Penyebab dan Cara Menghilangkan Bintik-bintik Kecil di Wajah

0
38
simak pembahasan mengenai cara menghilangkan bintik bintik kecil di wajah

Bintik-bintik kecil di wajah memang sangat mengganggu dan dapat merusak penampilan, membuat jadi berkurang rasa percaya dirinya. Simak pembahasan mengenai cara menghilangkan bintik bintik kecil di wajah sebagai berikut.

Apa itu Milia atau Bintik Kecil di Wajah

Mirip seperti komedo, namun menonjol. Kalau mau dipencet, tetapi tidak bisa keluar apa-apa dari isinya, karena memang bukan jerawat. Inilah milia, yakni bintik-bintik kecil yang muncul di wajah yang disebut sebagai milia itu. Mikia tersebut bisa timbul di pipi, atau di hidung, atau juga bisa di sekitar mata, dan pada segala usia dapat mengalami milia ini, sejak dari bayi hingga ke orang dewasa. Sebenarnya milia ini bukan masalah yang terlalu serius. Tapi akan sangat mengganggu penampilan. Tekstur wajah pun menjadi tidak rata, dan kulit jadi tak kurang mulus.

Penyebab Milia atau Timbulnya Bintik-bintik Kecil di Wajah

Milia atau bintil-bintil kecil di wajah tersebut muncul sebagai akibat adanya sel kulit mati yang terjebak di bawah permukaan kulit. Bintil-bintil kecil atau milia ini biasanya timbul di bagian bawah mata, juga di pipi atas, serta dagu. Disebabkan oleh bentuknya yang terlihat jelas pada bagian wajah, maka milia seringkali mengganggu penampilan, meski biasanya kimia itu bisa hilang dengan sendiri dalam beberapa minggu. Ahli

Dermatologi menyebutkan bahwa milia merupakan bintik menonjol kecil yang muncul di permukaan kulit ketika sel kulit mati terjebak di dalamnya. Milia itu terbentuk oleh keratin, yakni protein yang ada pada lapisan terluar kulit. Bintik kecil milia memang berbeda dan bukanlah komedo atau jerawat, jadi hanya sekedar semacam kantong di kulit normal. Terdapat dua penyebab utama munculnya milia itu, yakni jika munculnya di area mata, maka ini dimungkinkan karena akibat pemakaian krim yang terlalu berat, padahal kulit di area mata itu lebih tipis jika dibanding dengan kulit di area wajah lain. Namun, jika munculnya di area hidung atau bahkan di bagian tubuh, maka itu biasanya dikarenakan oleh kerusakan kulit, yang bisa karena hormon atau akibat dampak paparan sinar matahari, atau bisa juga terjadi sebagai akibat iritasi kulit ataupun akibat pemakaian produk yang berformula keras.

Cara Menghilangkan Bintik-bintik Kecil di Wajah

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menyingkirkan bintik kecil di wajah atau milia ini, antara lain sebagai berikut.

Melakukan Eksfoliasi dan Chemical Peeling

Karena milia adalah sel kulit mati yang terperangkap, maka hal tersebut bisa diatasi dengan cara melakukan pengikisan kulit mati dengan cara melakukan eksfoliasi atau bisa juga dengan chemical peeling, yang dapat dilakukan dengan menggunakan produk yang mengandung AHA, atau BHA untuk eksfoliasi yang lebih ringan.

Gunakan Krim Bertekstur Ringan untuk Area Mata

Kurangi juga krim yang akan diaplikasikan di kulit mata, guna mencegah akan lebih banyak munculnya milia. Pergunakanlah eye cream yang memiliki tekstur yang ringan. Hindarilah area sekitar mata dari krim wajah yang pekat karena dapat membuat sel kulit mati terperangkap di area tersebut.

Gunakan Retinol

Produk dengan kandungan retinol akan sangat membantu untuk meregenerasi kulit, sehingga maka akan lebih sedikit jumlah sel kulit mati, dengan demikian maka akan meminimalisir kemungkinan terbentuknya milia.

Ekstraksi

Menghilangkan bintik kecil di wajah atau milia, juga bisa dilakukan dengan melakukan ekstraksi. Namun supaya tidak terjadi infeksi atau luka yang berbahaya maka sebaiknya ekstraksi tersebut dilakukan oleh ahlinya, dalam hal ini adalah ahli dermatologi.

Cara Menghilangkan Milia atau Bintik-bintik Kecil di Wajah dengan Bahan Alami

Menghilangkan bintik kecil di wajah atau milia dengan menggunakan cara medis atau produk kimiawi selain lebih mahal juga memiliki risiko kesehatan, oleh karenanya bisa dicoba melakukannya dengan menggunakan aneka bahan alami sebagai berikut. Kuncinya adalah kesabaran dan rutin melakukannya guna mendapatkan hasil yang optimal.

Mentimun

Mentimun ini sudah terkenal dan dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan. Kandungan air di mentimun itu cukup tinggi. Sayuran yang satu ini juga bisa dengan mudah ditemukan di pasar atau di supermarket. Mentimun ini bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bintik-bintik milia yang membandel pada wajah. Cara untuk memanfaatkan mentimun guna menghilangkan bintik pada wajah atau milia itu cukup mudah, yakni caranya adalah sebagai berikut ini. Pertama potong mentimun, iris tipis-tipis, lalu tempelkan irisan mentimun tersebut pada bagian wajah yang berbintik milia. Sebelumnya wajah harus sudah dalam keadaan bersih terlebih dahulu. Cucilah wajah dengan menggunakan air hangat supaya tidak terdapat kotoran yang menempel pada kulit wajah dan tidak juga supaya pori-pori wajah terbuka, sehingga  dengan demikian maka vitamin dari mentimun bisa meresap ke dalam kulit dengan secara sempurna. Cara tersebut bisa dilakukan pada malam hari menjelang tidur, sehingga dengan begitu nutrisi pada mentimun bisa terserap dengan maksimal.

Bengkoang

Bengkoang juga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih putih dan juga berseri. Bengkoang itu memiliki berbagai macam jenis vitamin yang dibutuhkan oleh kulit ketika melakukan regenerasi, sehingga juga akan dapat membantu untuk menghilangkan bintik-bintik milia pada wajah.

Cara menggunakan bengkoang untuk menghilangkan milia itu sangat mudah, yakni hanya perlu menjadikan bengkoang sebagai masker. Cara untuk membuat masker wajah dari bahan bengkoang itu adalah dengan menghaluskan buah bengkoang yang sudah dibersihkan dan dikupas, bisa dengan cara diparut atau diblender, lalu endapkanlah selama beberapa saat. Kemudian dari saripati yang dihasilkannya dari endapan bengkoang tadi dapat dipergunakan sebagai masker.

Lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan salah satu tumbuhan herbal yang mempunyai banyak manfaat, terlebih lagi untuk bidang kesehatan dan juga kecantikan. Berdasarkan penelitian, maka cairan lendir dari lidah buaya sangat efektif untuk menghilangkan bintik-bintik milia yang mengganggu kulit wajah.

Bagian dari lidah buaya yang bisa dipergunakan untuk mengatasi bintik hitam milia itu adalah getah daging atau cairan lendirnya. Bagian tersebut mempunyai kandungan yang dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bintik wajah atau milia ini sangat mudah, yakni cukup ambil daging lidah buaya secukupnya, atau belah lidah buaya, lalu gunakan daging lidah buaya tersebut sebagai masker wajah. Oleskan cairan lidah buaya pada wajah, lalu diamkan selama beberapa saat hingga lendir mengering dengan sendirinya. Setelah itu, maka kemudian bisa cuci dan lalu dibilas hingga benar-benar bersih. Lakukanlah hal ini dengan rutin, yakni sekitar 2 sampai 3 minggu guna mendapatkan hasil yang optimal. Menghilangkan bintik pada wajah atau milia dengan menggunakan bahan-bahan alami memang membutuhkan proses, namun jika dilakukan dengan secara rutin dan juga konsisten maka hasil yang diinginkan juga akan bisa segera didapatkan, tanpa harus takut dengan terkena efek sampingnya, seperti jika menggunakan bahan-bahan kimia.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghilangkan bintik bintik kecil di wajah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here