Tips Mencuci Muka Agar Kulit Wajah Terawat Dengan Baik

0
398
Tips Mencuci Muka Agar Kulit Wajah Terawat

Mencuci muka adalah rutinitas yang tentunya tidak boleh anda lewatkan untuk masalah perawatan kulit wajah. Mencuci muka dengan sabun tentu akan membuat kulit wajah terasa segar dan lebih bersih, terlebih setelah pemakaian make up seharian. Namun banyak hal yang sering diabaikan oleh seseorang ketika mencuci muka. Berbagai kasus masalah kulit wajah sering timbul justru karena kesalahan-kesalahan kecil yang sering anda lakukan berulang kali, seperti salah memilih sabun cuci muka yang bagus untuk jenis kulit anda, tidak membilas wajah setelah menggunakan pembersih make up, hingga karena terlalu sering mencuci muka. Kesalahan ini bisa mengakibatkan berbagai masalah yang tentunya tidak anda inginkan seperti iritasi, kulit kering, jerawat, dan berbagai masalah kulit lainnya. Untuk menghindari masalah-masalah kulit wajah tersebut, anda bisa melakukan rutinitas harian perawatan wajah saat mencuci muka berikut ini :

1. Pagi Hari Tanpa Sabun Muka

Sabun cuci muka biasa dipakai pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Sabun cuci muka yang bagus diyakini dapat memberikan rasa segar dan bersih pada kulit wajah setelah digunakan. Namun tidak banyak yang tahu bahwa di pagi hari setelah anda bangun tidur kulit akan terasa berminyak karena secara alami kelenjar minyak di dalam kulit wajah akan melembabkan kulit secara alami. Karena berbagai alasan, minyak alami tersebut sering dirasa mengganggu sehingga mencuci muka dengan sabun dirasa akan lebih baik. Padahal mencuci dengan sabun justru akan menghilangkan minyak alami ini.

Bagi anda yang memiliki kulit berminyak, sangat tidak disarankan untuk mencuci wajah dengan sabun di pagi hari. Hal ini sangat berpotensi menghilangkan minyak alami yang menjadi pelembab wajah. Mencuci dengan sabun muka justru akan membuat kulit menjadi kering karena adanya kandungan  Sodium Lauryl Sulfate yang banyak ditemukan pada produk sabun cuci muka. Akibatnya kulit akan cenderung menghasilkan minyak berlebih, iritasi karena terlalu kering, serta menyebabkan bekas kemerahan di wajah.

Mencuci wajah tanpa sabun adalah cara yang bisa diambil untuk menghindari masalah tersebut. Caranya cukup membasuh wajah dengan air dingin, kemudian bilas dengan air hangat.  Setelah itu keringkan muka dengan menepuk-nepuk handuk lembut. Cara ini sangat sederhana dan efektif untuk menyegarkan wajah setelah bangun tidur. Bagi anda yang berjenis kulit kering, anda bisa mengaplikasikan pelembab setelah mencuci muka. Sementara bagi anda yang memiliki kulit dengan minyak berlebih, masih disarankan mencuci muka dengan sabun muka namun disarankan untuk memilih produk gentle cleansing.

2. Tidak Terlalu Sering Mencuci Muka

Banyak orang merasa tidak nyaman dengan kondisi kulit wajahnya sehingga sering menambah waktu untuk membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa penggunaan sabun muka sebenarnya hanya disarankan maksimal 2 kali sehari, di pagi dan malam hari saja. Namun karena berbagai alasan, banyak orang membersihkan muka lebih dari itu. Meskipun memberikan kesan bersih dan segar, namun jika menjadi suatu kebiasaan hal ini justru membuat masalah tersendiri bagi kulit wajah.

Membersihkan wajah terlalu sering akan membuat kadar keasaman (ph) wajah berubah. Secara normal, ph wajah seharusnya berkisar antara 4,2 – 5. Tingkat keasaman ini berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari virus dan bakteri penyebab masalah kulit. Sementara banyak produk sabun cuci muka dibuat dengan kandungan PH di angka 7. Kandungan ph air juga sering kali cukup tinggi. Hal ini sering kali membuat ph kulit justru menjadi tidak seimbang. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam bagi kulit untuk kembali ke PH normal setelah mencuci muka.  Terlalu sering membersihkan muka dengan sabun cuci akan membuat kulit lebih lama kembali ke PH normal, akibatnya peluang terjadinya kulit kering hingga iritasi menjadi semakin besar pula.

Kandungan minyak alami pada lapisan terluar kulit juga berpotensi hilang bila anda terlalu sering mencuci muka. Lapisan ini membutuhkan minyak alami untuk menjaga kelembaban kulit sehingga fungsi hidrasinya menjadi berkurang. Rasa tertarik pada kulit wajah setelah mencuci muka adalah salah satu tanda kurangnya hidrasi  pada kulit. Akibatnya kulit justru terasa kering dan mudah mengalami iritasi karena terlalu sering dibersihkan.

3. Pilih Sabun Cuci Muka Yang Tepat

Tidak semua sabun cuci muka bisa diaplikasikan pada wajah anda. Para produsen sabun muka umumnya membuat beragam varian sabun muka yang disesuaikan dengan jenis kulit yang beragam pula yakni kulit kering, berminyak, sensitif, minyak berlebih, hingga kombinasi beberapa jenis tersebut.  Oleh karena itu anda harus benar-benar tahu kondisi kulit wajah anda sebelum membeli dan mempergunakan sabun cuci muka.

Jika anda hanya memilih berdasarkan merk sabun cuci muka yang bagus dan terkenal, tentu saja tidak menjamin produk tersebut tepat untuk anda. Karenanya, dengan memastikan jenis kulit wajah maka anda bisa menentukan dengan tepat sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit wajah anda.  Sabun cuci muka yang bagus dan tepat akan membantu perawatan wajah anda secara maksimal.

Kesalahan memilih jenis produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah justru berpotensi menyebabkan permasalahan pada kulit. Kulit bisa jadi akan menjadi sangat kering atau sangat berminyak setelah mengaplikasikan sabun muka. PH kulit wajah juga akan terganggu karena produk yang di pakai tidak tepat dengan kondisi kulit. Hal ini berpotensi membuat masalah karena pori-pori wajah akan mudah tersumbat oleh kotoran, bakteri, dan virus.  

4. Gunakan Produk Gentle Cleanser

Produk gentle cleanser merupakan produk pembersih muka yang dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan yang berpotensi membuat masalah pada kulit seperti pewangi, sabun, maupun alkohol. Produk ini sering kali disebut sebagai sabun cuci muka yang bagus untuk berbagai jenis kulit wajah, terutama bagi anda yang memiliki kulit wajah yang sensitif. Tanpa adanya kandungan-kandungan tersebut, produk gentle cleanser tidak hanya membersihkan wajah dengan baik namun juga memberi rasa aman dari berbagai masalah seperti iritasi, kulit kering, dan kemerahan yang bisa muncul jika menggunakan produk sabun cuci muka yang umum.

5. Jangan Lewatkan Malam Hari

Mencuci muka sebelum tidur di malam hari memang sangat disarankan, sebab akan banyak tumpukan kotoran menempel pada wajah setelah beraktivitas seharian. Belum lagi riasan wajah yang masih menempel juga akan memberikan dampak buruk bagi wajah bila dibiarkan. Oleh karena itu, mencuci muka sebelum tidur menjadi sebuah keharusan.  

Namun rasa lelah seringkali membuat anda enggan beranjak membersihkan muka. Cara yang dirasa paling cepat adalah membersihkan muka dengan tissue pembersih wajah atau dengan cairan pembersih make up saja. Meskipun demikian, cara ini ternyata masih menyisakan residu-residu make up yang tidak terangkat dengan maksimal. Sisa-sisa make up inilah yang berpotensi membuat permasalahan pada kulit seperti kulit berjerawat, kering, dan keriput akibat kerusakan kolagen pada kulit.  Oleh karenanya luangkan sedikit waktu anda untuk sekadar mencuci muka dengan sabun cuci muka yang bagus untuk wajah anda akan sangat membantu perawatan kulit anda untuk jangka panjang.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here