Tips Untuk Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

0
393
mengetahui tentang cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Menghilangkan noda hitam bekas jerawat memang sangat bermanfaat karena hampir semua orang pernah mengalami masalah yang satu ini.

Mengenal Pemicu Jerawat

Menjaga penampilan memang sebuah keharusan karena bagaimanapun juga penampilan merupakan aset untuk tampil “ positif “ di mata orang lain. Sebelum mengenal kepribadian seseorang tentu yang dinilai pertama kali adalah penampilannya. Penampilan secara keseluruhan, terutama wajah. Karena wajah memang menjadi point of interest.

Berbicara mengenai wajah, masalah utama yang seringkali dialami adalah masalah jerawat. Jerawat ini merupakan pori – pori wajah yang tersumbat akibat minyak (sebum) yang berlebih bercampur kotoran kemudian membentuk sebuah benjolan di permukaan kulit wajah. Ada yang berupa jerawat kecil dan ada pula yang berupa jerawat batu yang menimbulkan rasa nyeri.

Besar atau kecilnya jerawat tetap saja harus dihilangkan. Karena bekas jerawat akan sangat mengganggu penampilan wajah. Sehingga mengetahui cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat ini bisa dikatakan sangat penting. Namun sebelum anda mengetahui tentang cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat ini, sebaiknya anda perlu tahu tentang faktor apa saja yang kira – kira bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah.

  • Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Agar anda tak perlu ribet mengetahui cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat sebenarnya kunci utamanya adalah dengan cara menjaga kebersihan wajah yaitu dengan mencuci wajah minimal 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur. Jika anda sering mengalami jerawat, bisa jadi karena kebersihan wajah anda kurang terjaga.

  • Kebersihan Wajah Kurang Maksimal

Membersihkan wajah saja ternyata tidaklah cukup jika ternyata cara membersihkan wajah yang anda lakukan tidak maksimal. Selalu biasakan untuk melakukan double cleansing agar kebersihan wajah lebih maksimal. Dimulai dengan make up remover seperti micellar water, kemudian dilanjutkan dengan cleansing oil atau milk cleanser dan terakhir menggunakan face wash sesuai dengan jenis kulit agar debu, kotoran, minyak dan sisa make up terangkat dengan sempurna.

  • Peralatan Make Up Kotor

Jerawat juga bisa muncul jika peralatan make up anda kurang higienis. Biasakan diri anda untuk rutin mencuci perlengkapan make up seperti kuas dan spons. Karena debu bisa saja menempel pada peralatan make up anda dan bisa memicu jerawat muncul.

  • Sering Memakai Make Up Tebal

Menggunakan make up memang sah – sah saja, namun penggunaan make up berat pada wajah yang terlalu sering bisa membuat pori – pori sulit bernafas. Akibatnya jerawat bisa muncul. Sehingga disarankan untuk menggunakan make up berat hanya saat – saat tertentu saja.

  • Hobi Gonta – ganti Skin Care

Skincare dan wanita memang tidak bisa dipisahkan karena skincare memang sangat penting bagi wanita. Namun ada baiknya untuk tidak mudah tergiur dengan iklan atau saran orang lain sehingga membuat anda hobi bereksperimen produk skincare pada wajah anda.

Tidak semua kulit memiliki kebutuhan yang sama. Kebutuhan kulit orang lain, belum tentu sama dengan kebutuhan kulit wajah anda. Sehingga sebaiknya gunakanlah skincare sesuai dengan jenis kulit dan hindari kebiasaan bergonta – ganti skincare karena ketika kulit wajah anda tidak cocok dengan kandungan tertentu yang terdapat pada skincare, maka bisa memicu munculnya jerawat sebagai efek iritasi.

  • Barang – barang yang Anda Gunakan  Tidak Bersih

Jerawat juga bisa muncul akibat benda – benda yang sering bersentuhan dengan wajah anda tidak bersih. Debu dan kotoran tersebut berpindah pada kulit wajah dan pada akhirnya menimbulkan jerawat. Benda – benda tersebut bisa berupa perlengkapan tidur maupun ponsel.

Dengan menghindari beberapa faktor diatas maka akan membantu anda dalam menghindari jerawat sehingga nantinya anda tak perlu lagi kerepotan harus melakukan berbagai cara untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang bisa hilang dengan sendirinya, walaupun memang terdapat beberapa jenis jerawat tertentu yang menimbulkan rasa nyeri hingga bekas jerawat. Bekas jerawat atau disebut juga dengan bopeng memang menjadi mimpi buruk karena setelah jerawat menghilangkan, bekasnya akan tetap ada. Bekas jerawat berupa noda hitam tentu akan sangat mengganggu penampilan. Sehingga anda perlu tahu bagaimana cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat ini.

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, mulai dari yang alami hingga modern. Berikut ini adalah penjelasannya.

Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang pertama bisa dengan cara alami yaitu memanfaatkan beberapa bahan alami yang memang dikenal mampu memudarkan dan menghilangkan bekas jerawat. Beberapa bahan alami tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Lidah Buaya

Lidah buaya tak hanya bersifat menenangkan dan anti inflamasi namun juga bisa menghilangkan bekas jerawat. Aloesin pada lidah buaya mampu mencegah terjadinya penggelapan kulit.  Caranya pun terbilang mudah yaitu dengan melembutkan gel lidah buaya kemudian menggunakannya sebagai masker kulit selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Mentimun

Mentimun memiliki kandungan vitamin E, antioksidan dan juga astringent yang dapat menangkal radikal bebas sekaligus mencegah jerawat. Gunakan masker mentimun secara rutin selama 15 menit. Bisa dengan hanya mengiris – iris timun tipis kemudian menempelkannya pada wajah atau bisa juga dengan menghaluskan mentimun dan menggunakannya sebagai masker.

  • Lemon

Kandungan asam sitrat pada lemon mampu meratakan warna kulit sekaligus mencerahkan. Peras lemon kemudian gunakan sebagai masker wajah selama 15 menit. Bilas dengan air dingin dan lakukan cara ini secara teratur.

  • Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga bisa menjadi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat karena mampu mengangkat sel  kulit mati. Jemur kulit jeruk hingga kering, tumbuk halus kemudian campurkan air hingga membentuk pasta. Gunakan sebagai masker wajah. Jangan lupas bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini rutin sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A dan antioksidan yang dapat meredakan jerawat sekaligus menghilangkan bekasnya. Kandungan enzim papain pada pepaya juga mampu mengikis sel – sel kulit wajah yang mati. Haluskan pepaya dan gunakan sebagai masker wajah selama 15 menit. Bersihkan dengan air hangat.

Selain menggunakan cara di atas, anda juga bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cara yang lebih praktis yaitu :

  • Rajin menggunakan sunblock
  • Rutin melakukan peeling wajah
  • Melakukan treatment wajah seperti laser
  • Menggunakan krim wajah yang memiliki kandungan pencerah

Kedua metode tersebut bisa anda lakukan keduanya. Jika anda ingin cara yang minimal efek, bisa menggunakan cara alami. Namun jika anda ingin praktis, bisa menggunakan cara kedua. Hindari segala hal yang dapat memicu jerawat serta pastikan anda selalu mengaplikasikan skincare sesuai jenis kulit. Aplikasikan juga sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat memicu flek dan kanker kulit. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah anda agar anda tak perlu lagi menggunakan menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here