Meningkatkan Kecantikan Wanita Dengan Menerapkan Tips Kesehatan Ini

0
53
Meningkatkan Kecantikan Wanita Dengan Menerapkan Tips Kesehatan Ini

Hal menarik yang perlu dipahami dalam rangka membahas masalah kaum wanita adalah kecantikan dan kesehatan. Pemahaman akan perbedaan antara kecantikan dan kesehatan sangatlah diperlukan dalam membahas kaum wanita yang unik. Hal ini disebabkan karena ada kaitan yang erat antara cantiknya wanita dengan sehatnya mereka. Untuk mengoptimalkan kesehatan wanita, merawat kecantikan adalah langkah pertama yang cukup baik, yang tentunya dengan bahan-bahan alami. Sehingga perawatan kecantikan tidak menurunkan kesehatan seorang wanita. Tapi apa lagi yang bisa wanita lakukan untuk merawat kesehatan mereka ? berikut ini adalah meningkatkan kecantikan yang bisa berdampak baik pada kecantikannya. Kesehatan wanita disini mencakup sehat dalam segala hal, baik mental maupun sosial-kultural.

1. Kelola Stres

Meskipun itu tidak selalu mudah untuk dilakukan, mengelola pikiran dengan baik selalu bisa untuk dilakukan. Tidak percaya diri karena teman-teman kita berdandan dengan kosmetik berharga puluhan juta ? dikhianati pria yang selama ini kita anggap sebagai teman untuk menjalani kehidupan masa tua kita ? atau punya cicilan motor yang belum lunas ? nah kemudian muncullah rasa was-was dan khawatir yang membuat kadar CD4 (ukuran sistem kekebalan tubuh) kita dibawah minimal. Menurut sebuah studi dalam Journal of Health Psychology, “kesehatan seseorang menunjukkan kesehatan mentalnya”. Mengelola pikiran adalah Self-Healing

2. Berkumpul Bersama Teman-Teman Yang Positif

Menurut sebuah studi PLOS Medicine pada tahun 2010, interaksi sosial yang rendah adalah salah satu faktor yang mengakibatkan kesehatan mental wanita menurun, dan secara langsung akan berdampak pada kesehatan fisiknya.

Pertahankan tali pertemanan kita dengan jaringan sosial yang baik dapat menyingkirkan hawa negatif dalam tubuh kita, sehingga kesehatan tubuh kita pun dapat terjaga.

3. Istirahat yang cukup

Untuk wanita dewasa yang setiap hari menjalankan rutinitas yang padat, mungkin akan berdampak pada kualitas dan kuantitas tidurnya. Dengan menurunnya jumlah tidur mereka, akan berdampak besar pada imunitas tubuh yang membuatnya mudah untuk dihinggapi penyakit. Waktu tidur seseorang juga akan berdampak pada gaya hidup serta aktivitasnya.

Waktu tidur ideal untuk orang-orang dewasa seperti kita minimal 7 jam per hari.

4. Kenali masalah Eating Disorder

Kelainan ini merupakan sebuah penyakit yang sering menghinggapi wanita saat ini, dan umumnya terjadi ketika wanita menganggap bahwa dirinya gemuk. Eating disorder dibagi kedalam dua bentuk penyakit yaitu:

  • Anorexia Nervosa

Penyakit ini merupakan pengalih pikiran yang membuat para penderitanya takut akan kegemukkan, sehingga mereka mengurangi porsi makan mereka dari hari ke hari, yang membuat daya tubuhnya berkurang. Umumnya penyakit ini menyasar wanita, tapi juga sudah banyak pria yang menderita karenanya.

  • Bulimia

Penyakit ini serupa dengan Anorexia Nervosa, tapi penderitanya melakukan hal tak wajar dengan konsumsi makanan dalam jumlah besar dan memuntahkannya.

Pertumbuhan penyakit ini akan berakibat langsung terhadap kesehatan organ tubuh yang vital karena asupan gizi yang kurang. Untuk mengenali lebih lanjut, segera konsultasikan kepada kerabat atau dokter pakar.

5. Kopi Hitam

Dengan banyaknya jadwal yang menunggu untuk dikerjakan, akan membutuhkan asupan yang baik untuk meningkatkan fokus dan tenaga dalam tubuh.

Secangkir kopi hitam tanpa gula akan memperlancar metabolisme tubuh, sehingga kinerja organ-organ tubuh terjaga termasuk kulit. Kulit akan kencang dan sehat dengan kopi.

Kopi juga baik untuk wanita yang sedang diet, ini karena peningkatan metabolisme yang sifatnya membakar kalori dalam tubuh.

6. Kurangi Konsumsi Gula

Meningkatkan kecantikan yang selanjutnya adalah mengurangi konsumsi gula.

Saat ini sudah banyak macam makanan dan minuman yang dibuat dengan takaran gula yang banyak, situasi ini lebih dipersulit lagi dengan jenis gula yang beragam.

Gula sebetulnya punya manfaat yang baik untuk tubuh, namun takaran yang pas untuk tubuh adalah 2 sendok teh sehari. Namun ahli gizi Mugdha Pradhan mengatakan, berhenti konsumsi gula akan sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuh dan membuat kita awet muda.

7. Batasi konsumsi Garam

Mungkin akan sangat berpengaruh pada cita rasa masakan kita jika menerapkan pola ini, namun tingginya penderita hipertensi yang disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebih membuat kita harus berpikir ulang untuk menyiasati rasa masakan kita tanpa garam.

Selain darah tinggi, yang membuat umur kita lebih pendek. Kelebihan dosis garam juga akan berdampak pada mulut yang terasa kering atau dehidrasi, sehingga memicu kurangnya daya pikir. Takaran maksimal konsumsi garam yang dianjurkan dokter gizi adalah 2 sendok makan per hari.

8. Perbanyak Konsumsi Lemak Sehat

Tidak semua lemak itu jahat untuk tubuh kita. Lemak-lemak yang baik dapat ditemukan dalam kandungan Minyak Zaitun, dan minyak Canola. Keduanya memiliki kandungan lemak jenuh yang sedikit (6%) dan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung, atau penimbunan lemak yang berlebih (obesitas).

9. Olahraga Kardio

Latihan kardio biasanya terdapat pada Dance, ataupun Treadmill. Namun jika anda tidak suka keduanya bisa dicoba dengan olahraga sederhana dengan naik turun tangga secara terus menerus, atau bisa juga berenang.

Olahraga kardio memiliki banyak manfaat terutama dalam pembakaran kalori, sehingga sangat cocok untuk para wanita yang sedang diet.

10. Hindari Fad Diet

Belakangan ini, Fad Diet cukup digemari oleh wanita karena keampuhannya untuk menurunkan berat badan secara signifikan dan cepat. Mereka melakukan diet ini dengan tidak konsumsi karbohidrat sama sekali, dengan dikombinasikan makan-makanan yang rendah kalori (<400 kkal). Sejatinya, mereka sama sekali tidak mendapatkan manfaat, dan hanya penyakit mematikan yang menghinggap.

11. Jangan Lupa Sarapan

Kadang dengan banyaknya urusan yang membuat wanita sibuk, bisa meninggalkan sarapan mereka. The American Heart Association mengatakan, mereka yang menunda atau meninggalkan sarapan akan meningkatkan resiko diabetes dan serangan jantung.

Sarapan sebenarnya cukup hanya dengan ungkapan “satu piring”, dengan setengah porsinya berupa sayuran atau buah-buahan dan setengah piringnya lagi berupa karbohidrat dengan lauk pauk yang mengandung protein.

12. Minum Teh

Saat ini banyak macam teh yang bisa kita minum setiap hari, mulai dari teh hijau, hitam, teh oolong dll. Namun terlepas dari banyaknya perbedaan tersebut, penelitian dari Universitas California atau UCLA menyebut bahwa semua jenis teh baik untuk kesehatan tubuh pria maupun wanita, juga kemampuan setiap teh akan maksimal jika digunakan untuk kondisi tertentu. Ketika digunakan untuk keperluan diet, jenis teh hitam adalah yang tepat, namun ketika difungsikan untuk memelihara daya tahan tubuh teh hijau adalah juaranya.

Dan pastinya konsumsi teh tanpa gula akan sangat memaksimalkan kebaikan dari teh tersebut.

13. Lepaskan Riasan Wajah atau Make-up Sebelum Tidur

Tidur dengan kondisi make-up masih terpasang di wajah akan mengakibatkan iritasi pada mata, kulit, jerawat, kerusakan pada bulu mata, hingga kulit kering. 

Itulah beberapa tips kesehatan kecantikan wanita dengan menerapkan ini yang bisa meningkatkan kecantikan anda dari luar hingga ke dalam tubuh.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here