggunakan air hangat setelah didiamkan beberapa saat. Tree tea oil tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif karena dapat menyebabkan alergi. Sebaiknya lakukan tes alergi pada kulit wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan produk atau masker yang mengandung tree tea oil.

Menggunakan masker kunyit

Sejak kecil, Anda mungkin sudah mengenal kunyit sebagai salah satu tanaman apotek hidup yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kunyit dapat mengatasi kulit wajah yang kasar dengan cara dibuat masker. Haluskan kunyit terlebih dahulu hingga mencapai satu sendok makan. Setelah itu, campurkan dengan susu dan oleskan ke seluruh kulit wajah. Selain dicampur dengan susu, Anda juga dapat mencampurkan dua sendok teh kunyit dengan dua sendok teh bubuk cendana. Tambahkan sedikit air mawar dan aduk hingga merata. Campuran ketiga bahan ini mampu mengatasi kulit kering yang menjadi penyebab wajah menjadi kasar. Setelah kering, bilas wajah dengan menggunakan air mengalir. Menggunakan perawatan ini secara rutin dapat membantu kulit menjadi lebih halus dan juga terhindar dari belang.

Menggunakan masker pepaya dan minyak zaitun

Vitamin A dan enzim yang terkandung dalam buah pepaya memiliki manfaat untuk merawat kulit wajah dan tubuh menjadi lebih sehat. Vitamin A bekerja untuk melawan radikal bebas pada kulit wajah. Sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit wajah kemudian akan terangkat dengan kandungan enzim papain buah pepaya. Siapkan satu cangkir daging buah pepaya yang sudah matang dan hancurkan hingga lembut. Campurkan minyak zaitun atau madu agar campuran tersebut menjadi pasta. Oleskan masker secara merata sambil memijat wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 30 menit dan bilas. Selain membuat wajah menjadi lebih halus, masker buah pepaya juga memiliki manfaat untuk menyamarkan flek hitam akibat paparan sinar matahari. Jika ingin membuat wajah menjadi lebih cerah, Anda dapat menggunakan masker pepaya yang sudah dicampur dengan air lemon.

Kulit wajah yang kasar umumnya disebabkan karena kondisi kulit yang terlalu kering. Biasanya akan muncul bintik-bintik dan juga efek mengelupas pada kulit yang kering. Hal ini dapat menyebabkan munculnya rasa tidak percaya diri karena kulit kasar pada wajah mudah sekali terlihat. Iritasi yang disebabkan oleh bahan-bahan tertentu yang terdapat dalam produk make up yang digunakan sehari-hari dapat menjadi salah satu faktor. Anda dapat langsung menghentikan penggunaan produk make up tertentu jika memang memberikan dampak negatif bagi wajah. Kebiasaan yang salah seperti menggosok wajah terlalu keras juga dapat menimbulkan hal yang sama. Gesekan keras pada permukaan kulit dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembaban sehingga menjadi lebih kasar. Oleh karena itu, hindari menggosok wajah terlalu keras terutama saat membersihkan wajah. Cukup lakukan pemijatan yang halus agar facial wash yang digunakan dapat mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada wajah terangkat seluruhnya.

Semakin bertambahnya usia, kulit akan semakin tipis dan kering. Tidak heran jika mereka yang berusia di atas 40 tahun memiliki kulit yang lebih kasar dibanding mereka yang berusia belasan. Hal ini masih bisa ditanggulangi dengan melakukan perawatan yang tepat. Semakin bertambah usia, maka semakin ekstra pula perawatan yang harus dilakukan. Tidak harus datang ke klinik kecantikan dan menghabiskan banyak biaya, cukup gunakan bahan-bahan alami yang jauh lebih terjangkau. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan agar kulit mendapatkan nutrisi yang tepat dari dalam. cara menghaluskan kulit wajahsecara alami membantu Anda memiliki kulit halus bersinar tanpa mengeluarkan banyak biaya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here