Ini Dia 10 Masker Untuk Kulit Berjerawat Yang Dapat Langsung Dibuat Di Rumah

0
523
Masker untuk kulit berjerawat yang dapat langsung dibuat di rumah

Ketika Anda ingin wajah yang bebas dari jerawat, Anda bisa menggunakan beragam jenis masker alami yang bisa dibuat di rumah. Namun demikian, Anda perlu tahu terlebih dahulu penyebab jerawat sering muncul agar Anda bisa merawat wajah setelah pemakaian masker.

a.    Masalah hormonal

Penyebab munculnya jerawat yang sering terjadi pada saat pubertas adalah perubahan hormon, dimana pada remaja laki-laki jerawat ditimbulkan oleh pengaruh hormon testosteron, sedangkan pada perempuan, munculnya jerawat bisa terjadi karena ketidakstabilan kadar hormone androgen dan FSH.

b.    Pemakaian make up berlebih atau tidak cocok dengan kulit

Sebagai seorang perempuan, apabila tidak teliti dalam memilih kosmetik, bahaya yang terjadi selanjutnya adalah permasalahan jerawat yang dapat mengurangi rasa percaya diri. Hal yang sama juga akan terjadi ketika Anda menggunakan make up berlebih atau terlalu tebal. Jerawat terjadi karena make up yang salah atau terlalu tebal dapat menutup pori kulit. Produksi minyak dari kelenjar minyak akan memunculkan sebum yang membuat jerawat bermunculan.

c.    Kebiasaan menggunakan sabun pencuci muka terlalu sering

Ketika Anda merasa wajah Anda kotor, cukup basuh wajah dengan air mengalir tanpa menggunakan sabun wajah. Hal ini karena saat Anda mencuci wajah terlalu sering, produksi minyak akan menjadi tidak terkendali dan menyebabkan jerawat. 

d.    Konsumsi makanan berminyak

Mengonsumsi makanan yang mengandung minyak atau kolesterol tinggi akan meningkatkan produksi minyak dan pembentukan sebum. Hal inilah yang harus dihindari apabila Anda tidak ingin terus memiliki wajah yang berjerawat.

e.    Ponsel yang kotor

Tanpa disadari, saat ponsel menempel di wajah Anda, ponsel tersebut sudah terlebih dahulu terpapar keringat atau bakteri udara. Hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat di area pipi atau dekat dengan telinga.

f.     Kebiasaan menekan jerawat dengan jari

Ketika jerawat muncul di permukaan kulit, kebiasaan yang sering dilakukan adalah menekan jerawat tanpa memperhatikan apakah jari dalam kondisi bersih atau tidak. Hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat di sekitar area yang tersentuh jari sebelumnya.

Dengan memahami penyebab munculnya jerawat di atas, Anda bisa memilih masker untuk kulit berjerawat yang tepat dan tanpa efek samping.

Air dan soda kue

Soda kue memiliki sifat antibakteri dan dapat menyeimbangkan pH kulit, sehingga sangat cocok untuk membasmi jerawat dalam waktu yang relatif cepat. Anda bisa mencampurkan 2-3 sdm soda kue kedalam air matang. Aduk hingga mengental dan oleskan secara merata ke permukaan kulit. Diamkan selama 20 menit sebelum dibasuh dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa memakai kombinasi air dan soda kue ini 3 kali seminggu.

Daun pepaya

Kandungan senyawa papain dan antiseptik yang ada di dalam daun pepaya bisa membantu menyembuhkan jerawat. Pertama-tama, cuci bersih 4 lembar daun pepaya dan keringkan di bawah sinar matahari. Tumbuk dan campurkan sedikit madu atau putih telur sebelum dioleskan merata ke permukaan kulit wajah. Diamkan sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Masker daun pepaya ini bisa diaplikasikan ke kulit wajah setidaknya 2 kali seminggu.    

Teh hijau

Kandungan senyawa polifenol, vitamin, dan antibakteri yang terdapat dalam teh hijau bisa membantu membasmi jerawat batu atau jerawat nanah yang muncul di kulit. Penggunaan teh hijau juga membantu meminimalkan munculnya infeksi atau peradangan pada kulit, Anda bisa menggunakan kantung teh hijau yang baru saja diseduh, tiriskan dan kompreskan pada bagian kulit yang mengalami jerawat. Diamkan sekitar 20 menit sebelum diangkat dan wajah dibilas air bersih. Anda juga bisa menggunakan serbuk daun teh hijau yang dicampur dengan sedikit madu hingga membentuk pasta. Oleskan secara merata ke permukaan kulit wajah, diamkan sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Namun demikian, sebelum mengaplikasikan masker teh hijau, ada baiknya wajah dibersihkan dari sisa make up yang masih menempel. 

Lidah buaya

Lendir lidah biaya mengandung senyawa antioksidan, antibakteri, anti radang, dan vitamin yang tidak hanya membantu membasmi jerawat tetapi juga mencerahkan kulit wajah. Anda bisa memilih daun lidah buaya yang mengandung banyak lendir dan mengupasnya. Oleskan lendir lidah buaya secara merata ke permukaan kulit wajah dan pada bagian yang mengalami jerawat, pijat lembut dengan gerakan memutar. Diamkan sekitar 30 menit sebelum dibilas bersih dengan air hangat. Ulangi pemakaian masker lidah buaya ini setidaknya 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Alpukat dan madu

Selain mengandung asam lemak yang baik untuk tubuh, alpukat juga mengandung vitamin serta antibakteri yang cocok untuk meredakan jerawat membandel. Anda bisa mengombinasikan alpukat dengan madu sebagai bahan masker dengan perbandingan 2:1. Haluskan alpukat, campur dengan madu hingga terlihat seperti pasta. Oleskan merata ke seluruh permukaan kulit dan diamkan sekitar 30 menit sebelum dibilas bersih menggunakan air hangat. Setelah pemakaian masker alpukat dan madu, Anda bisa mempertahankan kondisi kesegaran kulit dengan pemakaian pelembab non alkohol.

Yogurt dan madu

Untuk meningkatkan kelembaban kulit wajah dan mengobati jerawat, gunakan masker plain yogurt dan madu secara teratur. Sebelum menggunakan yogurt sebagai masker, dinginkan terlebih dahulu yogurt di lemari pendingin. Campur 2 sdm plain yogurt dingin dengan 1 sdt madu. Oleskan merata ke seluruh permukaan kulit dan diamkan sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan perpaduan masker ini dua kali seminggu. Namun demikian, Anda perlu mendukung pemakaian masker ini dengan tidak mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh.

Bubuk kopi dan minyak zaitun

Kombinasi antara bubuk kopi dan minyak zaitun mampu mengobati jerawat, membuat kulit terlihat lebih cerah, dan lembab. Anda bisa mencampur 3 sdt bubuk kopi dan 1 sdt minyak zaitun. Aduk hingga menjadi pasta dan oleskan secara merata. Pada 5 menit pertama, pijat wajah Anda dengan gerakan memutar searah jarum jam dan kemudian didiamkan 20 menit, sebelum dibilas dengan air hangat.

Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan senyawa asam alpha hydroxy yang membantu mengurangi munculnya minyak berlebih. Tidak hanya itu, air jeruk nipis juga mengandung senyawa antibakteri yang membantu mencegah munculnya jerawat setelah diobati. Pertama-tama, Anda bisa memeras air jeruk nipis dan celupkan kapas untuk kemudian dikompreskan ke bagian yang mengalami jerawat. Tahan rasa perih yang muncul, karena hal tersebut adalah pertanda senyawa jeruk nipis bekerja membasmi jerawat.

Mentimun dan air lemon

Kombinasi antara mentimun dan air lemon bisa membersihkan jerawat yang mengganggu wajah Anda. Cukup haluskan ¼ bagian mentimun yang sudah dikupas, campur dengan 20ml air lemon dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Bawang putih

Bawang putih dapat menjadi alternatif masker untuk kulit berjerawat karena kandungan senyawa antibakteri, anti fungal, dan anti radang yang dimiliki. Anda bisa membelah bawang putih menjadi dua bagian atau memipihkannya sebelum mengoleskan bawang putih ke seluruh permukaan kulit secara merata. Diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas air hangat. Pemakaian bawang putih sebagai penghilang jerawat bisa dilakukan sekali sehari setelah mandi sore.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here