Kulit Sehat Idaman Setiap Wanita, Ini Dia Rahasianya!

0
156

Wajah merupakan organ terpenting bagi setiap orang baik pria maupun wanita karena dari wajah inilah mereka memiliki daya tarik. Apabila wajah Anda mengalami gangguan maka munculah perasaan tidak percaya diri dan minder, untuk mengatasi hal itu Anda bisa mencoba tips khusus di bawah ini cara mengatasi kulit berminyak.

Asal Muasal Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah merupakan organ yang sangat sensitif sekali karena sedikit salah perawatan bisa fatal akibatnya. Kulit wajah ada beberapa tipe seperti berminyak, kering, dan normal. Setiap kulit wajah yang mengalami masalah tersebut tentunya ada faktor pemicunya terutama wajah berminyak.

  • Faktor stress

Pikiran yang tidak seimbang Menyebabkan Perubahan Mood Seseorang Sehingga Produksi Hormon Androgen Berlebihan. Kelebihan Hormon androgen membuat kondisi kulit bagian kelenjar membesar sehingga tampungan minyak keluar melalui rambut kulit.

  • Hormonal

Apabila anda yang sedang menghadapi masa Pra Menstruasi Syndrome terkadang minyak di wajah akan meningkat. Hal ini umum, tetapi bisa ditanggulangi dengan perawatan agar tidak menimbulkan jerawat. Kelebihan minyak pada wajah bisa sebentar dan permanen tergantung dari seberapa telaten Anda melakukan perawatan.

  • Lingkungan

Saat cuaca panas, wajah Anda akan mengeluarkan banyak cairan, terutama wajah akan berminyak. Ada pula tipe wajah yang kering saat cuaca panas, namun hal itu sangat jarang sekali. Indikasi bahwa Anda sehat adalah wajah berminyak namun kadarnya masih sedikit, dan apabila sudah sangat banyak sekali segera lakukan tindakan.

  • Pola makanan

Jenis makanan pedas dan fast food adalah pemicu minyak di wajah, sebaiknya Anda perbanyak atau diimbangi dengan sayuran mentah yang organik. Para ratu kecantikan dunia lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran organik dan hal itu sangat efektif sekali dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Cara mengatasi kulit berminyak semacam itu sedang hits di kalangan artis Indonesia yang aktif diet dengan buah dan sayur. Hasilnya kulit wajah lebih kencang dan awet muda tanpa dempul kosmetik.

Asupan untuk Kulit Wajah Berminyak

Ada banyak sekali asupan nutrisi untuk mengurangi minyak di wajah, terutama dari makanan. Coba Anda konsumsi sayuran atau buah di bawah ini:

  • Mentimun

Buah timun bisa Anda jadikan serapan terbaik untuk mengurangi kadar minyak di wajah yang berlebihan. Kandungan air pada timun akan memberikan sensasi menyegarkan dan memperbaiki pori-pori kulit yang melebar. Saat Anda selesai menghapus make up, taruhlah potongan timun di wajah Anda secara merata selama satu jam sambil tiduran. Timun yang Anda tempelkan itu akan berubah menjadi kisut artinya kotoran di wajah telah menempel.

  • Pisang

Pisang mengandung vitamin E, Pospat dan Potasium yang berguna untuk memperkecil pori-pori wajah. Anda bisa mengkonsumsinya satu kali setiap hari. Manfaat lain pisang juga mampu melancarkan pencernaan Anda.  

  • Bengkoang

Jus bengkoang atau potongan bengkoang ternyata mampu menyerap minyak di wajah Anda. Jika Anda ingin minum maka minumlah jus bengkoang sehari 2 kali pagi dan malam hari, sedangkan jika Anda tidak doyan jus bengkoang bisa dengan menempelkan saja potongan ke wajah Anda seperti pada mentimun.

  • Alpukat

Kandungan Antioksidan Karotenoid pada alpukat mampu menanggulangi penuaan dini pada kulit wajah, mengencangkan kulit wajah.

  • Sayuran hijau

Serat pada sayuran hijau ternyata mampu mengurangi kadar minyak pada wajah dengan menjaga keseimbangan metabolisme di dalam kulit. Akan tetapi, sayuran yang baik adalah sayuran yang dimasak tetapi jangan terlalu matang karena vitaminnya akan hilang 50%.

  • Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya dengan vitamin C dan sangat ampuh dalam regenerasi kulit. Vitamin C nya mampu merombak sel kulit mati menjadi sel kulit baru. Anda bisa mengkonsumsi jus jeruk atau lemon setiap hari cukup satu kali saja.

  • Kacang-Kacangan

Kacang memiliki kandungan anti inflamasi dan asam lemak omega 3 dan sangat bagus untuk menjaga kondisi kulit. Akan tetapi, tidak semua orang cocok dengan asupan kacang, malahan ada yang tambah berminyak dan berjerawat saat setelah memakan kacang.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Cara mengatasi kulit berminyak tidak cukup hanya dengan satu langkah saja, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Selain Anda harus menjaga pola makanan atau asupan nutrisi, ada langkah lanjutan yaitu:

  • Gunakan cleanser yang dengan kadar alkohol rendah

Jika wajah kamu berminyak tentunya bersihkan dahulu dengan toner yang cocok dan jangan gunakan kosmetik beberapa saat. Toner yang Anda pilih sebaiknya khusus toner berminyak, gunakan sesering mungkin dengan kadar alkohol rendah agar kulit wajah Anda tidak lekas iritasi.

  • Scrub khusus wajah berminyak

Sabun wajah memang perlu walaupun sedikit repot karena harus ke kamar mandi demi mendapatkan cermin dan air. Scrub juga berfungsi memperkecil pori-pori wajah dan membuat kulit wajah tidak lekas kusam atau berjerawat.

  • Kosmetik minimalis

Penggunaan kosmetik minimal lebih disarankan karena kosmetik tebal malah akan memicu produksi minyak berlebihan. Tampil sempurna nan ayu tidak harus memakai make up tebal tetapi utamakan kesegaran dan kebersihan.  

Pantangan Kulit Berminyak

Ada segelintir hal yang harus Anda pahami jika terlanjur memiliki wajah berminyak. Wajah berminyak memang menjadi penyebab munculnya jerawat.

  • Hindari merokok
  • Kurangi susu tinggi lemak
  • Hindari berganti pelembap wajah
  • Jangan memakai kosmetik terlalu sering
  • Amati makanan yang mudah memicu minyak di wajah
  • Jangan meninggalkan sisa make up jika ingin tidur

Indikasi Kulit Wajah Sehat

Mayoritas wanita selalu menilai bahwa kulit wajah yang sehat adalah kulit wajah yang putih, mulus dan bersih. Memang sedikit benar tetapi ada beberapa yang perlu digarisbawahi yaitu kulit yang sehat adalah kulit yang normal dan tidak memiliki gangguan. Kulit wajah yang normal artinya tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak, jika Anda memegang kulit wajah akan terasa kencang dan kenyal artinya kulit kondisinya sehat. Gangguan kulit wajah seperti warna yang tidak merata dan jerawat memang menjadi kendala namun bukan berarti selalu tidak sehat. Jerawat pertAnda kondisi lapisan epidermis masih bagus karena peka terhadap benda asing dan masih berfungsi dengan baik. Berbeda jika lapisan epidermis rusak malahan tidak muncul jerawat sama sekali karena pemakaian obat pemutih wajah yang efeknya adalah indikasi kanker kulit.

Jadi, bagaimana untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat?

Anda tetap perlu melakukan perawatan in and out agar terhindar dari kanker kulit, perawatan dari dalam dengan menjaga pola makan, sedangkan perawatan luar dengan memakai pelembab yang cocok dan melindungi kulit dari sinar UV asalkan tidak berlebihan.

Jangan selalu terpaku untuk mendapatkan wajah putih merona yang cantik dengan memakai berbagai perawatan, tetapi selalu utamakanlah kulit wajah yang sehat.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here