Cara Perawatan Kulit Wajah Yang Tepat Sejak Dini

0
86
Cara Perawatan Kulit Wajah Yang Tepat Sejak Dini

Cara perawatan kulit wajah yang benar membantu Anda memiliki kulit cantik bersinar dan terhindar dari penuaan dini. Semua wanita tentu ingin memiliki kulit yang cantik dan terlihat awet muda bahkan ketika usianya sudah tidak muda lagi. Tidak banyak disadari, konsistensi dan kerja keras merawat wajah di usia 20-an memberikan dampak pada sehat dan segarnya kulit wajah di usia lanjut. 

Pentingnya merawat kulit sejak dini

Saat berada di usia 20-an, mungkin sebagian dari Anda belum berpikiran jika apa yang dilakukan pada saat itu akan sangat mempengaruhi kesehatan kulit ketika menginjak usia lanjut. Pada usia 20-an kulit memang masih sangat segar dan kencang secara natural. Tidak perlu melakukan banyak effort, Anda akan tetap terlihat cantik meskipun tidak rutin merawat kulit wajah. Produk kecantikan yang banyak digunakan pada usia tersebut biasanya adalah penghilang jerawat, pencerah dan make up lucu berwarna-warni. 

Penuaan dini merupakan salah satu masalah besar yang dialami banyak wanita. Ada beberapa faktor yang melandasinya seperti tidak melakukan perawatan secara benar, mengkonsumsi makanan tidak bernutrisi, kurang tidur, stres dan paparan sinar matahari berlebih. 

Ekspos/paparan sinar matahari menjadi faktor paling berpengaruh pada terjadinya proses penuaan dini. Berkurangnya elastisitas kulit, munculnya bintik hitam dan kerutan merupakan salah satu dampak dari paparan sinar matahari berlebih. Menurut penelitian, hampir 70% proses penuaan dini tergantung pada seberapa seringnya kulit terpapar sinar matahari. Itu berarti, semakin sering terpapar sinar matahari menyebabkan persentase angka penuaan dini menjadi semakin besar. 

Faktor selanjutnya yaitu kurangnya konsumsi makanan bernutrisi juga turut menjadi faktor yang cukup berpengaruh. Di usia 20-an mungkin Anda sedang senang-senangnya mengkonsumsi junk food. Seperti kita lihat saat ini, cukup jarang sekali anak muda yang peduli dengan pola makan sehat. Terlebih saat ia lebih banyak tinggal sendirian. Kulit wajah perlu mendapatkan asupan nutrisi yang berasal dari sayur dan buah-buahan. Makanan tersebut mengandung antioksidan yang berperan untuk menjaga kelembaban kulit dan memperlambat proses penuaan dini. Saat kekurangan nutrisi, kulit wajah akan terlihat mengkerut dan kering. Hal ini juga menyebabkan timbulnya efek jangka panjang kulit saat menginjak usia lanjut. 

Mereka yang  berada pada usia 20-an umumnya memiliki waktu tidur yang sangat kurang. Kebanyakan dari mereka hanya tidur antara 4-5 jam per harinya. Aktifitas yang padat sehari-hari menyebabkan kurangnya waktu istirahat. Padahal waktu tidur minimal yang dibutuhkan orang dewasa adalah 6-8 jam per hari. Kurangnya waktu tidur menyebabkan hormon pertumbuhan pengganti jaringan kulit tidak bekerja secara maksimal sehingga kulit tampak tua dan kusam. Terlalu sering berada pada situasi stres juga menyebabkan percepatan proses penuaan dini. Ketika stres tubuh akan memproduksi hormon cortisol dan adrenalin yang mempercepat proses penuaan dini. 

Merawat kulit sejak dini merupakan hal yang sangat penting. Jangan menunggu hingga usia lanjut baru Anda melakukan berbagai upaya untuk memiliki kulit sehat. Rawatlah kulit secara konsisten sejak berada di usia 20-an. Penuhi konsumsi air putih sebanyak 2 liter perhari, olahraga selama 5 hari dalam satu minggu dan berusaha untuk memiliki waktu istirahat yang cukup merupakan kuncinya. Bila perlu, Anda dapat menggunakan produk anti aging untuk mencegah munculnya flek hitam, pori-pori membesar, kulit kusam dan kering serta berbagai tanda-tanda penuaan dini lainnya. 

Langkah perawatan yang tepat   

Selain banyak mengkonsumsi air putih dan makanan bernutrisi serta olahraga secara rutin, Anda juga perlu melakukan langkah perawatan yang tepat. Setelah lelah beraktifitas seharian dan merasa lelah, seringkali Anda langsung tertidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Padahal menurut peneliti dari Universitas California, sel kulit akan bertumbuh dengan cepat saat seseorang tertidur. Perawatan kulit pada malam hari memiliki tujuan untuk memperbaiki kerusakan sel-sel kulit yang diakibatkan oleh radiasi sinar matahari, debu, polusi dan stres berlebih. Rutinitas membersihkan wajah dan menggunakan skincare pada malam hari pun menjadi sangat penting. Berikut ini beberapa langkah perawatan wajah yang tepat pada malam hari:

  1. Exfoliate, menjadi langkah pertama yang harus dilakukan. Exfoliate merupakan upaya membersihkan sisa make up yang menempel pada kulit wajah. Langkah ini memiliki fungsi untuk mempreteli sisa-sisa kotoran dan sel kulit mati sehingga kerja sabun pembersih untuk menembus lapisan kulit menjadi semakin mudah. Cukup lakukan Exfoliate satu kali dalam seminggu secara rutin untuk memberikan upaya cuci muka yang efisien. 
  2. Mencuci wajah. 

Lakukanlah upaya mencuci wajah yang benar dengan menargetkan masalah kulit secara spesifik. Jika memiliki jenis kulit yang kering dan sensitif, maka pilihlah sabun pencuci wajah yang tidak berbusa dan creamy. Dapatkan hasil yang maksimal dengan mencuci wajah menggunakan air hangat. Meski membuat kering, air hangat terbukti sangat efektif untuk membantu merontokkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit wajah. 

  • Menggunakan skin toner

Toner wajah merupakan cairan berbasis air yang memiliki konsistensi seperti cuka dan mampu mengatasi masalah-masalah tertentu pada wajah. Tidak hanya menghilangkan sisa make up dan kotoran, toner bekerja untuk menenangkan, menghaluskan, mengurangi noda, memperbaiki serta meminimalkan peradangan kulit. Usap wajah menggunakan kapas yang sudah dibasahi toner untuk memberikan hasil optimal. 

  • Mengaplikasikan masker wajah

Setelah memastikan wajah benar-benar bersih dari kotoran-kotoran yang menempel, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengaplikasikan masker wajah. Setiap masker menargetkan kebutuhan berbeda seperti untuk mengecilkan pori-pori atau menghilangkan kerutan. Beberapa masker bahkan mengandung aroma terapi yang menenangkan untuk membantu Anda tidur dengan nyenyak. 

  • Menggunakan serum wajah

Setelah melepas atau membasuh masker wajah, tepuk lembut wajah dengan lap kering lalu gunakan serum. Serum wajah biasanya terdiri dari bahan aktif yang berasal dari vitamin dan antioksidan dengan menargetkan masalah-masalah pada wajah secara spesifik, misalnya untuk mencerahkan dan mendorong regenerasi kulit. Bahan aktif yang terkandung mampu menembus bagian terdalam kulit dengan lebih cepat dan efisien dibanding menggunakan pelembab biasa. 

Oleskan serum ke seluruh bagian wajah secara merata dengan menghindari area sekitar hidung, mata dan sudut mulut. Biarkan bahan aktifnya menempel dan meresap ke dalam kulit lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. 

  • Menggunakan krim mata dan krim malam

Krim mata bekerja untuk menghidrasi kulit di sekitar mata dengan tekstur yang lebih ringan dibanding pelembab wajah. Diformulasikan dengan kafein, krim mata bekerja untuk meningkatkan kadar air, menghilangkan bengkak, mencegah keriput serta menghilangkan niasinamid

Dan terakhir, barulah Anda mengaplikasikan krim malam. Sangat disarankan untuk memilih produk skincare rutin yang mengandung peptida, antioksidan, vitamin C dan vitamin A. Kandungan-kandungan tersebut memiliki fungsi untuk memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi pada siang hari. 

Milikilah kulit sehat bersinar yang terhindar dari penuaan dini dengan melakukan cara perawatan kulit wajah yang tepat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here