Ciri-Ciri Krim Pemutih Wajah Berbahaya Dan Dampaknya Bagi Kesehatan

0
101

Kaum wanita selayaknya memang ingin terlihat cantik dan dipuja-puja. Namun sayangnya di Indonesia tolak ukur kecantikan seorang wanita hanya diukur dari kulit wajah yang putih. Sehingga banyak tidak sedikit dari mereka yang harus menggunakan krim pemutih wajah berbahaya.

Hal tersebutlah yang mendorong maraknya penyebaran krim pemutih wajah berbahaya. Keinginan untuk tampil cantik tersebut nyatanya tanpa disadari sangat membahayakan kesehatan. Salah satu kandungan kimia yang banyak digunakan dalam krim pemutih adalah merkuri.

Zat dalam krim pemutih berbahaya

Tidak mudah memang mengetahui kandungan produk krim pemutih yang dijual di pasaran. Karena tentu saja pihak produsen tidak akan mencantumkan daftar bahan baku yang digunakan, apalagi jika itu berbahaya. Zat kimia yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku krim pemutih wajah berbahaya adalah merkuri dan hydroquinone.

Bahaya merkuri

Merkuri memang sangat ampuh dalam memutihkan kulit wajah, mencerahkan warna kulit, dan menghilangkan noda hitam. Namun merkuri memiliki efek samping yang berbahaya. Penggunaan merkuri yang secara berlebihan akan merusak otak, dan masalah pada ginjal.

Bahaya hydroquinone

Suatu produk yang mengandung hydroquinone tinggi dapat membuat lapisan teratas kulit mengelupas, sehingga mengurangi perlindungan kulit dari radiasi dan infeksi matahari. Hydroquinone juga dapat mendorong proses penuaan dini kulit menjadi lebih cepat. Hydroquinone sebenarnya memang sangat ampuh dan aman mengatasi permasalahan kulit seperti noda, bintik hitam, bahkan stretch mark jika berada dalam pengawasan dosis ketat dokter. Hydroquinone banyak disalah artikan sebagai bahan pemutih, padahal zat logam ini tidak dapat digunakan pada kulit gelap yang ingin lebih putih. Efek samping dari paparan hydroquinone yang panjang dapat meningkatkan terjadinya risiko kanker kulit, katarak, dermatitis, perubahan warna kulit, kerusakan hati, sampai risiko kerusakan ginjal.

Bahan yang harus dihindari dalam krim pemutih

Cara yang paling mudah mengetahui suatu produk pemutih berbahaya atau tidak ada dengan mengetahui bahan baku yang digunakan. Namun seperti yan dijelaskan tidak semua bahan baku dicantumkan dalam produk kemasan. Akan tetapi setidaknya Anda bisa mengetahui zat kimia apa saja yang tidak boleh ada dalam krim pemutih wajah yaitu merkuri, benzenediol, dihydroxbenzene, hydroquinone, bezoquinol, tequino, aida, benzene.

Ciri-ciri krim pemutih wajah berbahaya

Jika untuk mengetahui kandungan di dalam krim pemutih wajah berbahaya dirasa sulit. Anda juga tetap bisa mengantisipasinya dengan mengetahui ciri-cirinya. Berikut adalah ciri-ciri krim pemutih wajah berbahaya antara lain:

1. Tidak memiliki izin BPOM dan lembaga kesehatan

Tidak hanya krim pemutih semua jenis produk kecantikan dan kesehatan yang tidak memiliki izin BPOM atau lembaga kesehatan secara resmi dapat dicurigai mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Jikapun disertai dengan nomor registrasi BPOM, maka tidak ada salahnya jika Anda mengecek langsung kebenarannya melalui situs resmi BPOM.

2. Warna krim yang mengkilap

Warna krim pemutih wajah berbahaya atau abal-abal dalam sebuah wadah jar biasanya memiliki warna yang mengkilap dan mencolok. Hal tersebut dapat mengindikasi bahwa krim mengandung pewarna yang berbahaya. Anda patut mencurigai krim pemutih yang berwarna mengkilap seperti mutiara.

3. Bau menyengat

Selanjutnya Anda bisa mencium bau aroma krim. Jika Anda mencium adanya bau logam, maka segera hentikan pemakaian dan buang saja. Produsen krim pemutih wajah berbahaya biasanya akan menyamarkan bau logam tersebut dengan memberi tambahan parfum yang tajam.

4. Lengket dan tidak tercampur rata

Krim pemutih wajah yang berbahaya atau abal-abal di pasaran biasanya memiliki tekstur yang lengket dan kasar saat dipakai. Hal tersebut karena adanya campuran bedak di dalamnya. Beberapa diantaranya bahkan memiliki kemasan yang berbeda dalam satu paket yaitu padat dan berminya.

5. Perih dan panas saat dipakai

Penggunaan kosmetik pada wajah memang sering kali menimbulkan reaksi di saat atau setelah dipakai. Jika krim pemutih yang dioleskan berbahaya, kulit akan terasa perih, panas, gatal, dan menjadi kemerahan. Hal tersebut merupakan bukti bahwa krim pemutih yang Anda pakai mengandung bahan yang berbahaya dan keras yang tidak sesuai untuk kulit.

6. Menjadi merah saat terkena matahari

Kulit secara alami telah memiliki perlindungan, sehingga meskipun berada di bawah sinar matahari tidak akan menjadi merah. Akan tetapi jika selama penggunaan krim pemutih kulit Anda menjadi kemerahan saat terkena sinar matahari, maka hal tersebut memungkinkan adanya lapisan kulit wajah yang telah rusak.

7. Warna kulit putih pucat dan terlihat tidak alami

Krim pemutih yang mengandung bahan baku yang aman akan memberikan hasil yang cerah dan putih alami seperti kulit sehat yang jarang terkena sinar matahari. Ciri-ciri lain dari hasil krim pemutih wajah berbahaya adalah warna kulit putih pucat seperti kertas HVS, bahkan menjadi keabu-abuan.

8. Hasil yang sangat cepat

Sebaiknya Anda harus lebih waspada pada krim pemutih wajah yang dapat memberikan hasil cepat. Apalagi jika kult menjadi lebih putih, halus, dan pori-pori mengecil hanya dalam waktu hitungan hari dan minggu saja. Hal tersebut merupakan efek berbahaya dari zat kimia merkuri adan hydroquinone. Awalnya memang akan terlihat cantik dan bagus, namun memiliki risiko jangka panjang misalnya lapisan kulit menjadi rusak dan munculnya masalah kesehatan lain yang akut.

9. Ketergantungan

Ciri-ciri terakhir dari krim pemutih wajah berbahaya dan sangat menonjol adalah jika pemakaiannya dihentikan maka wajah akan tampak gelap. Sehingga sudah pasti menyebabkan ketergantungan untuk terus selalu memakai krim tersebut. tentu saja jika semakin lama dipakai maka akan semakin banyak juga racun yang tertumpuk dalam tubuh, sehingga jaringan di dalam tubuh akan semakin mengalami kerusakan.

Dampak krim pemutih yang berbahaya

Adanya kandungan merkuri dan hydroquinone dalam krim pemutih wajah berbahaya sangat tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. Jangka pendeknya adalah Anda akan selalu ketergantungan untuk selalu menggunakannya. Sedangkan jangka panjang bahkan dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang mengerikan. Berikut adalah beberapa kisah nyata akibat penggunaan krim pemutih abal-abal dan berbahaya antara lain:

1. Kanker payudara

Mayoritas krim abal-abal mengandung zat merkuri yang sangat tinggi. Padahal zat tersebut tidak boleh masuk ke tubuh manusia meskipun sekecil apapun. Penggunaan merkuri dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit, kanker leher rahim, dan kanker payudara, bahkan tidak menutup kemungkinan munculnya jenis kanker yang lain.

2. Keguguran

Merkuri yang masuk dalam tubuh akan menjadi racun. Apalagi jika ibu hamil yang menggunakannya, maka racun yang masuk ke dalam tubuhkan juga akan sampai pada janin yang dikandungnya.

3. Kulit sensitif dan merah

Bagi kaum wanita dengan kulit sensitif mungkin penggunaan krim yang salah bisa langsung terasa efeknya. Setelah dikonsultasikan pada penjualnya, biasanya mereka akan mengatakan bahwa hal tersebut adalah tanda proses krim sedang bekerja. Padahal nyatanya sensitif dan kulit kemerahan merupakan tanda-tanda mulai adanya kerusakan dalam kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here