Daftar Lengkap Makanan yang Menyebabkan Jerawat

0
131

Setiap orang tentu wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi karena beberapa jenis makanan dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Bagi Anda yang sangat memperhatikan kesehatan kulit, penting untuk mengetahui jenis makanan yang menyebabkan jerawat agar dapat menghindarinya. Seperti yang diketahui, jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering terjadi dan seringkali dipicu oleh konsumsi makanan tertentu.

Makanan yang menyebabkan jerawat

Agar kulit bebas dari masalah jerawat maka Anda perlu mengenali makanan yang dapat menyebabkan jerawat.

Gula

Makanan dengan citarasa manis seperti kue, permen, dan minuman manis dapat menyebabkan insulin meningkat dan mengarah ke peradangan sehingga menimbulkan jerawat. Perhatikan konsumsi gula Anda dalam satu waktu. Semakin banyak gula yang dikonsumsi, maka kemungkinan mengalami jerawat akan semakin besar. Jika Anda ingin makanan manis, sebaiknya makanlah buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami.

Gorengan

Tidak dipungkiri bahwa makanan yang digoreng menjadi pilihan favorit banyak orang seperti ayam goreng hingga keripik. Tetapi mengonsumsi gorengan berarti menyebabkan tubuh kelebihan lemak. Ketika kelebihan lemak, kulit menjadi kurang elastis dan lebih kusam. Gorengan dapat menyebabkan kerusakan vitamin dan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Menurut hasil studi, makanan dengan kandungan lemak dan garam tinggi seperti gorengan merupakan penyebab utama jerawat di kulit. Untuk itu, kurangi konsumsi makanan yang digoreng, khususnya jika minyak untuk menggoreng jarang diganti.

Alkohol

Alkohol dapat meningkatkan produksi urin di dalam tubuh. Ini artinya tubuh akan kehilangan cairan sehingga kulit terasa kering. Jika kulit kering, tubuh akan menghasilkan minyak alami lebih banyak untuk mengatasi kekeringan tersebut. Produksi minyak inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Susu

Susu juga termasuk makanan yang menyebabkan jerawat karena sebenarnya terdiri dari hormon. Berbagai produk olahan susu sapi tentu mengandung hormon-hormon tersebut dan ditambah pengawet yang dapat memicu jerawat. Jika ingin kulit bebas jerawat, maka sebaiknya minum susu almond atau susu kedelai.

Roti

Roti termasuk salah satu makanan penyebab jerawat karena kandungan gluten di dalamnya. Gluten dapat menyebabkan kerusakan usus dan meningkatkan resiko peradangan sistemik. Peradangan inilah yang menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Selain itu, konsumsi roti juga dapat menghabiskan antioksidan yang artinya Anda mengembangkan jerawat melalui mekanisme ini. Selain roti, makanan yang banyak mengandung gluten adalah pasta dan mie.

Cokelat

Cokelat, khususnya cokelat putih dapat memicu panas dalam kulit. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, alasan lain mengapa coklat termasuk makanan penyebab jerawat adalah karena kandungan gula di dalamnya, Makanan ini mungkin dapat menenangkan sebagian orang, tetapi asupan gula yang terlalu banyak dari makanan ini dapat berdampak buruk untuk kulit. Jika ingin mengonsumsi cokelat maka sebaiknya pilihlah cokelat hitam yang memiliki kandungan gula lebih rendah.

Soda

Asupan lainnya yang dapat memicu jerawat adalah soda. Soda mengandung banyak fruktosa yang sebenarnya sudah memiliki banyak efek buruk untuk tubuh. Selain itu, soda juga sama sekali tidak mengandung nutrisi yang bermanfaat. Soda dapat menyebabkan jerawat karena fruktosa pada soda sebenarnya adalah gula. Selain memiliki kandungan gula tinggi yang dapat meningkatkan gula darah, minuman ini juga mengandung aspartame yang menurunkan kadar pH kulit dan memicu peradangan. Jadi jika Anda mengonsumsi soda, sebaiknya banyak minum air mineral.

Keju

Keju termasuk makanan dalam kategori dairy atau produk susu. Oleh sebab itu, karena ini termasuk produk olahan susu, maka keju juga dapat memicu jerawat.

Sereal

Sereal selama ini telah dikenal sebagai makanan yang menyehatkan karena menggunakan bahan alami. Namun makanan ini juga dapat memicu jerawat karena di dalamnya mengandung banyak gula.

Keripik Kentang

Mengonsumsi keripik kentang terlalu banyak tidak hanya dapat memicu penyakit dalam. Selain itu, makanan ini juga dapat memicu jerawat. Ini karena makanan tersebut mengandung minyak, karbohidrat, dan pengawet.

Kacang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang adalah makanan yang paling sering memicu jerawat. Alasan utamanya adalah kacang menyebabkan tubuh memproduksi sebum atau minyak alami lebih banyak. Hasilnya bakteri di kulit dapat berkembang menjadi jerawat.

Nasi dan Sushi

Makanan ini memiliki kandungan glikemik yang tinggi. Glikemik yang tinggi dapat menyebabkan insulin tubuh meningkat sehingga memicu peradangan dan muncul jerawat.

Makanan Pedas

Banyak sekali kuliner di tanah air yang memiliki citarasa pedas karena makanan menjadi terasa lebih lezat. Tetapi makanan ini ternyata juga dapat memicu jerawat. Alasannya, ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, sirkulasi darah ke wajah akan meningkat sehingga wajah menjadi kemerahan. Inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, konsumsi makanan pedas yang berlebihan juga dapat memicu gangguan pencernaan. Ketika pencernaan terganggu, hal ini juga memicu jerawat.

Makanan Cepat Saji

Tidak dipungkiri bahwa makanan cepat saji memiliki rasa yang lezat. Tetapi makanan ini perlu dihindari jika tidak ingin berjerawat. Fast food atau makanan olahan mengandung lemak dan gula yang menyebabkan kulit mudah berjerawat. Selain makanan cepat saji, makanan kemasan juga termasuk penyebab jerawat.

Kopi

Siapa yang menyangka bahwa minuman yang lezat ini dapat memicu jerawat. Kopi memiliki kandungan cafein dan kortisol yang merupakan penyebab jerawat. Jadi jika Anda termasuk pecinta kopi, cobalah untuk membatasi minuman tersebut.

Permen

Kandungan gula yang tinggi dalam makanan seperti permen dapat menyebabkan peningkatan hormon tubuh yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, kolagen di kulit juga rentan mengalami kerusakan jika mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi. Hasilnya kulit pun menjadi kering dan mengalami penumpukan sel kulit mati dan kotoran di pori-pori sehingga muncul jerawat.

Pizza

Walaupun memiliki citarasa yang lezat, makanan ini sebenarnya kurang bermanfaat untuk tubuh. Pizza mengandung karbohidrat yang tinggi dan menggunakan topping berupa produk susu yang semuanya memicu jerawat. Keju saja sudah cukup memicu jerawat apalagi ketika ditambah dengan gluten sehingga dapat memicu jerawat bermunculan.

Bayam

Bayam selama ini dikenal sebagai sayuran hijau yang kaya manfaat untuk kesehatan. Jadi terdengar aneh jika sayuran ini termasuk pemicu jerawat. Apalagi bayam kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk kulit. Alasan bayam dapat memicu jerawat adalah karena kandungan iodium di dalamnya yang berpotensi menyebabkan jerawat jika dikonsumsi secara berlebih.

Makanan Laut

Udang dan berbagai macam makanan laut mengandung iodium yang dapat menyebabkan iritasi pada kelenjar sebasea dan folikel rambut. Hasilnya produksi minyak di wajah menjadi meningkat. Walaupun yodium bermanfaat untuk kelenjar tiroid, asupan iodium yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping berupa jerawat. Anda dapat mengonsumsi udang air tawar karena kandungan iodiumnya lebih rendah.

Demikian beberapa makanan yang menyebabkan jerawat yang perlu diketahui. Makanan tersebut bukan berarti tidak boleh dimakan tetapi sebaiknya dibatasi dan tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebih agar tidak memicu jerawat. Selain itu, kondisi tubuh setiap orang juga berbeda-beda karena beberapa orang ada yang langsung berjerawat parah jika mengonsumsi salah satu makanan di atas sedangkan yang lainnya sama sekali tidak berjerawat walaupun mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here