6 Tips Memilih Produk Kesehatan dan Kecantikan yang Aman

0
190
6 Tips Memilih Produk Kesehatan dan Kecantikan yang Aman

Setiap orang, tentunya membutuhkan tubuh yang sehat. Ini dikarenakan kesehatan sangat mempengaruhi baik tidaknya aktivitas dan kegiatan yang kita lakukan tiap hari. Namun bagi wanita, selain kesehatan ada hal yang cukup penting dan menjadi dambaan, yaitu tampilan yang cantik dan mempesona. Untuk itu, bukan suatu yang aneh jika saat ini banyak bermunculan produk kesehatan dan kecantikan yang menawarkan banyak manfaat yang cukup menarik.

Namun dengan banyaknya produk-produk kesehatan dan kecantikan tersebut, tidak sedikit orang yang menyalahgunakannya. Mereka menawarkan produk yang katanya baik untuk kesehatan dan kecantikan, tapi nyatanya produk tersebut malah tidak aman jika dikonsumsi ataupun digunakan pada tubuh kita. Bahkan ada beberapa orang yang dengan sengaja memalsukan berbagai jenis produk untuk kesehatan dan kecantikan yang cukup ternama, demi memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Lalu, bagaimana cara untuk memilih produk yang aman? Jika kamu mau tahu lebih lanjut tentang tips memilih produk yang aman dikonsumsi serta memberikan manfaat yang cukup nyata bagi kesehatan dan kecantikan, perhatikanlah uraian berikut ini.

Belilah Produk Kesehatan dan Kecantikan di Toko-toko yang Sudah Terpercaya

Tips pertama untuk memilih produk-produk kesehatan dan kecantikan yang aman adalah dengan membeli produk-produk tersebut dari toko-toko yang khusus menjual produk kesehatan dan kecantikan. Namun, jangan sembarang toko. Usahakan memilih toko yang sudah dipercaya oleh banyak orang. Bahkan jika kamu sudah memiliki langganan, lebih disarankan untuk membeli produk-produk ini di toko langgananmu. Ini disebabkan toko-toko yang telah terpercaya biasanya lebih mengutamakan kualitas dari produk yang mereka jual.

Biasanya toko-toko yang sudah dipercaya tidak akan mengkhianati kepercayaan konsumen dengan menawarkan produk yang tidak aman. Ini dikarenakan sekali toko tersebut berbuat curang, maka pembeli akan kabur dan toko dipastikan akan sepi. Selain itu, rasa tanggung jawab dari toko yang sudah dipercaya banyak orang juga lebih tinggi. Sehingga mereka hanya menyediakan dan menawarkan produk-produk kesehatan maupun kecantikan yang aman.

Jangan Ragu Untuk Bertanya

Jika kamu merasa asing dengan sebuah produk, terutama produk-produk kesehatan dan kecantikan maka jangan ragu untuk bertanya kepada Sales Promotion Girl ( SPG ) yang bertugas. SPG produk-produk kesehatan maupun kecantikan biasanya akan dengan sigap dan lancar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan. Kamu bisa menanyakan zat-zat apa yang terkandung di dalam produk? Aman atau tidaknya zat-zat tersebut dan lain sebagainya.

Lihat Reaksi Pemakaian

Reaksi pemakaian adalah salah satu yang dapat menjadi langkah mana produk yang cocok dan aman bagi tubuh kamu. Biasanya produk kecantikan dan kesehatan akan menawarkan tester terlebih dahulu. Penggunaan tester ini bisa menjadi sarana paling efektif untuk memilih produk yang aman dan cocok. Intinya jika tester yang kamu gunakan tidak menimbulkan alergi atau gatal-gatal, maka produk tersebut cocok bagi kamu dan kemungkinan besar terbuat dari bahan yang aman. Begitu pula sebaliknya, jika kamu merasa gatal-gatal, timbul ruam merah, kulit bengkak sampai sakit kepala ( mirip gejala alergi ), ini menandakan produk tidak aman bagi kamu.

Harga Tidak Menjamin Kualitas

Harga adalah salah satu hal yang sering dikeluhkan saat akan membeli produk kecantikan dan kesehatan. Terlebih banyak produk yang memiliki harga cukup mahal. Sehingga banyak orang yang mulai melirik produk-produk dengan merek yang sama, akan tetapi memiliki harga yang jauh lebih murah. Bahkan ada beberapa yang menawarkan harga yang cukup tidak masuk akal.

Namun sayangnya walaupun memiliki merek yang sama, produk dengan harga yang sangat murah kebanyakan merupakan produk palsu dan ilegal. Sehingga tak heran jika produk-produk ini dapat meningkatkan risiko penyakit. Ini disebabkan kandungan yang ada di dalam produk tidak pasti tingkat keamanannya.

Terdaftar di BPOM

Selain memperhatikan manfaat-manfaat yang ditawarkan oleh produk, ada satu hal yang tidak boleh terlupa ataupun kelewatan saat memilih produk kesehatan dan kecantikan maupun produk-produk lainnya, yaitu produk sudah terdaftar di BPOM. Ini dikarenakan produk-produk yang telah terdaftar di BPOM sudah pasti merupakan produk-produk yang dibuat dari bahan-bahan yang aman untuk digunakan. Begitu pula sebaliknya. Jika produk belum terdaftar di BPOM, maka kualitas bahan-bahan masih perlu dipertanyakan. Apakah bahan-bahan tersebut aman digunakan?

Cek KLIK

Cara yang paling efektif dan mudah dalam menentukan suatu produk benar-benar aman atau tidak, selain mengecek telah terdaftar di BPOM atau tidak adalah kamu perlu melakukan cek KLIK. KLIK yang dimaksudkan disini merupakan singkatan dari Kemasan, Label, Izin edar dan Kadaluarsa. Sehingga kamu harus cermat dan teliti dalam mengamati kemasan, label serta ijin edar yang digunakan. Selain itu, cek tanggal kadaluarsa adalah hal yang cukup krusial.

Namun bagaimana cara melakukan cek KLIK yang baik dan benar? Sebenarnya cara melakukan cek KLIK adalah hal yang mudah. Berikut adalah cara untuk mengecek KLIK.

  • Perhatikan tampilan kemasan produk.

Sebelum membayar produk-produk kesehatan dan kecantikan, terlebih dahulu perhatian baik-baik tampilan kemasan produk. Bolak-balik setiap sisi kemasan. Carilah ada kejanggalan, kerusakan maupun perbedaan dari kemasan produk yang asli.

  • Perhatikan label produk dengan seksama.

Selain mengecek tampilan kemasan kamu juga harus cermat melihat label produk. Lihat-lihat dengan seksama label dari produk. Label ini biasanya terdapat dalam kemasan. Sehingga kamu bisa memperhatikan kemasan, sekaligus label secara bersamaan.

Mungkin memperhatikan kemasan dan label adalah sebuah hal sepele. Bahkan untuk beberapa orang merupakan hal yang tidak cukup berarti. Namun, sebenarnya dari hal sepele seperti ini membuat kamu lebih tahu serta waspada dalam menentukan produk yang aman.

  • Cari dan pastikan Nomor Izin Edar di kemasan produk.

Seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya, usahakanlah untuk memilih produk yang sudah terdaftar secara resmi di BPOM. Sehingga dapat dipastikan bahan dalam pembuatan produk adalah bahan-bahan yang aman. Untuk mengecek, apakah suatu produk sudah terdaftar di BPOM atau tidak? Kamu hanya perlu mencari Nomor Izin Edar (NIE) di dalam kemasan.

Setelah menemukan NIE kamu jangan langsung percaya bahwa produk tersebut sudah terdaftar di BPOM. Pastikan terlebih dahulu bahwa NIE tersebut asli. Ini dikarenakan banyak pedagang nakal yang membuat NIE palsu.

Cara memastikan NIE asli juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi website dari BPOM dan memasukkan NIE yang kamu temukan di pencarian. Jika NIE asli, maka akan tertera detail dari produk dan produk sudah pasti terdaftar serta aman. Begitu pun sebaliknya. Jika produk tidak memiliki NIE ataupun menggunakan NIE palsu, maka sudah pasti produk ilegal dan perlu ditanyakan keamanannya.

  • Perhatikan tanggal kadaluarsa.

Biasanya mengecek tanggal kadaluarsa dari sebuah produk kesehatan dan kecantikan adalah hal yang sering terlewatkan. Ini disebabkan banyak yang percaya bahwa setiap produk adalah keluaran terbaru. Padahal hal tersebut kurang tepat. Apalagi efek dari produk kesehatan maupun kecantikan yang sudah kadaluarsa bisa sangat membahayakan kesehatan. Sehingga jangan lupa ataupun malas untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa dari produk-produk kecantikan dan kesehatan yang akan dibeli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here