Inilah Daftar Vitamin Untuk Kulit Kering yang Wajib Dikonsumsi

0
128

Siapapun tidak berharap memiliki kulit kering sehingga mereka yang mengalaminya akan mencoba mencari vitamin untuk kulit kering. Kondisi kulit kering membuat kulit menjadi gatal, bersisik, dan pecah-pecah. Kulit kering biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin tertentu di dalam tubuh. Masalah ini muncul ketika permukaan kulit kehilangan kelembabannya.

Penyebab Kulit Kering

Kulit kering dapat terjadi karena beberapa hal berikut:

  • Pemakaian sabun yang mengandung bahan iritatif
  • Penuaan
  • Mandi terlalu lama
  • Perubahan cuaca
  • Kondisi kesehatan seperti kekurangan protein, kekurangan vitamin, eksim, diabetes, dan hipotiroidisme

Vitamin yang Dibutuhkan Untuk Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering dapat terjadi di mana saja. Yang paling umum adalah terjadi di tangan, kaki, perut, dan punggung. Masalah kulit tersebut dapat diatasi dengan memberikan asupan vitamin dan mineral yang memadai. Berikut ini adalah beberapa asupan vitamin untuk kulit kering.

  • Vitamin A

Asupan ini sangat dibutuhkan kulit karena mampu mencegah kulit kering, kerusakan kulit, dan keriput. Vitamin A juga dapat menjaga kekencangan dan elastisitas kulit sehingga terlihat awet muda. Asupan vitamin A dapat diperoleh dari sayuran daun hijau, wortel, jeruk, blewah, dan telur.

  • Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan sel kulit. Kebutuhan asupan vitamin B kompleks dapat diperoleh dari konsumsi daging, telur, pisang, oatmeal, nasi, dan ikan.

  • Vitamin C

Tidak dipungkiri bahwa vitamin C menawarkan banyak manfaat untuk tubuh, termasuk mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, keriput, gelap, dan kusam. Selain itu, vitamin C juga dapat menangkal berbagai tanda penuaan dini, mengurangi kerusakan sel, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, membantu penyembuhan luka, dan memiliki sifat antioksidan. Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat mengatasi kulit kering. Contoh makanan yang kaya vitamin C adalah jambu, jeruk, bayam, dan brokoli.

  • Vitamin D

Vitamin lainnya yang dapat membantu mengatasi kulit kering adalah vitamin D. Vitamin ini tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan dan memperkuat tulang tetapi juga memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit kering. Bahkan vitamin D dapat membantu penderita psoariasis yaitu kondisi yang menyebabkan kulit berkerak dan bersisik. Tubuh dapat menghasilkan vitamin D sendiri melalui bantuan sinar matahari pagi. Oleh sebab itu, Anda dapat berjemur sekitar 10 menit di pagi hari. Selain itu, kebutuhan vitamin D juga dapat dipenuhi melalui ikan salmon, sereal, jeruk, tuna, dan yoghurt.

  • Vitamin E

Vitamin E telah dikenal sebagai nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin ini menawarkan banyak manfaat untuk meremajakan kulit, melindungi kulit dari sinar UV, dan menjaga kelembaban kulit. Mengonsumsi suplemen vitamin E 30 IU per hari sangat membantu untuk mengurangi keriput dan menjaga tekstur kulit. Selain dari suplemen, kebutuhan vitamin E juga dapat dipenuhi melalui kacang almond, biji bunga matahari, hazelnut, asparagus, dan buah zaitun.

Nutrisi Penting Lainnya Untuk Mengatasi Kulit Kering

Selain vitamin, ada beberapa nutrisi lain yang dapat membantu mengatasi kulit kering yaitu sebagai berikut:

  • Zinc (Zn)

Zinc atau seng adalah mineral yang penting untuk tubuh menjaga kesehatan rambut, kuku, dan kulit. Jika tubuh kekurangan zinc, maka kulit akan menjadi kasar. Tubuh dapat memperoleh asupan seng yang cukup jika memiliki pola makan yang seimbang dan sehat.

  • Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga perlu asupan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. asam lemak esensial terdiri dari 2 macam yaitu asam lemak omega 3 dan omega 6. Asam lemak omega 3 dapat diperoleh dari ikan laut, khususnya minyak ikan dan dapat diperoleh dari nabati dan hewani. Asam lemak omega 6 dapat diperoleh dari lemak jenuh hewan dan minyak nabati. Tubuh memerlukan asam lemak esensial agar sel-sel tubuh dapat bekerja maksimal sehingga kulit tidak akan kering dan kasar.

  • Isoflavon

Isoflavon merupakan nutrisi yang banyak terkandung dalam kedelai. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari berbagai zat beracun. Isoflavon memiliki struktur kimia yang sama seperti estrogen dan berfungsi menciptakan hyaluronic dan asam yang bermanfaat menjaga elastisitas kulit. Meskipun isoflavon hampir sama dengan estrogen, zat ini lebih mudah dicerna sebagai nutrisi oleh tubuh.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering

Di sekitar kita, sebenarnya ada banyak bahan alami yang dapat membantu mengatasi kulit kering secara efektif. Apa saja bahan tersebut?

  • Minyak Esensial

Minyak esensial seperti minyak zaitun,minyak jojoba, minyak kelapa, dan minyak almond dapat mengatasi kulit kering. Minyak tersebut bermanfaat mengembalikan kelembaban kulit. Anda cukup mengoleskan minyak tersebut di bagian kulit yang kering di malam hari sambil dipijat dan dibiarkan sampai esok hari. Lakukan setiap hari sampai masalah kulit kering hilang.

  • Susu

Susu mengandung bahan antiinflamasi yang dapat mencegah iritasi kulit dan bersifat menenangkan. Kandungan asam laktat dari susu juga bermanfaat untuk kulit karena dapat melembabkan kulit yang kering. Untuk mengatasi kulit kering dengan susu, Anda dapat menggunakan susu bubuk dan susu cair. Caranya, gunakan susu cair untuk mengompres wajah selama 5 menit. Selanjutnya, campur susu bubuk dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Gunakan sebagai masker wajah.

  • Madu

Madu telah dikenal dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan kulit dan termasuk bahan yang mudah didapat. Madu mengandung antimikrobadan antioksidan yang dapat melembabkan kulit sehingga lebih halus dan kenyal. Cara menutrisi kulit kering dengan madu adalah mengoleskannya pada kulit yang kering dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan alami yang bersifat antiinflakasi, antiseptic,dan antifungal untuk kulit, Mengaplikasikan gel lidah buaya di kulit yang kering dapat memberikan sensasi sejuk dan segar seketika. Tunggu sampai kering kemudian bilas. Atau Anda dapat mengoleskan gel tersebut di malam hari dan membiarkannya sampai pagi.

  • Mentimun

Sama seperti lidah buaya, bahan alami ini juga dapat memberikan sensasi dingin di kulit yang kering. Hal ini karena mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat menjaga kelembaban kulit. Hasilnya kulit yang tadinya kering menjadi lebih lembab. Cara penggunaannya, haluskan mentimun kemudian campur dengan minyak kelapa atau olive oil. Oleskan campuran tadi di kulit yang kering dan diamkan selama 20 menit.

  • Alpukat

Alpukat dikenal sebagai makanan sehat yang sangat bermanfaat untuk tubuh, termasuk kulit. Alpukat mengandung lemak nabati yang tinggi di mana lemak tersebut bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Cara menutrisi kulit kering dengan alpukat adalah menjadikannya sebagai masker. Caranya, hancurkan alpukat yang sudah matang dan oleskan ke bagian kulit yang kering sebagai masker. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas wajah sampai bersih.

Demikian beberapa vitamin untuk kulit kering dan asupan yang diperlukan untuk menjadikan kulit kering lebih sehat dan kenyal. Selain bahan di atas, hal yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi banyak air mineral karena cairan tersebut juga penting untuk menjaga kelembaban kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here