Ini Dia Rahasia Kecantikan Wanita Jepang

0
99

Tahukah anda bahwa negara Jepang dikenal dengan penduduk yang memiliki berat badan  yang paling ideal. Ini memungkinkan mereka memiliki usia yang rata-rata mencapai 85 tahun. Bahkan Jepang merupakan negara maju dengan tingkat obesitas paling rendah di dunia. Terlebih lagi, Jepang merupakan negara maju dengan tingkat obesitas terendah di dunia. Mari kita intip apakah rahasia mereka dalam menjaga kecantikan nya.

Keliru jika anda berpikiran bahwa kecantikan yang dimiliki oleh wanita Jepang adalah hasil dari diet ketat yang mereka lakukan. Kecantikan wanita Jepang terpancar tidak hanya dari wajah mereka namun juga kesehatan tubuh yang mereka miliki dengan menjaga pola makan. Karena ternyata kecantikan wajah dan tubuh yang mereka peroleh adalah hasil dari pola makan juga gaya hidup yang begitu mereka jaga.

Berikut beberapa rahasia kecantikan wanita Jepang yang dapat anda ikuti :

– Memenuhi kebutuhan makan dalam porsi kecil/sedikit

Sejak usia anak-anak, masyarakat Jepang terbiasa dengan makan dengan porsi kecil dan sedikit tapi dalam porsi yang beragam. Dalam sebuah menu, tiap makanan dikelompokkan dalam wadah-wadah kecil yang terpisah. Di sini kita akan lebih dapat mengontrol asupan sehingga dengan mudah mengetahui suatu kandungan makanan tertentu sudah pada porsi yang sesuai atau sudah dalam porsi yang berlebihan.

Masyarakat di Jepang juga terbiasa untuk menikmati makanan dengan sepenuh hati. Mereka juga menghargai makanan dari tampilan dan bentuk makanan tersebut. Ini salah satu budaya yang tetap mereka jaga. Selama makan mereka juga menyantapnya dengan perlahan. Hal ini sebagai terapi bagi usus agar dapat mengolah makanan dengan sempurna. Juga dapat membantu otak dalam memberi warning dimana saatnya lambung sudah cukup terisi atau sudah cukup kenyang.

– Konsumsi ikan berlebih dari pada daging ayam atau daging merah

Masyarakat Jepang lebih menyukai makanan ikan dari pada harus mengonsumsi daging merah dari hewan ternak. Mereka lebih menggemari ikan seperti tuna, sarden, makerel, salmon dan hering. Karena kandungan ikan yang kaya akan Omega 3 dan lemak. Yang diyakini sangat baik bagi kesehatan jantung dan otak. Bahkan tak jarang masyarakat Jepang mengonsumsi ikan dalam kondisi mentah. Yang kita kenal dengan makanan Sashimi, produk olahan makanan ikan mentah yang mudah ditemukan di restoran biasa, terlebih restoran terkenal. Ini adalah salah satu penyebab masyarakat Jepang memiliki jantung yang sehat serta awet muda.

Masker beras putih

Metode masker beras putih ini sudah digunakan selama berabad-abad lamanya. Beras putih dengan kandungan utamanya adalah beras yang dijamin akan berkhasiat menjadikan kulit wanita Jepang menjadi indah, putih dan mulus. Ramuan alami ini sudah pasti tidak memiliki efek samping bahkan dapat digunakan oleh berbagai kalangan namun dengan pemakaian yang rutin. Wanita Jepang beranggapan bahwa ramuan yang sederhana ini adalah cara ampuh mereka dalam hal perawatan kulit.

Kandungan beras putih kaya akan sarat dengan komposisi Vitamin B yang dapat memicu akan regenerasi sel serta menghambat akan proses penuaan secara dini. Kandungan dari beras yang merupakan sumber akan asam linoleat serta squalene yang sangat baik, serta antioksidan kuat yang akan memacu produksi kolagen pada kulit.

Beras juga mengandung zat yang akan mencegah kulit agar tidak keriput. Kandungan Squalene juga menjaga kulit dari efek buruk akibat sinar uv matahari. Sebagian besar kandungan Vitamin E juga gamma oryznol terkandung dalam beras putih yang akan melindungi kesehatan jantung juga dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah.

Bagi anda yang ingin mencoba keampuhan masker beras putih ini, berikut bahan-bahan dan cara membuatnya:

– 1 gelas air

– 1 sdm madu

– 3 sdm beras

– 1 sdm susu

Cara membuatnya :

1. Masukkan 3 sendok makan beras putih ke dalam mangkuk beserta 1 gelas air.

2. Letakkan pada kompor dengan api sedang dan biarkan hingga mendidih selama lebih kurang 3 menit.

3. Lalu keluarkan beras yang sudah menjadi nasi tersebut dari mangkuk, dan biarkan sesaat hingga dingin, lalu saringlah air bekas campurannya tersebut.

4. Tuang nasi lembek tadi ke dalam wadah gelas.

5. Lalu Tuang 1 sensok makan madu serta 1 sendok makan susu.

6. Campurlah seluruh bahan ini serta aduk hingga menjadi seperti pasta.

Cara pemakaian :

Terlebih dahulu anda harus mencuci bersih muka anda dengan air yang bersih. Lalu oleskan masker yang sudah menjadi nasi tersebut dengan gerakan melingkar sambil dipijit dengan lembut. Diamkan hingga selama lebih kurang 15 menit. Lalu basuhlah dengan air bersih.

Masker beras putih ramuan alami ini begitu sederhana dan sangat mudah dibuat. Dengan mengikuti petunjuk di atas serta pemakaian rutin minimal 1 kali dalam seminggu. Maka wajah Anda akan nampak seakan 10 tahun lebih muda.

–  Konsumsi kedelai pada porsi yang sesuai

Selain hobi mengonsumsi ikan, masyarakat Jepang juga suka mengonsumsi makanan yang berbahan baku dari kacang kedelai. Makanan ini biasanya diolah dalam bentuk sup miso ataupun tahu. Diketahui bahwa kedelai kaya akan kandungan antioksidan juga rendah lemak serta membantu metabolisme tubuh

Senyawa organik yang terkandung dalam kedelai salah satunya adalah isoflavon. Isoplavon adalah senyawa penting akan sistem reproduksi wanita. Saat saat masa menopause, kadar hormon estrogen wanita dapat menurun secara signifikan. Isoflavon juga bertugas mengikat sel-sel dari reseptor estrogen, hingga tubuh seakan tidak merasakan jika sedang terjadi penurunan hormon secara dramatis. Hal ini sangat membantu yaitu dapat meringankan banyak hal yang muncul saat datangnya gejala menopause pada wanita, seperti rasa lapar, hot flashes dan perubahan mood. Masa menopause pada sebagian wanita merupakan saat yang traumatis bagi hidup kebanyakan wanita, namun dengan mengonsumsi kedelai akan banyak membantu hingga wanita tetap terlihat segar yang menjadi rahasia kecantikan wanita Jepang meski selama masa menopause.

–  Rumput laut Wakame

Wakame merupakan sejenis rumput laut atau biasa dikenal ganggang laut yang juga bermanfaat melindungi kulit anda dari paparan sinar UV matahari juga polusi. Wakame juga dapat mencegah kulit anda dari tanda-tanda penuaan dini yaitu berupa garis-garis halus pada wajah yang disertai lingkaran gelap area di bawah mata. Atau yang lebih dikenal dengan mata beruang.

–  Exfoliating (pengelupasan kulit)

Sebagian wanita Jepang terkadang sering mengelupaskan kulit nya dengan bantuan ramuan gel berwarna bening. Hal ini dipercaya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit kusam serta sel kulit yang sudah mati dari wajah. Anda dapat menggunakan exfoliating scrub berjenis herbal dengan formulasi yang ringan agar memperoleh hasil maksimal yang diinginkan sehingga anda tak perlu menambah bahan kimia yang tentunya tidak baik bagi kulit wajah anda.

Demikian rahasia kecantikan wanita Jepang yang sudah mereka lakukan sejak dulu. Semoga dapat menjadi alternatif bagi anda dalam memanfaatkan bahan-bahan alami bagi penggunaan wajah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here