Cara Perawatan Wajah Alami

0
245

Guna mendapatkan wajah yang cantik alami ternyata tidak harus dengan melakukan perawatan wajah dengan menggunakan aneka produk kosmetik dan perawatan wajah yang bermerk dan berharga mahal. Hal tersebut juga bisa kita dapatkan dengan menggunakan berbagai bahan alami. Simak pembahasan mengenai cara perawatan wajah alami sebagai berikut.

Ciri-ciri Wajah Cantik Alami

Wajah cantik alami itu tidak harus berwarna kulit putih seperti warna kulit ras Caucasian atau wajah orang Korea atau kulit wajah orang Jepang, kulit wajah sawo matang seperti tone warna kulit asli kebanyakan orang Indonesia itu juga bisa tampil cantik alami. Manusia memang kadang tidak menyadari kelebihan dirinya. Orang Indonesia ada yang ingin memiliki kulit putih seperti kulit orang eropa atau Jepang, sedangkan orang Eropa dan juga Jepang justru mendambakan kulit kecoklatan seperti tine warna kulit asli orang Indonesia. Kulit cantik alami itu adalah kulit yang sehat dan bersih dengan tone warna yang sesuai aslinya. Kalaupun putih maka warna putihnya adalah putih merona yang alami, bukan putih pucat. Selain itu ciri lainnya adalah tidak ada jerawat dan komedo, juga tidak ada flek hitam di wajah, kemudian juga tidak terlihat berminyak dan juga tidak kering namun terlihat bersih sehat dan lembap alami, atau glowing berkilau alami.

Tips Merawat Wajah Secara Alami

Guna mendapatkan wajah cantik alami tersebut maka bisa dipergunakan aneka bahan alami berikut ini.

Bersihkan Wajah secara Rutin dengan Benar

Cara membuat wajah cantik alami adalah dengan selalu menjaga kebersihannya. Sisa-sisa kotoran dari debu udara luar, juga berbagai polutan, serta sisa-sisa make up yang dibiarkan hingga semalaman dapat membuat kulit wajah menjadi kusam dan akan menyumbat pori-pori yang pada akhirnya bisa menimbulkan masalah jerawat, serta komedo, dan berbagai masalah kulit lainnya.

Guna membersihkan wajah tersebut dapat menggunakan berbagai sabun alami berikut ini, yakni ada jus ketimun yang dicampur madu atau yoghurt atau susu, atau bisa menggunakan jus lidah buaya yang dicampur dengan minyak essential, atau air beras yang dicampur dengan gliserin, atau air mawar, atau jus pepaya yang dicampur madu atau perasan jeruk lemon sebagai pengganti sabun muka. Cara pemakaiannya juga mudah, cukup usapkan secara merata pada wajah, diamkan sejenak, lalu gosok secara perlahan, kemudian bilas dengan air hangat, lalu ditepuk-tepuk dengan handuk halus agar pori-pori mengecil, kemudian bilas dengan air dingin biasa.

Perawatan Wajah dengan Masker Alami

Berikutnya adalah merawat wajah dengan menggunakan masker alami, yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit.

Masker Alami untuk Kulit berminyak

Bagi kulit jenis yang berminyak maka bisa menggunakan masker pisang dan madu, atau masker putih telur dan madu, atau masker jeruk nipis atau masker lemon, atau masker stroberi. Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni hanya dengan melumatkannya dan lalu mencampurnya, kemudian dioleskan secara merata pada wajah dan leher, kemudian diamkan sejenak hingga mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Masker Alami untuk Kulit Kering

Sedangkan untuk jenis kulit kering maka bisa menggunakan masker dari bahan-bahan alami berikut ini, yakni masker buah alpukat, atau masker mentimun atau masker lidah buaya, atau masker susu, atau masker madu, atau masker minyak zaitun. Caranya mudah juga, cukup dengan dioleskan secara merata pada wajah juga leher, lalu diamkan hingga kering, baru kemudian bisa dibilas hingga bersih dengan menggunakan air.

Masker Alami untuk Kulit Berjerawat

Kemudian untuk kulit yang sedang mengalami masalah jerawat dapat mempergunakan bahan-bahan alami berikut ini sebagai maskernya, yakni ada masker pepaya, atau masker tomat, atau masker lidah buaya, atau dengan menggunakan teh basi sebagai maskernya, atau masker putih telur, atau masker nanas. Caranya adalah dengan membuat buahnya menjadi jus. Kemudian oleskan atau tempelkan pada wajah, kemudian didiamkan hingga mengering lalu dapat dibasuh dengan air hingga menjadi bersih.

Exfoliating Alami

Penumpukan kulit mati pada wajah juga bisa membuat kusam. Oleh karenanya maka diperlukan proses exfoliating agar wajah dapat  menjadi cerah bercahaya alami. Proses exfoliating adalah proses mengelupaskan kulit, yakni untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang tertinggal di kulit. Exfoliating alami bisa dilakukan dengan menggunakan scrubbing yang terbuat dari bahan-bahan alami juga, sebagai scrub alaminya.

Bahan-bahan untuk membuat scrub alami tersebut adalah bahan-bahan alami yang juga bisa dibuat untuk menjadi masker alami yang kemudian ditambahkan atau dicampur dengan aneka scrub alami, berupa bahan alami yang memiliki tekstur kasar seperti gula atau garam atau kopi yang dicampur dengan aneka bahan alami pembuat masker yang sesuai dengan jenis kulit. Sebagai contoh untuk kulit kering maka bisa mempergunakan bahan berupa lidah buaya yang dilumatkan kemudian dicampur dengan gula, dan lain sebagainya. Cara pemakaiannya juga mudah, yakni dengan mengoleskan campuran scrub tersebut pada muka lalu gosok-gosok wajah dengan secara perlahan-lahan selama kurang lebih 15 menit, hingga sel kulit mati bisa diangkat, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Asupan Gizi yang Cukup dan Pola Hidup yang Sehat

Selain melakukan perawatan wajah dari luar maka penting juga untuk melakukan perawatan dari dalam, yakni dengan menjaga pola makan yang sehat dan asupan gizi yang cukup. Selain dari asupan makanan, agar wajah bisa selalu tampak cantik alami dan kulit terjaga kekenyalannya adalah dengan menjaga terpenuhinya air minum setiap harinya sehingga tubuh tidak akan mengalami dehidrasi dan kulit wajah juga bisa kehilangan elastisitas dan kekenyalannya. Dehidrasi atau kekurangan air minum juga akan memicu terjadinya penuaan dini, kulit wajah akan mengalami keriput dengan lebih cepat, timbul garis senyum, pipi bisa turun dan mengendur. Oleh karenanya usahakan untuk selalu minum air putih minimal 8 gelas per hari atau lebih sesuai kebutuhan dan aktivitas juga cuaca, jika terasa haus maka segeralah untuk minum. Rasa haus yang timbul adalah alarm tubuh secara alami, sebagai tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan cairan, dan juga perlu diingat bahwa kebutuhan tubuh akan minimal air putih 2 liter per hari itu jangan digantikan dengan air soda atau minuman lainnya, apalagi alkohol. Selain itu juga selalu jagalah agar memiliki pola hidup yang sehat, yakni dengan menjaga pola makan bergizi dan seimbang juga menjaga pola tidur yang cukup. Kurang tidur bisa membuat kulit wajah menjadi kusam, tidak bercahaya dan juga mudah berkeriput. Usahakan juga supaya tidurnya adalah tidur yang berkualitas. Jika tiap malam dapat tidur dengan lelap maka pada keesokan harinya akan bisa bangun dalam kondisi tubuh dan wajah yang segar, sehat alami. Penting juga untuk menghindari stres, yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon dan yang pada gilirannya akan mempengaruhi kondisi wajah juga.

Demikianlah pembahasan mengenai cara perawatan wajah alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here