Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Bercabang

0
136

Cara mengatasi rambut bercabang menjadi hal penting yang ingin diketahui oleh siapapun yang mengalami masalah rambut ini. Penyebab utama rambut bercabang adalah rambut rusak, kering, dan rapuh sehingga bagian ujungnya menjadi bercabang. Siapapun yang mengalami masalah ini tentu merasa kesal karena dapat mempengaruhi keindahan rambut dan menunjukkan bahwa rambut tidak sehat. Bagi Anda yang mengalami masalah serupa, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti untuk mengatasi masalah rambut bercabang.

Memakai Kondisioner yang Sesuai

Kondisioner merupakan salah satu solusi yang tepat dan cukup efektif untuk membantu mengatasi masalah ini. Jika rambut Anda termasuk sering di blow dry, maka pilihlah kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut atau dapat memberikan perlindungan yang tinggi. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, pilihlah kondisioner yang menawarkan perlindungan ekstra agar dapat beraktivitas di luar dengan nyaman.

Memakai Sisir Bergigi Lebar

Sisir rambut secara hati-hati. Cara menyisir rambut yang salah dapat menyebabkan rambut mudah rapuh dan mengalami keretakan atau bercabang. Gunakan sisir yang bergigi jarang atau lebar agar rambut tidak mudah patah. Sisir rambut perlahan setelah mengoleskan kondisioner untuk mencegah kerusakan yang dapat terjadi ketika Anda menyisir rambut setelah mandi.

Batasi Styling yang Merusak Rambut

Berbagai kegiatan styling rambut seperti highlight, pewarnaan, perms, dan pelurusan adalah penyebab masalah rambut bercabang. Jika Anda terpaksa harus melakukan styling, maka jangan cuci rambut minimal 48 jam karena itu adalah kondisi rambut paling rentan mengalami kerusakan, termasuk rambut bercabang.

Cermat Menggunakan Pengering Rambut

Kebiasaan mengeringkan rambut dengan hair dryer dapat menyebabkan berbagai masalah rambut termasuk rambut kering dan bercabang. Jika Anda tidak dapat menunggu sampai rambut benar-benar kering setelah keramas, setidaknya tunggu sampai rambut hampir kering untuk menggunakan hair dryer. Gunakan nozzle hair dryer agar Anda tetap memiliki kendali aliran udara yang keluar. Cara mengeringkan rambut yang benar adalah ke arah bawah. Gunakan sisir bulat untuk proses mengeringkan rambut lebih lanjut.

Mengeringkan Rambut Dengan Handuk

Selain memilih shampoo dan kondisioner yang khusus dirancang untuk rambut kering, teknik pengeringan rambut memang perlu diperhatikan untuk mencegah rambut bercabang. Pengeringan rambut dengan hair dryer sebenarnya tidak disarankan karena dapat memperparah kerusakan rambut. Lebih baik Anda mengeringkan rambut dengan handuk secara lembut.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Keramas terlalu sering ternyata justru tidak baik untuk kesehatan rambut. Bagi Anda yang memiliki rambut bercabang, cara mengatasi rambut bercabang adalah keramas setiap 2 – 3 hari sekali.

Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

Jangan terlalu sering mengikat dan menyisir rambut. Kebiasaan ini dapat mempercepat kerusakan rambut karena gesekan rambut yang berlebihan. Selain itu, rambut sebaiknya juga tidak terlalu panjang karena jika rambut panjang dan tidak terawat, hal ini dapat menyebabkan kerusakan rambut dan memicu rambut bercabang.

Memakai Serum Rambut

Cara selanjutnya untuk mengatasi rambut bercabang dan kering adalah menggunakan serum rambut atau spray pelindung panas. Serum tersebut dapat melindungi rambut dari paparan cahaya matahari dan berbagai alat penataan rambut seperti catok. Jadi rambut tidak akan mudah rusak walaupun terkena panas.

Memotong Ujung Rambut yang Patah

Cara selanjutnya untuk mengatasi rambut kering adalah memotong bagian ujung rambut agar kerusakan tidak semakin parah. Ini adalah cara yang umum dilakukan untuk membuang rambut yang rusak. Potonglah ujung rambut secara rutin 2 bulan sekali.

Memilih Produk Perawatan Rambut Alami

Rambut kering dan bercabang dapat disebabkan karena banyaknya zat kimia dari produk perawatan rambut yang digunakan. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih produk perawatan rambut dari bahan alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Bercabang

Ada banyak bahan alami di sekitar Anda yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut bercabang. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menutrisi dan menyehatkan rambut sehingga rambut menjadi lebih lembab. Untuk mengatasi rambut bercabang dengan minyak kelapa, oleskan minyak kelapa pada ujung rambut hingga akar rambut setiap 2 minggu sekali. Setelah didiamkan selama beberapa saat, cuci rambut dengan shampoo dan keringkan menggunakan handuk. Setelah itu, oleskan kondisioner dan diamkan selama 30 menit sambil dibungkus dengan shower cap. Kemudian bilas rambut sampai bersih. Minyak kelapa yang digunakan untuk perawatan rambut bercabang ini adalah minyak kelapa murni atau VCO.

  • Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan asam folat yang berperan membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin A yang meningkatkan produksi sebum atau minyak alami yang dihasilkan oleh tutup. Papaya dapat membantu melembabkan kulit kepala dan folikel rambut sehingga mencegah rambut kusam dan bercabang. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, haluskan pepaya mentah dan campur dengan yoghurt. Gunakan campuran tersebut sebagai masker dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

  • Lentil Hitam

Lentil hitam merupakan bahan alami yang kaya akan protein, zat besi, serat, asam folat, dan fosfor. Asam folat berperan penting untuk menyalurkan oksigen dari darah ke folikel rambut sehingga dapat meningkatkan kualitas rambut. Untuk menggunakan lentil hitam sebagai perawatan rambut bercabang, haluskan setengah cangkir lentil hitam dan biji fenugreek. Setelah itu campur dengan setengah cangkir yoghurt. Gunakan campuran tersebut sebagai masker rambut dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu bilas dengan air bersih dan shampoo.

  • Chamomile

Chamomile merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut kering, kusam, dan bercabang. Kandungan antiseptic di dalamnya mampu menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga rambut dapat tumbuh secara optimal dan sehat. Penggunaan chamomile secara teratur dapat mencegah masalah rambut bercabang dan menjaga kulit kepala tetap sehat. Cara perawatan rambut bercabang dengan chamomile adalah menyeduh 2 sendok teh chamomile di air panas dan tunggu sampai hangat. Gunakan air seduhan tersebut untuk membasuh rambut.

  • Madu

Madu selalu menjadi bahan alami yang digunakan untuk perawatan kecantikan, termasuk untuk rambut. Madu memiliki khasiat utama melembabkan. Menggunakan madu untuk perawatan rambut dapat menghindari kulit kepala kering sehingga dapat mencegah rambut bercabang dan memperkuat folikel rambut. Kandungan anti bakteri dari madu juga dapat menjaga kulit kepala tetap bersih. Untuk melakukan perawatan rambut dengan madu, campurkan 1 sendok madu ke dalam setengah cangkir yoghurt. Selain itu Anda juga dapat menambahkan kuning telur ke dalam campuran tadi. Gunakan campuran tersebut untuk masker rambut dan diamkan selama 25 menit sebelum dibilas.

Demikian beberapa cara mengatasi rambut bercabang. Agar cara tersebut dapat memberikan hasil yang efektif, pastikan Anda mulai menghindari hal-hal yang menjadi penyebab rambut bercabang. Pasalnya jika Anda tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan yang merusak rambut, cara di atas tidak akan efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here