Mengatasi Rambut Rontok

0
369

Tahukah anda cara mengatasi rambut rontok yang telah terbukti ampuh dan aman? Rambut adalah mahkota, jadi jika timbul masalah rambut rontok maka hal tersebut akan mengurangi rasa percaya diri, baik itu pada wanita maupun pria. Nah simak mengenai cara mengatasi rambut rontok sebagai berikut ini.

Penyebab Rambut Rontok

Ada banyak sebab mengapa rambut menjadi rontok, baik itu karena sebab alami yang masih normal hingga akibat hal lain yang sudah tidak normal. Secara normal dan alamiah maka setiap harinya rambut manusia akan mengalami kerontokan sebanyak antara 40 hingga 120 helai. Namun jika terus terjadi kerontokan yang lebih banyak maka tentu saja akan bisa timbul kebotakan. Kerontokan rambut juga diantaranya adalah akibat terlalu sering terkena sinar matahari, atau karena polusi, atau efek styling rambut, atau stres, atau pola makan yang salah hingga kekurangan vitamin, atau faktor usia, atau faktor genetika dan lain hal sebagainya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Rambut harus selalu dijaga kebersihannya dengan keramas secara rutin setidaknya seminggu sekali, namun rambut rontok bisa juga terjadi akibat pemilihan shampoo yang salah, lalu jika sudah menemukan shampo yang tepat sesuai jenis kulit kepala, yakni kering atau berminyak atau kombinasi atau berketombe maka lalu juga harus rajin menggunakan hair tonik untuk penguatan akar rambut dan menutrisi kulit rambut dan merangsang pertumbuhan rambut, atau bisa juga dengan melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami. Berikut ini adalah cara mengatasi rambut rontok dengan bahan-bahan alami.

Lidah Buaya

Cara merawat rambut rontok bisa dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat serta mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Cara merawat rambut rontok dengan menggunakan lidah buaya adalah dengan mengusapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya, kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit, baru bisa dibilas. Lakukanlah hal ini sebanyak 2 kali hingga 3 kali dalam seminggu untuk dapat hasil yang optimal.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun itu memiliki kandungan vitamin A, dan C, juga D, dan E, serta K dan juga zat besi. Kandungan kalsium pada minyak zaitun itu dapat membantu untuk mengurangi kerontokan rambut. Caranya juga mudah, cukup hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala dengan secara merata dan lalu dipijat-pijat dengan secara perlahan-lahan selama 30 menit.

Kemiri

Bumbu masak berupa kemiri atau aleurites adalah tumbuhan yang biji juga daunnya bisa dimanfaatkan dalam banyak hal, terutama setelah jadi minyak. Minyak kemiri biasanya digunakan juga sebagai bahan sabun, atau shampoo, atau pengawet kayu, atau bahan pernis dengan kandungan utama berupa zat asam oleostearat. Biji kemiri warnanya putih kecoklatan, bentuknya bulat seperti kacang macadamia, dengan diameter biji sekitar 2 cm hingga 4 cm. Kandungan pada minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, juga menjadi sehat serta mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara merawat rambut yang rontok dengan kemiri cukup mudah. Yakni adalah dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar, lalu setelah disangrai kemudian ditumbuk sampai halus dan hingga mengeluarkan minyak, lalu selanjutnya usapkanlah minyak kemiri tersebut pada kulit rambut, diamkan sejenak kemudian bisa dibilas dan keramas.

Jus ketumbar

Banyak yang belum bisa membedakan antara ketumbar dengan merica. Mungkin hal ini disebabkan karena bentuk dari kedua bahan alami tersebut yang hampir sama, meski sebenarnya beda. Bentuk ketumbar itu bulat kecil, butiran berwarna terang dan juga memiliki aroma yang harum dan tidak pedas, sedangkan lada memiliki aroma yang menyengat jika dihirup langsung dari hidung. Jus ketumbar bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga menurunkan rambut rontok. Caranya adalah giling daun ketumbar segar, lalu saring, kemudian oleskan jus pada kulit kepala, dan biarkan selama sekitar satu jam, kemudian sesudahnya gunakanlah shampo yang ringan untuk mencucinya. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali seminggu.

Jambu Biji

Selain enak dikonsumsi, jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Buah jambu ini mengandung vitamin B3, dan B5 serta B6 sehingga mampu memperbaiki rambut rusak, dan membersihkan kulit kepala, juga menghentikan rambut rontok.

Cara membuat masker rambut dari buah jambu cukup mudah. Caranya adalah dengan menghancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur yang lembut dan lalu ditambahkan dengan satu putih telur. Kemudian aduk bahan masker tersebut sampai rata lalu langsung oleskan ke rambut dan juga kulit kepala. Lalu diamkan sekitar 40 menit sambil pijat kulit kepala dengan pelan-pelan, sesudahnya bisa dibilas sampai bersih dengan menggunakan shampoo.

Santan Kelapa

Banyak shampoo dan kondisioner yang menggunakan bahan baku kelapa. Hal ini karena kelapa dikenal mampu menjadi pelembap yang berkualitas tinggi, sedangkan salah satu penyebab utama rambut menjadi rontok itu adalah akibat kulit kepala yang rusak karena mengalami kekeringan. Oleskan santan ke akar rambut dan lalu diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bisa dibilas hingga bersih.

Alpukat

Buah alpukat juga bisa untuk merawat rambut yang rontok. Kandungan protein yang terdapat pada alpukat ini akan sangat efektif untuk menguatkan rambut dan juga mampu memberi nutrisi pada rambut. Selain itu, buah ini juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Cara menggunakan alpukat untuk mengurangi rambut rontok adalah cukup dengan menghaluskan buah alpukat tersebut, kemudian balurkan pada kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama sekitar 20 menit kemudian bilas dengan shampoo hingga bersih. Lakukanlah perawatan dengan buah alpukat ini secara rutin.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Medis

Cara medis bisa ditempuh dengan cara menggunakan obat medis kimiawi atau dengan melakukan prosedur operasi.

Obat Medis Kimiawi

Salah satu jenis obat yang cukup efektif untuk mengatasi rambut rontok adalah minoxidil atau rogaine. Obat ini termasuk dalam golongan obat jenis vasodilator yang akan mampu melancarkan aliran darah. Obat ini  tersedia dalam bentuk larutan atau bentuk bisa yang dapat secara langsung dioleskan ke kulit kepala. Frekuensi pemakaiannya adalah 2 kali sehari. Hasil yang maksimal dapat terlihat dalam kurun waktu 16 minggu jika terus digunakan dengan secara konsisten. Lalu ada propecia dan aldactone. Propecia itu tersedia dalam bentuk pil dan hanya boleh dipergunakan oleh kaum pria. Sementara obat aldactone itu diresepkan untuk masalah penipisan rambut yang terkait dengan produksi androgen. Penggunaan obat kimiawi ini mengandung risiko medis, mulai dari tumbuhnya rambut di tempat yang tidak dikehendaki, hingga alergi dan turunnya kemampuan seksual, serta meningkatnya denyut nadi dan lain sebagainya.

Operasi

Operasi dilakukan dengan pencangkokan sebagian kulit kepala bagian belakang yang biasanya masih memiliki kulit kepala dengan rambut yang tumbuh subur ke bagian depan kepala yang kulit kepalanya mulai mengalami kerontokan rambut atau kebotakan. Namun operasi ini biayanya sangat mahal, dan memiliki risiko medis juga.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi rambut rontok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here