Penjelasan Lengkap Mengenai Pasta Gigi Dapat Menghilangkan Jerawat atau Tidak

0
253
Penjelasan pasta gigi menghilangkan jerawat

Apakah pasta gigi bisa menghilangkan jerawat? Mungkin itu pertanyaan yang sedang para pembaca pikirkan, terutama bagi Anda yang belum lama ini membaca tips menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Banyak artikel yang mengatakan aman dan tidak, fakta dan mitos, bahkan ada yang berhasil dan juga ada yang justru semakin parah.

Banyak para ahli yang menolak, namun ada pula yang membenarkan. Lalu sebenarnya bagaimana? Bisakah pasta gigi dijadikan obat untuk menghilangkan jerawat? Lalu jika tidak, apa yang membuatnya menjadi tidak aman untuk digunakan? Bahan apa saja yang perlu dihindari dalam pasta gigi?

Nah, dalam artikel kali ini kami akan membahasnya untuk Anda yang masih penasaran mengenai kebenaran dari khasiat pasta gigi untuk menghilangkan jerawat, Mari kita baca dan simak artikel ini hingga selesai.

Bolehkah Pasta Gigi Digunakan Untuk Menghilangkan Jerawat?

Cukup banyak sumber yang menyatakan bahwa pasta gigi dapat mengempeskan dan menghilangkan jerawat dengan cepat. Ada beberapa yang sudah mencoba dan mengatakan bahwa cara tersebut berhasil, namun ada juga yang mengatakan bahwa pemakaian pasta gigi tidak memberikan efek apapun. Ada pula yang justru mengalami iritasi kulit.

Dari banyaknya orang yang penasaran, maka pemaparan para ahli pun menjadi sangat dibutuhkan. Para ahli dermatologis dan dokter kulit, menentang kebenaran informasi yang banyak beredar. Berikut beberapa pemaparan atau argumen dari para ahli mengenai pasta gigi sebagai alternatif penghilang jerawat.

Apakah Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat?

Dilihat secara umum, pasta gigi memiliki kandungan aktif seperti hydrogen, baking soda, alcohol, triclosan, peroksida, minyak esensial dan menthol. Bahan-bahan tersebut memiliki fungsi sebagai pembunuh bakteri atau antiseptik, membersihkan gigi dari kotoran yang menempel bahkan memutihkan gigi.

Jadi kenapa ada beberapa orang yang dapat menghilangkan jerawat dengan pasta gigi? Mungkin karena kandungan di dalam pasta gigi tersebut berhasil melawan jerawat yang muncul disebabkan infeksi kulit atau peradangan akibat bakteri. Selain itu sifat pasta gigi juga menarik air, sehingga dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan cara mengeringkan jerawat dengan cepat.

Mengapa Para Ahli Menentang Cara Ini?

Lalu jika berhasil dilakukan, kenapa cara ini ditentang oleh para ahli, seperti ahli dermatologis dan dokter kulit? Meskipun pada beberapa kasus, pasta gigi berhasil menghilangkan jerawat, namun para ahli tidak merekomendasikan cara ini bahkan menentangnya.

Sejak awal pasta gigi dibuat dan dirancang dengan tujuan untuk membersihkan rongga mulut dan gigi. Sehingga mustahil produsen pasta gigi merancangnya sebagai obat efektif untuk jerawat. Kecuali jika sejak awal pasta gigi memang bertujuan juga dapat menghilangkan jerawat.

Para ahli mengatakan bahwa pasta gigi hanya bisa menyembuhkan jerawat dan tidak bisa menghilangkan, itu pun tidak selalu berhasil pada setiap orang. Karena, pasta gigi juga bisa membuat kulit Anda justru semakin iritasi dan membuat jerawat pada wajah semakin parah.

Sesuai dari penjelasan sifat pasta gigi sebelumnya, bahwa pasta gigi memiliki sifat menarik air. Maka jika pasta gigi ditempelkan pada kulit berjerawat dalam waktu yang lama, maka kulit dapat kekurangan cairan dan inilah yang akan menyebabkan iritasi dan radang pada kulit.

Dalam sebuah studi yang dilakukan, ternyata pasta gigi justru menjadi salah satu penyebab utama kasus alergi pada kulit seseorang. Hal tersebut karena kandungan lain yang ada dalam pasta gigi, seperti kandungan carvone, menthol dan peppermint yang banyak ditambahkan dalam pasta gigi untuk memunculkan rasa segar pada mulut.

Apa Saja Bahan Berbahaya Pada Pasta Gigi?

Meskipun penggunaan pasta gigi mudah serta murah, tetapi banyak bahan yang perlu Anda waspadai. Pasta gigi mengandung backing soda dan hydrogen peroksida yang membuat jerawat menjadi mudah mengering dan menghilang. Namun konsentrasi dari kedua zat ini di dalam pasta gigi sangat besar, karena memang dirancang untuk membersihkan gigi. Sehingga kandungan zat tersebut dalam jumlah besar, dapat membahayakan kulit wajah Anda.

Bahan menthol yang juga umum digunakan dalam pasta gigi, juga dapat menyebabkan kulit gatal dan iritasi. Kandungan essential oil atau minyak esensial juga dapat menyumbat pori-pori wajah Anda, sehingga jerawat justru muncul jauh lebih banyak.

Selain itu pasta gigi yang umum diletakkan di dalam kamar mandi, juga sangat rentan terpapar oleh bakteri-bakteri yang tinggal di kamar mandi. Mengoleskan pasta gigi yang sudah terkontaminasi bakteri, justru membuat infeksi bakteri terjadi pada wajah Anda.

Niat ingin mengobati dan menghilangkan jerawat justru yang didapatkan jerawat semakin banyak, kulit gatal, iritasi, hingga peradangan.

Jadi, Apakah Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat?

Jika pertanyaannya bisa menyembuhkan atau menghilangkan jerawat, mungkin saja bisa jika memang pasta gigi tersebut juga dirancang mampu menghilangkan jerawat. Umumnya pasta gigi yang dapat menyembuhkan jerawat tersebut adalah pasta gigi herbal yang bahannya aman digunakan untuk kulit.

Tapi akan lebih baik jika Anda tetap menggunakan obat jerawat yang memang sudah dirancang untuk menghilangkan jerawat. Karena hal ini jauh lebih aman digunakan. Namun jika dalam keadaan darurat, seperti saat Anda pergi naik gunung, ke luar Negeri dan lupa membawa obat jerawat. Mungkin pasta gigi bisa menjadi pilihan pengganti untuk menghilangkan jerawat.

Pasta gigi mungkin dapat bermanfaat atau berkhasiat bagi 1 dari 10 orang. Daripada Anda ikut serta meningkatkan risiko, lebih baik menggunakan obat jerawat yang sudah diresepkan dokter atau obat jerawat yang sudah jelas aman digunakan untuk kulit wajah.

Bagi Anda yang menggunakan pasta gigi dalam keadaan darurat tersebut, tetap perhatikan cara pemakaian yang tepat. Jangan terlalu lama menempelkan pasta gigi tersebut di kulit Anda. Akan lebih baik jika pasta gigi yang Anda gunakan juga terbuat dari bahan herbal dan juga sudah memberikan klaim mampu menyembuhkan jerawat.

Cara Penggunaan Pasta Gigi Untuk Sembuhkan Jerawat

Lalu bagaimana penggunaan yang tepat? Anda cukup mengoleskan pasta gigi secukupnya di daerah berjerawat. Jangan ke seluruh wajah atau digunakan sebagai masker, hanya pada area berjerawat saja. Diamkan selama 15 menit hingga 2 jam, tergantung dengan kondisi jerawat serta keadaan kulit Anda. Jangan diamkan semalaman, karena kulit Anda bisa mengalami iritasi hingga peradangan.

Bagi yang memiliki kulit sensitif, sangat tidak disarankan untuk menggunakan pasta gigi pada area berjerawat. Hal ini karena kulit sensitif jauh lebih rentan mengalami iritasi akibat kandungan tambahan yang ada di dalam pasta gigi.

Nah, demikian beberapa informasi mengenai apa saja bahan yang tergantung di dalamnya. Ada yang aman, jika dalam jumlah sedikit. Namun dapat berbahaya jika dengan jumlah banyak. Ada pula bahan tambahan yang sudah jelas berbahaya.

Jika memang terpaksa menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat, maka selalu pastikan kandungan yang aman dalam pasta gigi tersebut. Lebih baiknya untuk menggunakan pasta gigi herbal atau yang terbuat dari bahan-bahan alami. Semoga terjawab sudah pertanyaan Anda mengenai Apakah pasta gigi bisa menghilangkan jerawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here