Ternyata Ini Cara Mencegah Rambut Rontok

0
438

Bagi wanita, rambut adalah mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Perawatan tidak hanya sekedar mencuci rambut saja, ada perawatan lainnya yang dilalukan agar rambut tetap sehat dan berkilau, terlebih terhindar yang namanya kerontokan.

Cara mencegah rambut rontok sebenarnya sangat mudah dilakukan. Ada beberapa cara dan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menguatkan akar rambut, seperti berikut ini.

Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Mungkin banyak wanita yang suka menguncir rambut mereka. Menguncir rambut menjadi tatanan gaya paling simple yang sering dilakukan, terlebih lagi kalau cuaca yang sedang panas. Tapai sebaiknya hindari mengikat rambut terlalu kencang dan dalam waktu yang lama agar rambut kamu terhindar dari kerontokan. Sama seperti manusia, rambut juga butuh untuk bernafas.

Ikatan yang terlalu kencang pada rambut akan membuat rambut keluar dari kulit kepala. Hal ini yang menyebabkan bagian folikelnya menjadi rusak. Folikel rambut yang rusak akan membuat rambut sulit untuk tumbuh kembali. Alhasil, kebotakan bisa terjadi pada salah satu bagian rambut, walaupun kamu masih dalam usia muda.

Jadi, cara mencegah rambut rontok yang makin parah, gunakan ikat rambut yang tidak terlalu tebal atau ketat. Selain itu, saat mengikat sedikit longgarkan ikatan antara rambut dan kulit kepala. Sesekali juga gerai rambut agar bisa bernafas

Kurangi melakukan blow, catokan dan hair dryer

Alat styling rambut, seperti catokan, hair dryer dan blow bisa menyebabkan rambut kering, mudah patah dan rontok apabila terlalu sering digunakan. Hal ini dikarenakan suhu panas yang ada pada alat styling rambut tersebut akan menghilangkan nutrisi alami yang ada pada batang rambut.

Oleh karena itu, kurangi pemakaian alat penataan rambut tersebut. Hal ini dilakukan agar rambut tidak mengalami kerontokan. Apabila memang ingin mengeringkan rambut cukup dengan diangin – anginkan saja. Bila perlu gunakan saja kaos katun dibandingkan handuk agar bisa cepat kering.

Hindari penggunaan bahan kimia pada rambut

Di usia 20-an, rambut sedang mengalami kondisi terbaik. Maksudnya di sini adalah rambut kamu sedang mengalami masa pertumbuhan. Hal inilah yang membuat kekuatan rambut kamu berada dalam keadaan optimal pada usia tersebut. Namun tidak menuntut kemungkinan masalah – masalah bisa terjadi pada rambut, salah satunya adalah mengalami kerontokan. Hal ini disebabkan banyak anak muda usia 20 an yang melakukan banyak eksperimen, sehingga tidak memperhatikan kondisi akan rambut mereka sendiri.

Mulai dari sering gonta – ganti warna rambut, meluruskan rambut hingga menggunakan bahan kimia lainnya untuk perawatan rambut. Padahal, terlalu sering menggunakan bahan kimia akan merusak tekstur alami pada rambut sehingga berujung kerontokan. Cara mencegah rambut rontok adalah hindari penggunaan bahan kimia terlalu sering. Bila memang mendesak  gunakan serum atau vitamin untuk menjaga kesehatan rambut.

Hindari menyisir rambut saat basah

Tidak jarang banyak orang yang menyisir rambut setelah mandi atau keramas. Nyatanya, menyisir rambut setelah keramas atau masih basah akan membuat rambut semakin rapuh. Hal inilah yang sering tidak disadari oleh kita. Pastinya, saat rambut basah dan kita sisir akan sering mendapati rambut yang rontok atau tertinggal pada sisir.

Bahkan, tidak jarang rambut akan midah kusut, patah dan lama – lama akan mengalami kerontokan yang semakin parah. Jadi kamu yang sering melakukan hal ini, lebih baik hindari. Tunggu rambut hingga kering terlebih dahulu, baru mulai menyisirnya.

Gunakan shampoo dengan kandungan ginseng

Cara mencegah rambut rontok dengan mudah bisa dengan menggunakan shampo yang mengandung ginseng di dalamnya. Gingseng memang sudah lama dikenal untuk kesehatan rambut. Kandungan di dalamnya akan menstimulasi aliran darah menuju kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut.

Bahkan, hal ini yang membuat folikel rambut semakin kuat dan sehat. Saat ini sudah banyak, kok shampoo yang memiliki kandungan ginseng di dalamnya. Sehingga kamu tidak perlu repot lagi mencarinya.

Pilih model rambut yang tepat

Kebanyakan, kita akan hati – hati saat ingin memegang bayi. Hal ini juga berlaku saat kamu akan memegang rambut. Jangan terlalu keras menggosok rambut dan kulit kepala. Selain itu, hindari membungkus rambut dengan handuk terlalu lama. Hal tersebut akan membuat folikel rambut rusak.

Selain itu, cara mencegah rambut rontok adalah dengan memilih gaya rambut yang sesuai. Seperti hindari menggunakan gaya ponytail yang kencang saat mengalami masalah pada rambut karena akan semakin memperburuk keadaan. Ketegangan yang terjadi pada folikel akan membuatnya semakin rapuh dan rusak. Jadi, saat rambut sedang bermasalah kamu bisa menggunakan gaya rambut kepang atau low ponytail. Memilih gaya rambut yang tepat akan semakin menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok.

Sisir rambut dengan benar

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa menyisir rambut dengan benar bisa memperlancar aliran darah di kulit kepala. Hal ini yang sering diabaikan oleh kita. Hentikan menyisir rambut yang buruk. Pasalnya, menyisir rambut yang salah akan membuat folikel rambut mudah rapuh dan rontok. Untuk menghindari kusut saat menyisir, gunakan saja conditioner setelah keramas.

Melakukan perawatan spa ke salon

Cara mencegah rambut rontok berikutnya kamu bisa melakukan perawatan spa ke salon. Rupanya perawatan ini akan membuat kulit kepala kamu semakin sehat. Pijatan yang dilalukan oleh para terapis akan membantu memperlancar aliran darah di kulit kepala. Selain itu, kulit kepala akan semakin lembab. Bahkan, rasa rileks dan tenang yang kamu dapatkan akan membuat kulit kepala dan rambut tetap sehat.

Perhatikan asupan makanan

Mungkin hal ini cukup menggelikan, tapi hal ini benar adanya. Mengonsumsi makanan sehat akan mencegah rambut dari kerontokan. Bahkan, diet yang tidak sehat bisa membuat rambur mudah rontok.  Makanan untuk mencegah kerontokan adalah makanan dengan kandungan zat besi, seperti daging merah, kacang – kacangan atau sayur hijau. Zat besi merupakan kandungan yang berguna untuk membawa oksigen pasa folikel rambut yang mengalami kekurangan oksigen sehingga melemahkan rambut. Selain itu, perhatikan asupan protein kamu dengan cukup, seperti tuna, telur atau daging ayam agar akar rambut semakin kuat.

Minum air putih yang cukup

Untuk membuat kulit kepala dan rambut sehat, kamu juga harus memperlakukannya sama seperti bagian tubuh lainnya. Salah satunya adalah mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Kekurangan cairan akan membuat kulit kepala mudah dehidrasi dan kering. Setidaknya, minum air putih minimal 8 gelas per harinya. Air juga akan membantu pertumbuhan rambut lebih baik dan sehat. Kamu bisa merasakan sendiri bagaimana rambut kamu semakin sehat setelah kebutuhan cairan terpenuhi.

Potong rambut menjadi pendek

Mungkin cara mencegah rambut rontok ini sedikit kontra. Jadi saat rambut sedang mengalami masalah, setidaknya beri waktu untuk pulih. Semakin rambut panjang, akan semakin besar kerontokan terjadi. Hal ini dikarenakan folikel semakin berat menopang. Jadi dengan memotong rambut menjadi pendek akan memberikan waktu untuk kulit kepala beristirahat. Lagi pula, rambut akan tumbuh panjang dan sehat saat keadaan sudah membaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here