10 Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Hasil Permanen

0
59
Mengecilkan pori-pori wajah bisa menggunakan bahan alami. Bahan-bahan alami yang digunakan ini juga akan memberikan hasil yang permanen dan aman di kulit

Ukuran pori-pori yang terlalu besar akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seorang wanita khususnya. Terlepas dari itu sebenarnya pori-pori wajah yang besar juga membawa dampak negatif karena bisa menjadi sumber penyebab jerawat dan komedo yang diakibatkan oleh penumpukan kotoran di dalam lubang pori-pori tersebut. Nah, untuk mengecilkan pori-pori wajah, Anda bisa menggunakan bahan alami yang tidak kalah efektif dengan skincare di pasaran. Bahan-bahan alami yang digunakan ini juga akan memberikan hasil yang permanen dan aman di kulit.

1. Es Batu

Anda bisa memanfaatkan es batu untuk mengecilkan pori-pori. Es batu ini merupakan salah satu cara instan untuk hasil yang lumayan cepat dan efektif. Ambil es batu dan bungkus menggunakan kain seperti sapu tangan atau handuk wajah. Kemudian oleskan pada wajah secara perlahan selama 15 menit agar mendapatkan hasil yang maksimal. Es batu memang dikenal sebagai cara yang ampuh untuk mengatasi pori-pori yang besar karena suhu dinginnya. Makanya es batu atau air dingin sering disarankan penggunaannya sebelum merias wajah.

2. Madu

Madu merupakan nektar yang dihasilkan oleh salah satu serangga yakni lebah. Cairan kental dan manis ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dalam dunia kecantikan, madu memiliki manfaat seperti mencerahkan kulit dengan kandungan antioksidannya serta mengangkat sel-sel kulit mati. Selanjutnya madu juga salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pori-pori wajah. Anda bisa menyiapkan madu sebanyak 1 sendok makan, lalu oleskan pada wajah yang telah lebih dulu dibersihkan. Kemudian diamkan madu yang telah dioles pada wajah selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

3. Cuka Apel

Cairan yang mengandung zat asam ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah pori-pori. Sifat asamnya disinyalir dapat membantu proses regenerasi kulit serta mengangkat sel kulit mati. Anda bisa meracik cuka apel juga sebagai toner alami untuk wajah. Hal yang perlu Anda ingat adalah hindari pemakaian cuka apel sepenuhnya karena akan berbahaya. Jadi, campurkan cuka apel sebanyak 1 sendok makan dengan 1 gelas air putih dan bersih, Kemudian celupkan kapas dan oleskan pada wajah. Setelah itu Anda bisa menggunakan masker apa saja untuk menunjang penampilan agar lebih menarik.

4. Minyak Zaitun

Bahan alami yang bisa mengecilkan pori-pori adalah minyak zaitun. Minyak yang berasal dari buah zaitun ini memang telah lama diketahui banyak manfaatnya. Kandungan zat linoleic acid diketahui dapat membantu untuk menjaga kadar air pada kulit wajah agar tidak keriput. Oleh karena itu banyak yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai pelembab untuk anti aging.

Minyak yang kaya antioksidan ini juga mampu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Nah, untuk mengatasi masalah pori-pori yang terlalu besar, Anda bisa mengoleskan campuran minyak zaitun dengan madu. Gunakan 1 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok teh madu murni. Oleskan pada wajah sebagai masker. Bilas menggunakan air bersih setelah 15 menit.

5. Air Rendaman Beras

Jangan buang air hasil rendaman atau cucian beras. Kenapa? Karena beras mengandung asam ferulic serta allantoin yang mampu melindungi kulit Anda serta mengecilkan pori-pori pada wajah. Mulanya rendam beras dalam sebuah wadah ukuran sederhana, jangan terlalu kecil dan terlalu besar. Biarkan air beras tersebut mengendap. Setelah itu gunakan endapan air beras tersebut sebagai masker alami pada wajah Anda.

6. Kopi dan Gula

Kopi dan gula biasanya diracik untuk minuman penghilang kantuk. Namun selain tu kedua campuran bahan ini dapat juga dimanfaatkan sebagai scrub alami pada wajah untuk menghilangkan kulit mati sehingga wajah terlihat lebih hidup dan tidak kusam. Pembersihan sel kulit mati pada wajah juga memiliki manfaat sampingan seperti pori-pori wajah akan mengecil.

Campurkan 1 sendok teh bubuk kopi dengan 1 sendok teh gula. Kemudian tambahkan sedikit air dan aduk hingga menyerupai pasta. Adonan scrub tersebut jangan terlalu cair dan terlalu kering. Selanjutnya oleskan pada wajah sembari menggosok perlahan agar sel kulit mati terangkat. Hindari gerakan menggosok dengan terlalu kasar karena hal tersebut dapat menghasilkan kerutan kecil pada wajah.

7. Teh Hijau

Bahan alami yang mengandung anti oksidan ini dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi kulit. Teh hijau juga bisa mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori turut mengecil. Pemakaiannya bisa dengan mengaplikasikan daun teh hijau atau bubuk teh hijau pada wajah sebagai masker.

Bagi Anda yang ingin menggunakan daun teh hijau pada wajah maka rendamlah terlebih dahulu daun teh di dalam air panas selama 15 menit. Kemudian oleskan air tersebut menggunakan kapas pada wajah Anda. Untuk penggunaan bubuk teh hijau, bisa dengan mencampurkan 1 sendok makan teh hijau dan air hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah seperti masker, tunggu hingga 15 menit dan bilas bersih.

8. Jeruk Nipis

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis memiliki fungsi untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih pada wajah serta mengangkat sel kulit mati sehingga bisa mengecilkan pori-pori pada wajah. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras airnya. Kemudian oleskan air perasan tersebut pada wajah Anda. Diamkan selama 15 menit agar air jeruk nipis menyerap dengan baik. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

9. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Saat ini tanaman yang dikenal dengan aloe vera ini sedang gencar dicari oleh wanita. Hampir seluruh brand skincare mengeluarkan produk dengan kandungan aloe vera untuk menarik konsumen. Terlepas dari itu, benar bahwa aloe vera mampu menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah serta mengecilkan pori-pori. Anda hanya perlu mengambil gel lidah buaya dan oleskan secara merata pada kulit wajah. Kemudian diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih dengan air.

10. Kentang

Kentang tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga dalam dunia kecantikan. Kandungan mineral dalam sayuran kentang ini dapat menjadi antibiotik yang memperlambat penuaan pada wajah serta mempercepat regenerasi kulit dengan mengangkat kulit mati. Antioksidan alami dalam sayuran kentang juga bermanfaat dalam menyamarkan atau menghilangkan noda dan flek hitam dengan sempurna.

Kupas kentang, rebus dan tumbuk halus. campurkan kentang yang telah dihaluskan tersebut dengan 2 sendok makan susu hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah Anda hingga bersih.

Semua bahan di atas mudah ditemukan dan juga dinilai manjur dalam mengecilkan pori-pori wajah secara permanen. Tunggu apa lagi? sekali-kali gunakan bahan alami untuk perawatan kulit agar kulit wajah bisa bebas dari bahan kimia yang terkandung dalam produk skincare.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here