Cara Mudah Memutihkan Wajah Secara Tradisional

0
203
Cara Mudah Memutihkan Wajah Secara Tradisional

Setiap orang memiliki kecenderungan untuk merawat kulit wajah. Bahkan pria sekalipun terkadang meluangkan waktu nya untuk merawat wajah. Makanya tak heran jika banyak terdapat produk perawatan wajah khusus untuk laki-laki karena mereka juga menyenangi wajah yang bersih dan terawat seperti halnya wanita. Banyak produk kecantikan yang instan di jual di pasaran. Dari yang aman hingga mengandung zat berbahaya bagi kulit jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Beberapa produk tersebut bahkan lulus sensor dari badan pengawasan obat dan makanan. Ada baiknya kita menggunakan produk yang berbahan ringan atau tradisional. Selain tidak membuat efek ketergantungan pada wajah, namun juga aman digunakan meski proses yang akan didapat tidak mungkin instan. Banyak cara untuk memutihkan wajah secara tradisional dengan memanfaatkan bahan disekitar. 

Namun beberapa tips ini memberi masukan bagi anda tentang memilih pemutih wajah yang tradisional :

  • Konsultasi dengan dokter anda

Sebelum anda menggunakan sebuah produk pemutih wajah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya. Pastikan produk yang akan anda gunakan tersebut aman dipakai dengan komposisi yang sesuai dengan iklim dan cuaca kita. Kemudian pastikan dengan ahli perawatan kulit wajah bahwa produk yang akan anda gunakan tingkat sensitifitasnya masih pada tahap aman bagi kulit wajah. Karena beberapa jenis kulit wajah sangat sensitif dengan produk baru terlebih memiliki kecenderungan kandungan kadar tertentu yang belum pernah anda gunakan sebelumnya.

  • Cermati cara kerja pemutih tersebut

Jika anda sudah menjatuhkan pilihan pada salah satu produk pemutih wajah, maka cermati cara kerja pemutih tersebut. Jika hanya dalam waktu beberapa saat seperti seminggu atau lebih, sudah menampakkan hasil kulit wajah anda memutih, maka waspadalah karena hampir dapat dipastikan bahwa kandungan yang terdapat dalam pemutih anda tersebut terdapat zat sejenis merkuri yang sangat berbahaya, dapat memicu kanker pada kulit wajah. Hampir semua produk pemutih wajah yang tradisional memang memakan sedikit waktu dalam menunjukkan hasilnya. Namun tentu saja sangat aman bagi kulit anda. Bahkan aman digunakan untuk segala usia.

  • Komposisi produk

Pastikan komposisi kandungan bahan pemutih wajah yang akan anda gunakan aman dari bahan-bahan berbau kimia yang membahayakan. Jika anda menemukan bahan seperti Hidrokinon, merkuri, rhodamin B, asam retinoat maka dapat dipastikan bahwa pemutih tersebut berbahaya bagi wajah anda. Disamping membahayakan kulit wajah, kandungan zat kimia tersebut juga dapat merusak fungsi hati dan ginjal dan yang terlebih parah adalah merusak jaringan sel pada wajah yang dapat mengakibatkan kanker.

  • Harga yang ditawarkan

Jangan tergiur akan harga pemutih wajah yang di bandrol murah dengan iming-iming dapat memutihkan wajah dengan cara cepat. Terkadang produsen pemutih wajah tidak berpengalaman dalam meracik bahan yang aman bagi kulit, hanya mengedepankan hasil secara instan tanpa memperhatikan efek buruk yang timbul pada pemakainya. Wanita pada usia remaja terkadang tergiur dengan hasil instan pemutih wajah yang ditawarkan dengan harga yang murah, tanpa mengindahkan komposisi yang diperbolehkan atau tidak.

  • Lisensi BPOM

Selain label kandungan pemutih wajah tersebut sudah aman, selanjutnya anda harus memastikan bahwa produk tersebut sudah lulus uji kelayakan dari BPOM. Jika anda tidak menemukannya maka jangan sekali-kali anda menggunakan produk tersebut. Karena setiap produk yang sudah ditetapkan lulus uji dari BPOM maka produk tersebut dikategorikan aman dengan jaminan dari pemerintah. Meski anda melihat testimoni yang ditampilkan begitu meyakinkan, namun tetaplah jangan mengambil resiko untuk mencobanya jika tidak terdapat lisensi dari pemerintah maupun sertifikat halal MUI.

  • Atasi permasalahan yang ada 

Gangguan kulit wajah yang sedang anda alami seperti jerawat atau komedo dan gangguan wajah lainnya, harus diatasi terlebih dahulu secara tuntas sebelum anda menggunakan produk pemutih wajah merk apapun. Ditakutkan pemutih wajah yang anda gunakan justru memperparah kondisi jerawat dll yang sedang muncul di wajah. Atau justru akan memunculkan masalah baru seperti alergi atau radang pada kulit wajah. Anda dapat memberi perhatian penuh terlebih dahulu pada masalah di wajah. Hingga terapi memutihkan wajah secara tradisional pun dapat maksimal anda perlakukan pada wajah anda, serta hasil yang akan didapat akan maksimal juga.

Saat memakai suatu produk pemutih wajah, tentunya anda tak sabar dengan khasiat yang akan dihasilkan. Namun jangan sampai hal ini mengurangi kehati-hatian dan kecermatan anda dalam menilai pemutih wajah yang anda gunakan. Anda harus cermat membedakan apakah krim atau pemutih wajah tersebut benar-benar alami

Mari kita simak perbedaan antara pemutih wajah tradisional dengan yang berbahan kimia atau yang membahayakan :

  1. Harum alami

Pemutih wajah tradisional memiliki wangi yang alami dan lembut. Namun berbeda dengan pemutih berbahan kimia. Terkadang wangi parfum yang menyengat yang tercium dari pemutih wajah sengaja dicampurkan dalam krim pemutih guna menyamarkan bau tajam zat kimia yang dicampurkan dalam krim seperti bau merkuri. 

  • Warna yang pekat

Pemutih alami akan tampak berwarna lembut dan alami. Hal ini berbeda dengan pemutih wajah berbahan kimia yang berwarna pekat. Biasanya dicampurkan dengan pewarna tekstil berwarna kuning atau putih. Tampilan warna juga akan mengkilap yang berbeda dengan pemutih tradisional yang tampil dengan warna yang lembut.

  • Tidak lengket dan tidak encer

Pencampuran merkuri dan bedak dingin menjadikan tekstur pemutih berbahan kimia menjadi lengket dan encer. Berbeda dengan pemutih wajah tradisional yang langsung menyatu dengan kulit wajah serta mudah terhapus dan encer jika diusapkan pada wajah anda.

  • Menyatu saat digunakan

Pemutih wajah tradisional akan menyatu dan lembut saat digunakan. Bagian-bagiannya juga tetap menyatu dan tidak terurai meski didiamkan di wajah. Namun pemutih berbahan non alami akan terasa kasar di samping juga lengket. Bahkan anda akan mendapati bagian minyak yang terpisah dari krim tersebut jika krim didiamkan beberapa saat di wajah. 

  • Tidak menimbulkan efek panas

Efek samping dari proses memutihkan wajah secara tradisional dapat dirasakan seketika saat pertama kali anda gunakan. Yang berbahan alami akan terasa nyaman di wajah. Namun krim pemutih wajah berbahan non alami akan terasa panas dan terkadang gatal saat pertama digunakan. Dan jika terkena paparan matahari akan menimbulkan kemerahan bahkan bisa saja iritasi. Krim pemutih wajah berbahan non alami akan dengan mudah bereaksi dengan Sinar Uv pada matahari. Hal ini dikarenakan zat kimia yang terkandung berpadu dengan panas matahari hingga menimbulkan rasa panas. Jika terus digunakan maka lapisan atas kulit wajah yang lembut akan rusak. Yang ditandai dengan kemerahan dan pada akhirnya kulit wajah akan berubah warna menjadi gelap. Hal ini dikarenakan lapisan kulit yang telah rusak dan tidak mampu meregenerasi lapisan kulit baru.

Bijaklah dalam memilih krim pemutih wajah anda. Agar hasil yang didapat sesuai yang anda harapkan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here