Ciri-Ciri Produk Kecantikan Yang Aman Dan Tips Memilihnya

0
88

Produk kecantikan atau kosmetik saat ini memang sedang digandrungi oleh masyarakat khususnya kaum wanita dan remaja wanita. Bahkan produk kosmetik menjadi produk terlaris dan sering dikonsumsi pada market place setelah produk pakaian.

Banyaknya produk kecantikan yang beredar di pasaran memicu produsen produk kecantikan untuk membuat produk yang illegal atau palsu. Produk tersebut bahkan dapat membahayakan kesehatan penggunanya. Sehingga sebagai seorang konsumen Anda harus cermat memilih produk kecantikan yang aman.

Ciri-ciri produk kecantikan yang aman

Semua orang tentu saja ingin menggunakan produk kecantikan yang aman dan tidak mengandung racun. Namun sayangnya tidak mudah untuk mengetahui dan mengenali produk yang asli dan produk yang palsu. Meskipun label tersebut menawarkan label alami, namun belum tentu kandungan di dalamnya benar-benar alami dan terbebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Oleh karena itu masyarakat dituntut untuk lebih sadar akan pentingnya pengetahuan tentang produk kecantikan yang aman dan berkualitas. berikut adalah ciri-ciri produk kecantikan yang aman dan berkualitas antara lain:

1. Terbuat dari bahan alami

Seperti layaknya Anda membeli makanan dan minuman, Anda juga harus cermat dalam menggunakan produk kecantikan. Pastikan bahwa bahan baku yang terkandung dalam produk kecantikan adalah bahan yang aman. Contoh bahan yang aman digunakan adalah bahan alami. Selain aman digunakan, bahan alami yang langsung dari alam pastinya akan berefek baik untuk kulit atau tubuh.

2. Tanpa efek samping

Saat ini marak sekali penggunaan produk kecantikan yang disertai dengan efek samping seperti gatal, perih, panas, dan kemerahan. Sehingga produk kecantikan yang aman adalah produk yang tidak menimbulkan efek samping.

3. Nyaman di kulit

Produk yang ketika dipakai menimbulkan rasa gatal tentu sangat tidak nyaman. Rasa nyaman pada kulit yang dihasilkan dari penggunaan kosmetik tentu didapat dari kandungan bahan di dalamnya.

Tips memilih produk kecantikan yang aman

Seperti yang telah dijelaskan maraknya peredaran kosmetik palsu di pasaran, secara tidak langsung menuntut Anda untuk menjadi konsumen yang pintar dan bijak. Anda harus lebih jeli dan teliti saat memilih dan sebelum membeli produk kecantikan tersebut. berikut adalah langkah-langkah memilih produk kecantikan yang aman antara lain:

1. KLIK

Klik merupakan singkatan dari kemasan, label, izin, dan tanggal kadaluwarsa. Oleh karena itu sebelum membeli sebaiknya Anda melakukan cek klik terlebih dahulu. Pertama cek atau periksa kemasan dan pastikan tidak ada kecacatan di dalam kemasan. Selanjutnya perhatikan nomor izin edar yang biasanya terdapat di kemasan produk. Produk kecantikan yang aman pastinya telah mengantongi izin berupa nomor registrasi BPOM. Degan begitu bahan baku di dalam produk telah teruji aman untuk digunakan. Namun karena kepintaran produsen curang, tidak sedikit juga produk kosmetik yang menggunakan nomor registrasi palsu. Sehingga untuk memastikannya Anda dapat mengecek langsung keberadaan nomor registrasi BPOM suatu produk di website resmi BPOM. Dan yang terakhir yang lupa untuk melihat tanggal kadaluwarsa dalam kemasan produk. Tanggal kadaluwarsa sering kali luput dari perhatian saat membeli kosmetik padahal sama halnya dengan makanan, produk yang telah kadaluwarsa tentu tidak baik bagi kesehatan.

2. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah

Harga yang murah dari suatu produk belum tentu menjamin kualitasnya. Tidak sedikit dari para konsumen yang mengeluh karena harga kosmetik yang mahal bahkan membuat kantong menjadi jebol. Hal tersebut mendorong banyak orang melirik dan mencoba untuk membeli produk yang sama, namun dengan harga yang lebih murah. Bahkan sering kali harga yang ditawarkan cenderung tidak dapat ditangkap oleh akal. Harga kosmetik yang murah memang menggiurkan, namun Anda patut curiga dengan keamanannya. Sudah dibuktikan bahwa kebanyakan produk kosmetik di pasaran yang dijual dengan harga sangat murah merupakan barang palsu dan ilegal. Jika sudah begitu, maka Anda juga patut mencurigai kandungan di dalamnya. Oleh karena itu janganlah mudah tertipu dengan harga yang murah.

3. Beli di toko yang terpercaya

Untuk memperoleh produk kecantikan yang aman, Anda bisa membelinya di toko-toko yang terpercaya. Anda bisa membelinya di toko-toko konvensional yang memiliki izin resmi atau toko online  resmi miliki suatu brand tertentu. Jika Anda memilih untuk membelinya langsung di toko, Anda harus memperhatikan kemasan, aroma, tekstur, dan juga warnanya kemasan dan produk secara detail. Kemudian bandingkan dengan produk asli yang Anda miliki. Jika Anda mendapatkan bentuk kemasan yang mencurigakan atau tidak meyakinkan, aroma yang terlalu menyengat, tekstur yang tidak seperti biasanya, atau warna kemasan yang mulai memudar, Anda harus mencurigai dan mewaspadainya. Karena bisa saja produk tersebut adalah palsu.

4. Reaksi setelah memakai

Sebagian orang yang sudah sering membeli produk kecantikan pasti akan terbiasa dan andal mencoba tester produk. Caranya adalah dengan mencoba mengoleskan sedikit produk di bagian punggung tangan untuk mengetahui warna dan teksturnya dengan yang Anda inginkan.  selain sebagai cara untuk mendapat produk yang cocok, cara ini juga dapat dijadikan untuk mendapatkan produk kecantikan yang aman. Produk kosmetik yang aman tidak akan menyebabkan iritasi dan alergi. Sedangkan kosmetik palsu biasanya akan menimbulkan gejala seperti gatal, perih, bengkak, kulit kemerahan, dan lain sebagainya.

Contoh pewarna alami untuk produk kecantikan yang aman

Salah satu ciri produk kecantikan yang aman yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahkan sejak zaman dahulu kala sebelum maraknya bahan kimia, bahan alami kerap dimanfaatkan sebagai pewarna kecantikan.

Bahan alami dianggap lebih aman untuk produk kecantikan. Berikut adalah beberapa contoh bahan alami yang sering kali dijadikan pewarna produk kecantikan yang aman antara lain:

1. Delima

Buah delima memiliki warna yang menyala, pekat, dan indah, sehingga sering kali juga dijadikan sebagai pewarna dasar suatu produk kecantikan. Kandungan buah delima merupakan jenis pigmen yang mudah larut dalam air, sehingga sangat aman digunakan pada kulit.

2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan untuk menambah cit rasa makanan. namun ternyata kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Produk kecantikan yang memiliki warna kuning, biasanya pasti mengandung kunyit di dalamnya.

3. Spirulina

Spirulina adalah ganggang berwarna biru kehijauan yang berbentuk spiral. Spirulina sering menjadi bahan pewarna suatu produk kecantikan. Bahkan karena khasiatnya spirulina disebut sebagai super food.

4. Acai berries

Buah acai berries dapat menghasilkan wana hijau tua yang kerap dijadikan bahan pewarna kecantikan yaitu eyeshadow.

5. Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran berwarna orange yang didapat dari kandungan karotenoid. Bahan tesebur sangat bagus untuk kesehatan kulit sebagai anti oksidan. Kandungan karotenoid juga merupakan zat pigmen yang mudah larut dalam minyak, sehingga dapat dipastikan aman untuk menjaga kesehatan kulit Anda. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here