Ingin Kulit Mulus? Ini Dia 10 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

0
51
Berikut ini ada 10 cara yang tepat untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah mulus tanpa bopeng bekas jerawat? Semua orang pasti ingin, terutama wanita yang selalu memperhatikan penampilannya. Bopeng bekas jerawat biasanya dapat berupa cekungan-cekungan halus pada wajah sehingga membuat seseorang tidak percaya diri. Meskipun bisa ditutupi dengan polesan make up, tapi bukankah lebih baik dihilangkan secara permanen? Berikut ini ada 10 cara yang tepat untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.

1. Madu

Seperti yang kita ketahui bahwa madu memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri di mana juga mampu mengobati jerawat serat mengurangi luka dan bekas luka termasuk bopeng. Anda bisa menggunakan madu dengan cara mengoleskan ke wajah yang terdapat bopeng bekas jerawat selama semalaman. Kemudian pastikan juga Anda menggunakan madu asli agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kandungan madu murni masih sangat terjaga sehingga mempercepat proses pemulihan bopeng. Apabila jerawat Anda masih meradang juga bisa menggunakan madu karena dapat mengurangi iritasi akibat luka karena jerawat membandel.

2. Bubuk Cendana dan Air Mawar

Bubuk kayu cendana memiliki manfaat untuk mengurangi bekas jerawat alias bopeng. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk kayu cendana dengan air mawar. Kedua bahan ini akan bekerja sebagai bahan yang mengurangi peradangan serta bermanfaat untuk menyegarkan kulit. Oleh karena itu pemakaiannya juga tidak menimbulkan rasa perih pada kulit wajah. Campurkan air mawar dengan bubuk cendana secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

3. Mentimun

Mentimun memiliki fungsi untuk menyegarkan kulit wajah. Selain itu khasiat mentimun juga tidak diragukan lagi sebagai bahan alami yang mampu melembutkan kulit termasuk mengobati bopeng bekas jerawat. Anda bisa menggunakan mentimun dengan cara iris tipis-tipis dan letakkan pada bekas jerawat atau bopeng agar kandungan mentimun bisa meresep dengan waktu yang lebih cepat. Cara lainnya adalah bisa dengan haluskan mentimun terlebih dahulu. Kemudian oleskan pada wajah yang telah lebih dulu dibersihkan sebagai masker. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

4. Perasan Lemon

Buah lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi di mana kandungan antioksidannya juga diperlukan untuk mempercepat regenerasi kolagen. Kolagen merupakan komponen utama yang ada pada kulit untuk menyembuhkan bopeng dalam waktu singkat. Gunakan perasan lemon dengan kapas dan tempelkan pada bagian wajah yang terdapat bopeng bekas jerawat. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat. Selain itu Anda juga bisa menambahkan madu, susu atau minyak almond agar mendapatkan khasiat lebih cepat dan akurat.

5. Aloe Vera

Rasanya bukan lagi rahasia bahwa aloe vera atau lidah buaya memiliki seribu manfaat untuk perawatan kulit wajah. Ya, kandungan aloe vera bisa membuat penampilan Anda lebih percaya diri dengan kulit wajah yang cerah tanpa noda bekas jerawat serta bopeng. Saat ini banyak produk skincare yang berbahan dasar aloe vera untuk menarik konsumen mengingat para wanita rata-rata sedang demam skincare aloe vera dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Untuk itu brand skincare Indonesia juga berinisiatif untuk menggunakan bahan dasar yang sama agar menarik pelanggan.

Aloe vera memiliki kandungan yang cukup aktif dalam menyembuhkan bopeng pada kulit wajah. Kulit Anda akan menutrisi hingga ke bagian bahwa kulit sehingga bopeng bisa hilang dalam waktu singkat. Lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah.

6. Bubuk Kunyit

Secara medis bubuk kunyit memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan juga kulit. Bubuk kunyit dipercaya mampu mengurangi bekas luka termasuk untuk menghilangkan bopeng. Anda bisa memakai bubuk kunyit dengan tambahan air secukupnya hingga membentuk pasta. Aplikasikan masker kunyit tersebut pada wajah yang ada bopeng bekas jerawat. Tunggu hingga 15 menit dan bilas bersih menggunakan air. Apabila Anda ingin lebih praktis bisa dengan membeli krim kunyit yang dijual di apotik. Produk tersebut memang diracik untuk menghilangkan bopeng akibat jerawat.  

7. Daun Mimba

Bagi Anda yang belum pernah mendengar nama daun ini, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari daun yang juga disebut Neem Leaves. Salah satu jenis tanaman yang kaya akan kandungan alkaloid ini juga memiliki manfaat bagi kulit termasuk anti bakteri dan jamur.

Daun ini bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat pada kulit wajah dengan cara menempelkan secara langsung daun ini pada wajah. Selain itu Anda bisa juga menghaluskan terlebih dahulu dan gunakan seperti masker. Senyawa yang ada daun mimba ini dapat membantu mengurangi kerusakan sel kulit mati. Daun ini juga bisa digunakan sebagai antiseptik sehingga dapat mengatasi masalah jerawat dan kemerahan pada kulit wajah.

8. Kelabat

Biji kelabat atau disebut juga dengan fenugreek dalam bahasa Inggris. Negara India telah lama menggunakan biji ini untuk sistem pengobatan Ayurveda. Kelabat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai conditioner untuk rambut dengan mencampurkan dengan yoghurt. Untuk bopeng sendiri, biji ini dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat secara ampuh dengan cara berikut ini.

  • Rebus segenggam biji kelabat di dalam air mendidih
  • Gunakan ekstrak air hasil rebusan tersebut untuk dioleskan pada wajah yang memiliki bopeng selama 10 menit
  • Anda bisa menggunakan kapas untuk mengaplikasikannya
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan
  • Lakukan secara rutin agar bopeng akibat jerawat cepat memudar

9. Diet yang Seimbang

Selain bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat tersebut dengan cara melakukan diet yang seimbang. Apabila Anda sering mengkonsumsi makan berminyak maka bopeng akan tetap bertengger pada wajah Anda. Makanan berminyak dipercaya sebagai penyebab bopeng atau jerawat yang tidak kunjung sembuh meskipun belum ada penelitian yang membuktikannya. Oleh karena itu Anda hanya perlu menjalankan diet yang seimbang dengan cara konsumsi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit sehingga kulit tetap ternutrisi dan mudah dalam proses regenerasi.

10. Banyak Minum Air Putih

Air putih juga memiliki peran penting dalam dunia kesehatan dan kecantikan. tubuh selalu membutuhkan cairan untuk menghasilkan tenaga dan melembabkan kulit. Kulit yang kering akan rentan terhadap beragam masalah. Oleh karena itu seseorang disarankan untuk konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Kulit orang yang banyak mengkonsumsi air putih akan terlihat lebih segar. Anda juga mengurangi rasa lelah dengan minum air putih dan juga meningkatkan mood. Kemudian dengan konsumsi air putih juga akan meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bopeng jerawat juga akan mudah hilang.

Itulah 10 cara untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat pada wajah. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat Anda menjadi lebih percaya diri dengan wajah yang mulus tanpa bopeng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here